Senin, 26 Agustus 2024

 


Hari/Tanggal                              : Senin, 26 Agutus 2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   KPK dan FPB

2. Bahasa Indonesia         : Buku Jendela Dunia

3. Seni Budaya                  : Jenis-jenis Menggambar


Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB.


CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Hari ini kita akan kembali melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan tujuan pembelajaran anak sholih sholihah dapat menentukan faktor dan faktor persekutuan, mengidentifikasi unsur istrinsik dalam cerita, dan jenis-jenis menggambar

Matematika 
Faktor dan Faktor Persekutuan

Faktor adalah bilangan-bilangan yang dapat membagi habis sebuah bilangan. Contohnya angka 10 akan habis dibagi oleh 1, 2, 5, dan 10. Sehingga, 1, 2, 5, dan 10 adalah faktor dari angka 10. Sedangkan persekutuan adalah faktor-faktor yang sama dari dua bilangan atau lebih.

 Apa yang dapat kamu temukan ketika faktor dari 12 dikelompokkan seperti berikut ini?
Faktor 12
Seluruh hasilnya adalah 12.
jadi faktor dari 12 adalah 1,2,3,4,6, dan 12

Faktor Persekutuan

Sebuah bilangan yang merupakan faktor dari 12 dan 18 disebut faktor persekutuan dari 12 dan 18. Faktor persekutuan yang paling besar disebut Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)
Faktor persekutuan dari 12 dan 18 adalah 1, 2, 3, dan 6.
6. Berapakah FPB dari 12 dan 18?
6
Latihan
1. Temukan semua faktor dari 6, 8, dan 36.
Pembagi dari 6…1, 2, 3, 6
Pembagi dari 8…1, 2, 4, 8
Pembagi dari 36…1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18, 36
2. Tuliskan semua faktor persekutuan dari 8 dan 36.
1, 2, 4
2. Ayo pikirkan bagaimana cara mendapatkan faktor persekutuan dari 18 dan 24. Dua orang sahabat menghitung faktor persekutuan dengan cara yang berbeda pada buku tulis mereka tetapi belum lengkap. Lengkapi catatan mereka dengan memperhatikan apa yang mereka pikirkan.
Faktor
Pada bagian A adalah, "Bilangan yang sama dari faktorisasi 18 dan 24 yakni 1, 2, 3, dan 6 sehingga ini adalah faktor persekutuan. Lalu, Faktor persekutuan terbesarnya adalah 6."

Pada bagian B faktorisasi dari 18 tersebut yang bisa membagi habis 24 adalah 1, 2, 3, dan 6 maka mereka disebut faktor persekutuan. Lalu faktor persekutuan yang paling besar adalah 6, sehingga ia adalah faktor persekutuan terbesar."

3. Ayo temukan semua faktor persekutuan. Dan temukan juga faktor  persekutuan terbesarnya.
1. (8 dan 16)
Faktor 8 = 1, 2, 4, 8
Faktor 16 = 1,2,4,8,16
faktor persekutuan 1, 2, 4, 8
faktor persekutuan terbesar 8
2. (15 dan 20)
Faktor 15 = 1, 3, 5, 15
Faktor 20 = 1, 2, 4, 5, 10, 20
faktor persekutuan 1, 5
faktor persekutuan terbesar 5
3. (12 dan 42)
Faktor 12 = 1, 2, 3, 4, 6, 12
Faktor 42 = 1, 2, 3, 6, 7, 14, 21, 42
faktor persekutuan 1, 2, 3, 6
faktor persekutuan terbesar 6
4. (13 dan 9)
Faktor 13 = 1 dan 13
Faktor 9 = 1, 3, 9
faktor persekutuan 1
faktor persekutuan terbesar 1
Latihan
Kita ingin membagi 8 pensil dan 12 buku tulis secara rata kepada beberapa anak. Berapa banyak anak yang mendapatkan pensil dan buku tersebut?

Faktor 8 = 1, 2, 4, 8
Faktor 12 = 1, 2, 3, 4, 12
Faktor persekutuan = 1, 2, dan 4
1orang, 2 orang, dan 4 orang.

Bahasa Indonesia 
unsur instrinsik dalam cerita
Unsur intrinsik adalah unsur pembangun dari dalam cerpen. Unsur intrinsik adalah unsur penting yang tidak boleh dilewatkan dalam karya sastra. Komponen-komponennya terdiri dari tema, tokoh atau penokohan, alur cerita, latar, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat.

Salah satu unsur intrinsik cepen adalah tokoh. Tokoh utama cerita dapat berupa manusia, hewan, atau benda yang mengalami permasalahan di dalam cerita. Plot adalah rangkaian kejadian dalam sebuah cerita yang mempunyai hubungan sebab-akibat. Plot menggambarkan bagaimana tokoh cerita menyelesaikan permasalahannya. Tindakan atau perbuatan tokoh dipengaruhi oleh watak atau sifatnya.

Pada cerita “Aku Anak Indonesia”, kalian mengetahui bahwa tokoh Juna memiliki sifat ramah, senang berteman, dan menikmati menjadi pusat perhatian. Ia mencairkan keraguan Hana dengan komentar-komentar lucunya. Nah, bagaimana sifat tokoh yang lain? Apa yang mereka lakukan dalam cerita? 
Cerpen
Semua tindakan tokoh ini membangun adegan-adegan yang terangkai dalam plot cerita. Hubungan antara sifat tokoh dan apa yang dilakukannya dalam cerita membantumu menyimpulkan runtutan alur cerita.

Plot cerita “Aku Anak Indonesia” menggambarkan cara Hana mengatasi permasalahannya. Tindakan Hana merupakan bagian dari plot. Tindakan Hana juga menunjukkan sifatnya. Akhir cerita menggambarkan penyelesaian masalah Hana.
No.Nama TokohSifat TokohTindakannya
1.HanaMandiri, berani, dan terbuka, tetapi kadang suka cemasCemas menghadapi hari pertama sekolahnya, tetapi dia berangkat sekolah sendiri, berani berpendapat dan memperkenalkan dirinya secara terbuka.
2.JunaCeria, ramah, suka menjadi pusat perhatianMengacungkan tangan dan bertanya kepada Hana di depan kelas.
3.Ibu PertiwiPenuh perhatian dan berwawasan luasMembesarkan hati dan memberikan penjelasan yang baik.
4.SalimAktif dan percaya diriMenanggapi pertanyaan guru secara cepat dan berteriak spontan saat melihat sesuatu yang mengejutkannya

Sekarang, tentukan permasalahan yang dihadapi Hana dan akhir permasalahan di akhir cerita “Aku Anak Indonesia”. Gambar dan isilah diagram berikut di buku tulis kalian.

1.Permasalahan Hana
Hana cemas menghadapi menghadapi hari pertama sekolahnya karena ia baru pindah dari luar negeri.
2. Tindakan Hana
Secara terbuka Hana memperkenalkan diri dan berbagi dengan teman-temannya.
3. Penyelesaian Masalah Hana
Ibu guru membantu Hana mengatasi kekhawatirannya dengan memperkenalkannya kepada teman-temannya sebagai anak Indonesia. Hana juga mau belajar memperlancar bahasa Indonesianya. Ayah Hana juga membantu agar Hana dapat lebih cepat akrab dengan teman-temannya. 

SENI BUDAYA
Jenis-jenis menggambar
  • Menggambar imajinatif adalah jenis menggambar yang bersifat khayalan atau imajinasi. ...
  • Menggambar dekoratif yaitu jenis menggambar bentuk motif hias. ...
  • Menggambar ekspresif merupakan jenis menggambar seekspresif mungkin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Kamis, 16 Mei 2024

Jumat, 17 Mei 2024