Senin, 13 Mei 2024

 


Hari/Tanggal                      : Senin, 13 Mei 2024

Muatan  Pembelajaran      :  

1. Pendidikan Pancasila   : Gotong Royong

2. Matematika                    : Analisa Data dan Peluang

3. Bahasa Indonesia         : Sehatlah Ragaku

4. Seni Budaya                  : Mengenal Tari Melalui Cerita Rakyat

Capaian Pendidikan Pancasila

Peserta didik mampu mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (RT, RW, desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Capaian Pembelajaran Matematika

Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan)

S Capaian Bahasa Indonesia

   1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

    Capaian Seni Budaya

  

Pada akhir fase, peserta didik mampu menilai hasil pencapaian diri dalam mengenal tari sebagai wujud ekspresi diri, melalui pengamatan bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta pengidentifikasian dalam menerapkan unsur utama tari, level, perubahan arah, sebagai bentuk ekspresi tari kelompok yang dapat menumbuhkan rasa cinta pada seni tari.

Elemen

Capaian Pembelajaran

Mengalami

(Experiencing)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkalatar belakang serta mengeksplorasi unsuutama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desailantai.

Menciptakan

(Making/Creating)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengidentifikasi damembuat gerak dengaunsur utama tarilevel, dan perubahan arahadap.

Merefleksikan

(Reflecting)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menilai pencapaian dirinya saat melakukaaktivitas pembelajaran tari.

Berpikir dan BekerjArtisti(Thinking and Working Artistically)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untumengembangka kemampua bekerja  sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.

Berdampa(Impacting)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menumbuhkan rasa cinta pada seni tari yang berpengaruh pada kemampuan diri dalamenyelesaikan aktivitas pembelajaran tari.

 

 


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menyajikan data dalam bentuk piktogram ,  menginterpretasikan data dalam bentuk piktogram, menjelaskan manfaat gotong royong, menganalisa gerakan tari berdasarkan cerita rakyat. 


Pendidikan Pancasila

Gotong royong merupakan sebuah tradisi yang melekat pada masyarakat Indonesia, dan telah diajarkan secara turun-temurun pada generasi muda.

Seperti diketahui, Indonesia dikenal sebagai negara ber-masyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai suku, adat istiadat, agama dan kepercayaan yang berbeda- beda.

Maka dari itu, dengan adanya tradisi gotong royong, diyakini dapat membangun lingkungan masyarakat yang hermonis, damai dan aman di tengah perbedaan.

Istilah gotong royong sendiri berasal dari kata gotong yang berarti bekerja dan royong yang bermakna bersama.

Secara harfiah, gotong royong merupakan mengerjakan sesuatu bersama-sama.

Dalam kehidupan bertetangga, gotong royong penting dilakukan agar menumbuhkan rasa solidaritas, belajar toleransi, serta membuat pekerjaan jadi cepat selesai.

Tidak hanya itu, gotong royong juga mampu menciptakan kedekatan antar tetangga sehingga muncul rasa kekeluargaan.

Ada banyak contoh gotong royong di lingkungan masyarakat yang bisa kamu lakukan.

Nah, berikut pembahasan 30 contoh gotong royong di lingkungan masyarakat beserta manfaatnya.

  1. Gotong royong membersihkan lingkungan
  2. Gotong royong memperbaiki jalan
  3. Gotong royong membangun fasilitas umum
  4. Membantu tetangga yang sedang berduka atau kesulitan
  5. Gotong royong membuang sampah di lingkungan rumah
  6. Membersihkan sampah di sungai atau saluran air agar tidak banjir 
  7. Membangun jembatan untuk fasilitas bersama
  8. Membantu tetangga yang sedang merayakan hajatan
  9. Gotong royong menyiapkan hari besar keagamaan
  10. Bekerja sama menjaga lingkungan rumah dengan mengadakan ronda
  11. Membantu mencari korban bencana alam 
  12. Membantu memasak bagi korban bencana alam
  13. Membantu seseorang yang mengalami kecelakaan dengan cara menolongnya.
  14. Gotong royong menyiapkan pentas seni masyarakat
  15. Melakukan musyawarah
  16. Membersihkan masjid saat menjelang hari raya dan bulan puasa
  17. Membersihkan got ketika musim penghujan tiba
  18. Membantu  mengantarkan jenazah ke pemakaman
  19. Membantu penggalian kubur saat ada tetangga yang meninggal dunia
  20. Membantu tetangga yang sedang membangun rumah
  21. Membantu mensukseskan pelaksanaan pemilu
  22. Membantu menjaga ketertiban di desa
  23. Membangun tempat ibadah bersama-sama.
  24. Mengerjakan tugas kelompok bersama-sama.
  25. Mengikuti kegiatan kerja bakti bersama di kelas.

Manfaat Gotong Royong di Lingkungan Masyarakat

  • Menciptakan lingkungan yang harmonis
  • Pekerjaan lebih cepat selesai
  • Menjaga persatuan
  • Menumbuhkan kebiasaan tolong-menolong dalam masyarakat
  • Lingkungan sekitar lebih aman dan damai.
  • Meningkatkan kualitas hidup
  • Membangun karakter positif
  • Membanun kesadaran lingkungan
  • Menumbuhkan rasa kebersamaan dan menumbuhkan rasa kasih sayang kepada sesama.
  • Mempererat tali silaturahmi dan menghindari perpecahan dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Memperbaiki produktivitas kerja dalam kehidupan sehari-hari.
  • Melahirkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat.
Matematika

Piktogram dalam matematika adalah suatu penyajian data dengan menggunakan gambar tertentu untuk mewakili banyaknya objek.
Piktogram sering disebut juga sebagai diagram gambar yang representasi datanya menggunakan simbol atau gambar. Jika diagram batang menggunakan kolom untuk menunjukkan suatu data, maka diagram gambar menggunakan gambar-gambar untuk menyimbolkan suatu data.
Piktogram memiliki tujuan yang sama dengan diagram pada umumnya, yaitu untuk menyajikan data dalam bentuk yang lebih sederhana dan mudah dipahami.
Kerjakan Latihan Berikut !
Soal No.1
Perhatikan data benda yang ada di meja guru berikut ini!
Benda yang paling banyak ada di meja guru yaitu . . .
A. pensil
B. penggaris
C. penghapus
D. vas bunga

Soal No.2
Perhatikan data mainan Nanda berikut ini!
Jumlah keseluruhan mainan yang dimiliki Nanda yaitu. . .
A. 6
B. 13
C. 15
D. 18

Soal No.3
Perhatikan data buah Bu Heni berikut ini!
Buah milik Bu Heni yang jumlahnya paling sedikit yaitu . . .
A. mangga
B. apel
C. jeruk
D. alpukat

Soal No.4
Perhatikan data hewan yang ada di rumah Rudi berikut ini!
Hewan di rumah Rudi yang jumlahnya sama yaitu . .
A. anjing dan burung
B. anjing dan ikan
C. kucing dan burung
D. kucing dan ikan

Soal No.5
Perhatikan data benda yang ada di kelas berikut ini!
Selisih banyaknya meja dan kursi di kelas yaitu . . .
A. 1
B. 3
C. 5
D. 6

Soal No.6
Perhatikan data olahraga yang disukai siswa kelas IV berikut ini!
Banyak siswa kelas IV yang menyukai bulu tangkis yaitu. . .
A. 3 orang siswa
B. 6 orang siswa
C. 8 orang siswa
D. 16 orang siswa

Soal No.7
Perhatikan data hewan peliharaan siswa SD Tunas Harapan berikut ini!
Banyak siswa SD Tunas Harapan yang memelihara ayam yaitu . . .
A. 3 orang siswa
B. 10 orang siswa
C. 12 orang siswa
D. 15 orang siswa

Soal No.8
Perhatikan data warna kesukaan siswa berikut ini!
Banyak siswa yang menyukai warna hijau yaitu. . .
A. 4 orang siswa
B. 12 orang siswa
C. 16 orang siswa
D. 20 orang siswa

Soal No.9
Perhatikan data buah kesukaan siswa berikut ini!
Selisih banyak siswa yang menyukai mangga dan durian yaitu . . .
A. 1 orang siswa
B. 2 orang siswa
C. 3 orang siswa
D. 4 orang siswa

Soal No.10
Perhatikan data makanan kesukaan siswa kelas V berikut ini!
Jumlah keseluruhan siswa kelas IV yaitu. . .
A. 26 orang siswa
B. 27 orang siswa
C. 30 orang siswa
D. 33 orang siswa



Bahasa Indonesia

kita akan belajar menemukan dan menyimpulkan informasi dari teks yang berbeda. Membandingkan dua teks dapat dilakukan dengan cara menentukan persamaan dan perbedaan kedua teks.

simak video berikut!




Bandingkan informasi pada teks “Pentingnya Air bagi Tubuh Kita” dengan teks visual “Air dan Tubuh Kita”. 

Apakah ada informasi yang sama? Sebutkan. 
Informasi yang sama :
Pentingnya Air bagi Tubuh KitaAir Bagi Tubuh Kita
Agar organ tubuh bisa bekerja maksimal.Melindungi organ-organ penting
Menyerap zat-zat yang diperlukan tubuhMembantu tubuh menyerap energi
Membuang zat-zat sisa yang tidak diperlukanMembuang kotoran
Minum air putih membantu kelancaran metabolisme tubuh kitaMembantu mengantarkan zat gizi dan oksigen ke seluruh tubuh
Sebagian besar tubuh manusia terdiri atas airTerdiri dari air : Otak (75%) Darah (83%) Tulang (22%) dan Otot (75%)

Apakah ada informasi yang bertentangan? Sebutkan. 
Tidak ada

Teks mana yang lebih kalian sukai? Sebutkan alasannya. (Contoh)
Teks yang saya sukai adalah Teks Visual Air Bagi Tubuh Kita karena pada teks tersebut disajikan secara lebih ringkas.

Berdiskusi
Bentuklah kelompok yang terdiri atas 4 atau 5 orang. Carilah informasi tambahan tentang pentingnya air bagi tubuh kita. Contohnya sebagai berikut. 
  1. Ciri-ciri air putih yang aman diminum
  2. Keunggulan air putih dibandingkan dengan jenis minuman lain
  3. Mengapa air minum perlu dimasak terlebih dahulu?
  4. Sumber-sumber air yang bisa dikonsumsi

1. Ciri-ciri air putih yang aman diminum
Air merupakan salah satu kebutuhan vital bagi kehidupan manusia. Anda memerlukan air untuk bermacam-macam keperluan. Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan cairan. Berikut ciri air putih yang aman untuk diminum.
  • Tidak Berwarna. Air yang aman dikonsumsi akan terlihat tidak berwarna dan jernih. Apabila warnanya tidak wajar seperti keruh atau kecokelatan, sebaiknya jangan dikonsumsi.
  • Memiliki rasa tawar ketika diminum. 
  • Air Tidak Memiliki Bau. Air minum yang baik itu tidak memiliki aroma apapun.
  • Bebas Bakteri. Bakteri yang buruk dari kasus air mineral adalah pathogen yaitu jenis mikroba yang berpotensi menimbulkan berbagai macam penyakit.
  • Memiliki Suhu Normal. Air mineral yang baik tidak boleh terpapar suhu panas atau dingin secara ekstrim. Hal ini menyumbang beberapa indikasi yang membuat kualitas air berkurang seperti penguapan dan pembekuan.

2. Keunggulan air putih dibandingkan dengan jenis minuman lain
Dalam sehari, kita disarankan untuk konsumsi air putih setidaknya sebanyak 8 gelas. Salah satu air yang penting kita konsumsi adalah air putih. Kunggulan air putih dibandingkan jenis air lainya adalah :
  • Mencegah dehidrasi. Menjaga asupan cairan dengan minum air putih penting untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. 
  • Menjaga kesehatan sendi dan otot. Konsumsi air putih secara rutin juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi dan otot tubuh. 
  • Menjaga kesehatan pencernaan. Kurangnya asupan cairan diketahui dapat mengganggu fungsi pencernaan. Hal ini bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan, termasuk sembelit.

3. Mengapa air minum perlu dimasak terlebih dahulu?
Tujuan dari merebus air adalah untuk membunuh mikroorganisme atau kuman yang mungkin ada dalam air. Air yang belum dimasak mengandung mikrobiologi atau kuman penyebab berbagai penyakit dan bahan kimia berbahaya lainnya.

4. Sumber-sumber air yang bisa dikonsumsi
Untuk keperluan air minum, maka sumber air baku yang dapat digunakan untuk kebutuhan air minum dapat terdiri dari mata air, air permukaan (sungai, danau, waduk, dll.), air tanah (sumur gali, sumur bor) maupun air hujan.
  • Air hujan merupakan sumber air utama di bumi. Walaupun pada saat pretisipasi merupakan air yang paling bersih, air tersebut cenderung mengalami pencemaran ketika berada di atmosfer. 
  • Air Permukaan. Air permukaan yang meliputi badan-badan air semacam sungai, danau, telaga, waduk, rawa, air terjun, dan sumur permukaan, sebagian besar berasal dari air hujan yang jatuh ke permukaan bumi. 
  • Air Tanah. Air tanah (ground water) berasal dari air hujan yang jatuh ke permukaanbumi yang kemudian mengalami penyerapan ke dalam tanah danmengalami proses filtrasi secara alamiah. 


Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!

Perhatikan penggalan cerita berikut!
(Untuk menjawab soal nomor 1 - 3)
Ira Tidak Takut

Ira menggenggam tangan Mama erat-erat. Gedung di depannya tampak menyeramkan. "Setelah ini kita makan piza kan, Ma ...," bisik Ira.

"Halo, Ira! Apa kabar hari ini?" "Apa kabar kura-kura?" "Ira sudah siap?" Orang-orang itu menyapa Ira.
"Kura-kura tidak mau disuntik hari ini!" jawab Ira

Namun, dokter itu tetap ingin memeriksa si kura-kura.

Kata dokter, sel darah merah si kura-kura sudah berkurang. Darah kura-kura harus ditambah. Kita menyebutnya ditransfusi. Kalau tidak, si kura-kura akan tetap lemas dan mual.

Tapi, disuntik itu sakit, kan? Kata dokter, sakitnya hanya sebentar. Tidak sampai sepuluh hitungan. Dia meminta Ira mencoba menyuntik sambil berhitung.

Satu ... dua ... tiga ... empat ... lima ... enam ... tujuh ... delapan ... sembilan ... sepuluh! Hanya sepuluh? Selesai?
Wah, hebat! Kura-kura tidak takut! Kalau begitu, Ira juga tidak takut!

Dokter mengingatkan Ira untuk berhitung sampai sepuluh! Selama ditransfusi nanti, Ira boleh menonton film kesukaannya. Satu ... dua ... tiga ... empat ... lima ... enam ... tujuh ... delapan ... sembilan ... sepuluh!

Wah, Ira merasa lebih segar.

Sekarang sudah selesai! Bulan depan, Ira akan kembali lagi untuk transfusi.

Soal No.1
Tokoh utama pada cerita di atas adalah . . .
A. Ira
B. Kura-kura
C. Dokter
D. Mama Ira

Soal No.2
Permasalahan yang dihadapi tokoh utama pada cerita di atas yaitu. . .
A. sel darah kura-kura berkurang
B. sel darah Ira berkurang
C. kura-kura takut disuntik
D. Ira takut disuntik

Soal No.3
Makna kata transfusi pada kutipan cerita di atas yaitu . . .
A. pemasukan darah kepada yang memerlukan
B. pemberian obat dalam darah manusia
C. pengeluaran darah menuju kantong
D. proses metabolisme yang berupa urine

Soal No.4
Perhatikan gambar berikut!

Informasi berikut yang sama dengan ilustrasi di atas yaitu...
A. kekurangan konsumsi air putih dapat mengakibatkan seseorang mengalami dehidrasi
B. waktu terbaik untuk mengonsumsi segelas air putih adalah pada pagi hari
C. air putih membantu kelancaran pembuangan zat-zat sisa yang tidak diperlukan
D. Kebutuhan cairan seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain

Soal No.5
Perhatikan ilustrasi ciri-ciri air yang bersih berikut!
Informasi berikut yang bertentangan dengan ilustrasi di atas yaitu...
A. air yang berbau tidak sehat untuk diminum
B. hindari minum air yang zat padat terlarutnya banyak
C. air panas termasuk air yang sehat untuk diminum
D. minum air yang jernih dan tidak berasa agar tubuh sehat

Soal No.6
Perhatikan ucapan berikut!
(1) Aku sudah sarapan tadi pagi
(2) Aku melihat bus sekolah hari ini
(3) Kakiku sakit sekali
(4) Sepertinya kakiku terkilir

Ucapan di atas yang termasuk opini ditunjukkan oleh nomor yaitu...
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat

Soal No.7
Berikut informasi yang termasuk fakta yaitu...
A. Aku rasa penyakitku cukup parah
B. Sebaiknya kalian tidak memandangku, supaya tidak ketularan.
C. Pasti nanti dokter memberiku antibiotik
D. Dokter memeriksaku dengan sinar-X

Soal No.8
Paragraf yang ide pokoknya berada di akhir paragraf disebut. . .
A. paragraf deduktif
B. paragraf induktif
C. paragraf campuran
D. paragraf argumentatif

Soal No.9
Perhatikan paragraf berikut!
Tubuh manusia sangat membutuhkan asupan air putih. Selain karena sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air, konsumsi air putih dibutuhkan agar organ tubuh bisa bekerja maksimal. Kebutuhan cairan seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain, tergantung pada kondisi tubuh aktivitas yang dilakukan, hingga kondisi cuaca.

Paragraf di atas termasuk kategori paragraf. . .
A. campuran
B. deduktif
C. induktif
D. prosedurak

Soal No.10
Perhatikan paragraf berikut!
Di samping itu, minum air putih membantu kelancaran metabolisme tubuh kita. Secara sederhana, metabolisme adalah proses tubuh mencerna makanan/minuman yang kita konsumsi, menyerap zat-zat yang diperlukan tubuh, lalu membuang zat-zat sisa yang tidak diperlukan. Sisa ini dikeluarkan melalui keringat, urine, atau feses. Proses ini akan lebih lancar jika kita mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

Paragraf di atas termasuk kategori paragraf. . .
A. prosedural
B. deduktif
C. campuran
D. induktif


Seni Budaya

1. Bentuk tari yang ditampilkan secara individu, baik oleh penari permepuan atau laki-laki disebut ...

A. Tunggal
B. Bersama
C. Kelompok
D. Berpasangan


2. Bentuk tari yang ditampilkan oleh dua atau lebih penari secara berkelompok disebut ...

A. Tunggal
B. Bersama
C. Kelompok
D. Berpasangan


3.Tari Srimpi merupakan tarian yang ditampilkan secara ...

A. Sendiri
B. Tunggal
C. Kelompok
D. Berpasangan


4. Tari Kecak merupakan tari yang ditampilkan secara kelompok yang berasal dari ...

A. Bali
B. Aceh
C. Papua
D. Jawa Timur



5. Tarian dari Bali yang ditampilkan secara tunggal adalah ...

A. Tari Keris
B. Tari Legong
C. Tari Kecak
D. Tari Pendet




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Kamis, 16 Mei 2024

Jumat, 17 Mei 2024