Rabu, 28 Agustus 2024

 


Hari/Tanggal                              : Rabu, 28 Agutus 2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   : Faktorisasi

2. Bahasa Indonesia         : Buku Jendela Dunia

3. Pancasila                       : Makna Sila Pancasila


Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Hari ini kita akan kembali melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan tujuan pembelajaran anak sholih sholihah dapat menentukan faktorisasi bilangan prima, mengidentifikasi unsur intrinsik dalam cerita, mengidentifikasi makna sila pancasila. 

Matematika
Menentukan KPK Dua Bilangan atau Lebih
KPK atau Kelipatan Persekutuan Terkecil adalah bilangan bulat positif dengan nilai terkecil yang bisa habis bila dibagi dengan kedua bilangan tersebut Untuk menentukan KPK dua buah bilangan dapat dilakukan dengan menggunakan faktorisasi prima dan kelipatan bilangan. Perhatikan beberapa contoh berikut ini

bilangan prima adalah bilangan yang hanya mempunyai dua faktor, yaitu bilangan 1 dan bilangan itu sendiri. Bagaimana cara menguji sebuah bilangan masuk dalam kategori bilangan prima atau tidak? Sebenarnya caranya terbilang sederhana, kamu harus mengetahui faktor-faktor dari bilangan tersebut.

Ketika sebuah faktor adalah bilangan prima, itu disebut faktor prima. Misalnya, 16 dibagi 2 dan 16 dibagi 4 habis, jadi 2 dan 4 adalah faktor 12, dan 2 khususnya adalah bilangan prima, sehingga disebut faktor prima. Untuk menyatakan suatu bilangan sebagai hasil perkalian bilangan prima disebut dengan menguraikannya menjadi faktor prima (faktorisasi prima).

Beberapa bilangan seperti 2, 3, 5, dan 7 dapat dibagi habis hanya oleh bilangan 1 dan bilangan itu sendiri. Temukan bilangan seperti itu diantara bilangan-bilangan berikut ini. Bagilah dengan 2, 3, 4, ... untuk menemukannya.
Bilangan Prima
Suatu bilangan yang dapat dibagi habis hanya oleh bilangan 1 dan bilangan itu sendiri disebut bilangan prima. 1 bukan merupakan bilangan prima.
contoh faktorisasi


tentukan faktorisasi dari bilangan :
1. 12
2. 24
3. 30
4. 40
5. 56


Bahasa Indonesia

 Bahasa  Indonesia

Unsur intrinsik adalah unsur pembangun dari dalam cerpen. Unsur intrinsik adalah unsur penting yang tidak boleh dilewatkan dalam karya sastra. Komponen-komponennya terdiri dari tema, tokoh atau penokohan, alur cerita, latar, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat.

Salah satu unsur intrinsik cepen adalah tokoh. Tokoh utama cerita dapat berupa manusia, hewan, atau benda yang mengalami permasalahan di dalam cerita. Plot adalah rangkaian kejadian dalam sebuah cerita yang mempunyai hubungan sebab-akibat. Plot menggambarkan bagaimana tokoh cerita menyelesaikan permasalahannya. Tindakan atau perbuatan tokoh dipengaruhi oleh watak atau sifatnya.

Pada cerita “Aku Anak Indonesia”, kalian mengetahui bahwa tokoh Juna memiliki sifat ramah, senang berteman, dan menikmati menjadi pusat perhatian. Ia mencairkan keraguan Hana dengan komentar-komentar lucunya. Nah, bagaimana sifat tokoh yang lain? Apa yang mereka lakukan dalam cerita? 
Cerpen
Semua tindakan tokoh ini membangun adegan-adegan yang terangkai dalam plot cerita. Hubungan antara sifat tokoh dan apa yang dilakukannya dalam cerita membantumu menyimpulkan runtutan alur cerita.

Plot cerita “Aku Anak Indonesia” menggambarkan cara Hana mengatasi permasalahannya. Tindakan Hana merupakan bagian dari plot. Tindakan Hana juga menunjukkan sifatnya. Akhir cerita menggambarkan penyelesaian masalah Hana.
No.Nama TokohSifat TokohTindakannya
1.HanaMandiri, berani, dan terbuka, tetapi kadang suka cemasCemas menghadapi hari pertama sekolahnya, tetapi dia berangkat sekolah sendiri, berani berpendapat dan memperkenalkan dirinya secara terbuka.
2.JunaCeria, ramah, suka menjadi pusat perhatianMengacungkan tangan dan bertanya kepada Hana di depan kelas.
3.Ibu PertiwiPenuh perhatian dan berwawasan luasMembesarkan hati dan memberikan penjelasan yang baik.
4.SalimAktif dan percaya diriMenanggapi pertanyaan guru secara cepat dan berteriak spontan saat melihat sesuatu yang mengejutkannya

Sekarang, tentukan permasalahan yang dihadapi Hana dan akhir permasalahan di akhir cerita “Aku Anak Indonesia”. Gambar dan isilah diagram berikut di buku tulis kalian.

1.Permasalahan Hana
Hana cemas menghadapi menghadapi hari pertama sekolahnya karena ia baru pindah dari luar negeri.
2. Tindakan Hana
Secara terbuka Hana memperkenalkan diri dan berbagi dengan teman-temannya.
3. Penyelesaian Masalah Hana
Ibu guru membantu Hana mengatasi kekhawatirannya dengan memperkenalkannya kepada teman-temannya sebagai anak Indonesia. Hana juga mau belajar memperlancar bahasa Indonesianya. Ayah Hana juga membantu agar Hana dapat lebih cepat akrab dengan teman-temannya. 



PENDIDIKAN PANCASILA
Pancasila diumpamakan sebagai satu paket lengkap yang menopang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh dari kelima silanya. Sila kesatu menjiwai sila kedua, menjiwai sila ketiga, keempat, dan kelima. Sila kedua dijiwai oleh sila

kesatu, ketiga, keempat, dan kelima, dan begitu seterusnya. Kelima sila tidak bisa dilepas satu dengan yang lainnya. Walaupun masing-masing sila mempunyai nilai-nilai sendiri tetapi hubungan antarsila merupakan hubungan yang utuh dan saling terkait.

Setiap sila yang membentuk Pancasila merupakan unsur yang mutlak yang membentuk kesatuan, bukan unsur pelengkap. Artinya satu sila menjiwai dan dijiwai oleh sila-sila yang lain. Sila Pertama menjiwai sila kedua, ketiga, keempat, dan kelima, dan demikian seterusnya. Misalnya, meskipun Sila Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan sila yang berkaitan dengan Tuhan, tetapi tidak berarti sila-sila yang lain hanya sebagai pelengkap saja.

Setiap sila yang membentuk Pancasila juga sebagai satu kesatuan yang mutlak, tidak dapat ditambah dan dikurangi. Oleh karena itu, Pancasila tidak dapat diubah menjadi Trisila atau ekasila.

Perilaku Mencerminkan Kesatuan Sila-sila Pancasila

 

Kesimpulan 

Kerjakan latihan berikut!

1. Sila kedua Pancasila "Kemanusiaan yang adil dan beradab" disimbolkan dengan "Rantai" berwarna emas. Penerapan makna simbol "Rantai" dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah ....

a. Membantu teman yang sedang dalam kesulitan

b. Membuang sampah pada tempatnya

c. Melaksanakan ibadah tepat waktu

d. Menjahili teman


2. Setiap hari Senin warga sekolah melaksanakan upacara bendera sebagai. wujud nasionalisme dan patriotisme. hal di atas merupakan pencerminan dari sila ....

a. Kesatu

b. Kedua

c. Ketiga

d. Keempat


3. Kegiatan yang sesuai dengan penerapan sila Pancasila yang berbunyi "Persatuan Indonesia" adalah ....

a. Berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing

b. Memberi sedekah kepada fakir miskin

c. Melaksanakan upacara setiap hari senin

d. Membuang sampah pada tempatnya


4.Menghargai hak asasi menusia merupakan nilai-nilai Pancasila sila .....

a. Kesatu

b. Kedua

c. Ketiga

d. Keempat


5. Mengerjakan piket kelas merupakan pengamalan Pancasila sila ....

a. Kesatu

b. Kedua

c. Ketiga

d. keempat

Kesimpulan 

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, peserta didik dapat memahami dengan baik materi faktorisasi, namun masih ada 6 peserta didik yang masih kesulitan dalam mengerjakan latihan faktorisasi. sedangkan untuk mapel b.indonesia tentang unsur intrinsik dan makna sila pancasila dapat dipahami dengan baik.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Kamis, 16 Mei 2024

Jumat, 17 Mei 2024