Rabu, 7 Agustus 2024

 


Hari/Tanggal                              : Rabu, 7 Agustus 2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   Bilangan Cacah sampai 100.000

2. Bahasa Indonesia         : Aku yang Unik

3. Pendidikan Pancasila    : Kronologis Kelahiran Pancasila


Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
    Tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian sampai 100.000, mengenal kalimat majemuk setara sebab akibat , dan menjelaskan kronologi kelahiran pancasila
   
    Matematika



Bilangan cacah
Be     

     
   Contoh Soal cerita  1 :
Dita memiliki pinsil sebanyak 12 kotak, setiap kotak berisi 36 pinsil. Pada hari ulang tahunnya ia membagikan pinsil tersebut kepada 27 temanya. Banyak pinsil yang diterima setiaptemannya....batang.

Kalimat Matematika =  12 x 36 : 27


Contoh Soal 2 :

Pak Nanang mempunyai 3 buah kandang ayam. Setiap kandang berisi 40 ekor ayam dan 12 diantaranya merupakan ayam jantan. Pada suatu hari semua ayam betina bertelur masing-masing 1 butir. Jika telur-telur tersebut ditempatkan dalam 14 wadah secara merata, setiap wadah memuat telur sebanyak....butir.

Kalimat Matematika : 3 x (40 -12) : 14

  

Kerjakan soal berikut langkahnya

    
     1.  24 x 7 =........

     2. (38 - 9) x 12 =....

  3. 
48 : 2
     
     4. 264 : 3 = . . . .

  5. 2 x 18 : 4 =......
  
  6. 125 x 36 = ....
  7.  218 x 100 =  .....

  8.  2.240 : 4  = ....
 
  9. Bacalah soal berikut dengan teliti

   
  




10. 


  





Pendidikan Pancasila

Meneladani Perilaku adani Perilaku Pancasila ancasila Apakah kalian menyadari, Pancasila dirumuskan melalui semangat gotong royong para pendiri bangsa? Mereka mengupayakan kemerdekaan dengan keberanian dan pengorbanan demi kepentingan orang banyak. Perjuangan mereka penuh dengan semangat cinta tanah air dan gotong royong. Prinsip saling menghargai perbedaan juga sangat kental dapat kita lihat pada proses perumusan dasar negara

Perilaku teladan dalam kehidupan sehari-hari dapat kalian lihat melalui sikap para pendiri bangsa maupun orang-orang yang ada di lingkungan sekitar kalian. Contohnya orang tua yang dengan limpahan kasih sayangnya merawat dan membesarkan kalian, memberi nafkah dan membimbing agar kalian menjadi anak yang taat terhadap perintah agama dan peraturan yang berlaku. Seorang guru di sekolah yang mendampingi kalian untuk belajar, serta mengembangkan potensi dan minat yang kalian miliki. Contoh-contoh sikap tersebut menjadi pedoman bagi kita untuk berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.





Bahasa Indonesia



Kesimpulan 
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan tertib dan lancar. untuk pembelajaran matematika tentang perkalian bersusun pendek dan pembagian porogapit masih perlu diulang kembali karena masih banyak siswa yang belum memahami dengan baik langkah dan pengerjaannya. sedangkan untuk materi pancasila dan bahasa indonesia mereka sudah memahaminya dengan baik
 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Kamis, 16 Mei 2024

Jumat, 17 Mei 2024