Kamis, 15 Mei 2025
Hari/Tanggal : Kamis, 15 Mei 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Bagaiman Kita Hidup dan Bertumbuh
2. Bahasa Indonesia : Sayangi Bumi
3. Pendidikan Pancasila : NKRI
Media pembelajaran : Video/PPT, LKPD
Model Pembelajaran : PBL, Kooperatif
Metode Pembelajaran : Diskusi, ceramah
Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik melakukan simulasi dengan menggunakan gambar/bagan/alat/media sederhana tentang sistem organ tubuh manusia (sistem pernafasan/pencernaan/peredaran darah) yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan organ tubuhnya dengan benar.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
CP PANCASILA
Peserta didik mampu mengenal wilayahnya dalam konteks kabupaten/kota, provinsi sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan perilaku, gotong royong untuk menjaga persatuan di lingkungan sekolah dan sekitar sebagai wujud bela negara.
Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
A. skimming
B. skipping
C. scanning
D. selecting
Ide pokok dari paragraf di atas yaitu...
A. terdapat dua jenis energi yang digunakan manusia
B. berbagai aktivitas manusia memerlukan energi
C. memasak, dan menerangi rumah adalah aktivitas manusia
D. manusai dibantu oleh sumber-sumber energi dalam beraktivitas
Kata yang dicetak tebal memiliki arti. . .
A. menghasilkan manfaat
B. tingkat baik buruknya sesuatu
C. penyelesaian masalah
D. memproses kembali bahan yang sudah terpakai
Kata yang dicetak tebal memiliki arti. . .
A. proses kelola
B. penyelesaian masalah
C. tingkat baik buruknya sesuatu
D. proses, cara, perbuatan
Ringkasan cerita tersebut dibuat dengan tujuan untuk . . .
A. memperlambat pembaca untuk memahami cerita
B. membantu pembaca memahami isi cerita
C. mempercepat pembaca menemukan ide pendukung
D. memudahkan pembuat cerita untuk berkarya
1. Dalam kehidupan beragama seharusnya kita menghormati....
a. Orang yang seagama saja
b. Semua petinggi dan pemimpin agama
c. Semua orang apapun agamanya
d. Orang yang berbeda agama saja
2. Pembangunan pos kamling akan mudah dan cepat selesai bila warga....
a. Menyumbangkan banyak uang pada ketua RT
b. Bersatu dan bekerja sama dalam membangunnya
c. Dilakukan oleh semua laki-laki paling kuat
d. Dilakukan oleh siswa-siswi SD kelas enam
3. Sebagai bangsa yang bersatu, kita harus memberi bantuan pada....
a. Warga yang sedaerah
b. Warga yang seagama saja
c. Semua orang yang membutuhkan dari suku yang sama
d. Semua orang yang membutuhkan
4. Membina persatuan dan kesatuan sangat penting bagi Indonesia karena....
a. Merupakan negara yang besar
b. Merupakan negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam suku, ras, dan agama
c. Merupakan wilayah terbesar di Asia Tenggara
d. Merupakan negara yang belum lama merdeka
5. Bentuk saling menghormati antar umat beragama dalam perayaan hari besar suatu agama adalah....
a. Memberi kesempatan bagi umat agama lain untuk merayakan hari besar agamanya
b. Mengunjungi tempat perayaannya
c. Ikut serta merayakan dan menyumbangkan uang
d. Semua salah
Komentar
Posting Komentar