Rabu, 08 Mei 2024

 


Hari/Tanggal                      : Rabu, 08 Mei 2024

Muatan  Pembelajaran      :  

1. Matematika                    : Analisa Data dan Peluang

2. Bahasa Indonesia         : Sehatlah Ragaku 



Capaian Pembelajaran Matematika

Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan)

Si Capaian Bahasa Indonesia

Si    1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.




Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....

Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik
 dapat menyajikan data dalam bentuk piktogram ,  menginterpretasikan data dalam bentuk

 piktogram, menemukan dan menyimpulkan informasi dari

 teks yang berbeda 

Matematika

Menyajikan data dalam bentuk 

 piktogram










Piktogram

Diagram gambar juga disebut sebagai piktogram, yaitu penyajian

 data dalam bentuk gambar-gambar pada suatu tabel yang

 mewakili nilai-nilai tertentu. Gambar yang digunakan dalam

 piktogram biasanya menggunakan gambar yang relevan dengan

 data atau persoalan

Cara Membaca Piktogram

Ilustrasi piktogram adalah. Sumber:  dokumen pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Cara membaca piktogram yang paling utama yaitu dengan melihat keterangan simbolnya. Satu gambar simbol mewakili berapa banyak data. Misalnya dalam piktogram di atas, maka setiap 1 gambar mewakili 1.000 ton.
Membacanya hanya tinggal mengalikan jumlah gambar dengan satuan nilainya. Pada bulan Januari terdapat dua gambar yang mewakili nilai 2.000 ton. Jadi, jika gambarnya ada 9 maka dikali 1.000 ton menjadi 9.000 ton.

Kerjakan Latihan Berikut !
Soal No.1
Perhatikan data benda yang ada di meja guru berikut ini!
Benda yang paling banyak ada di meja guru yaitu . . .
A. pensil
B. penggaris
C. penghapus
D. vas bunga

Soal No.2
Perhatikan data mainan Nanda berikut ini!
Jumlah keseluruhan mainan yang dimiliki Nanda yaitu. . .
A. 6
B. 13
C. 15
D. 18

Soal No.3
Perhatikan data buah Bu Heni berikut ini!
Buah milik Bu Heni yang jumlahnya paling sedikit yaitu . . .
A. mangga
B. apel
C. jeruk
D. alpukat

Soal No.4
Perhatikan data hewan yang ada di rumah Rudi berikut ini!
Hewan di rumah Rudi yang jumlahnya sama yaitu . .
A. anjing dan burung
B. anjing dan ikan
C. kucing dan burung
D. kucing dan ikan

Soal No.5
Perhatikan data benda yang ada di kelas berikut ini!
Selisih banyaknya meja dan kursi di kelas yaitu . . .
A. 1
B. 3
C. 5
D. 6

Soal No.6
Perhatikan data olahraga yang disukai siswa kelas IV berikut ini!
Banyak siswa kelas IV yang menyukai bulu tangkis yaitu. . .
A. 3 orang siswa
B. 6 orang siswa
C. 8 orang siswa
D. 16 orang siswa

Soal No.7
Perhatikan data hewan peliharaan siswa SD Tunas Harapan berikut ini!
Banyak siswa SD Tunas Harapan yang memelihara ayam yaitu . . .
A. 3 orang siswa
B. 10 orang siswa
C. 12 orang siswa
D. 15 orang siswa

Soal No.8
Perhatikan data warna kesukaan siswa berikut ini!
Banyak siswa yang menyukai warna hijau yaitu. . .
A. 4 orang siswa
B. 12 orang siswa
C. 16 orang siswa
D. 20 orang siswa

Soal No.9
Perhatikan data buah kesukaan siswa berikut ini!
Selisih banyak siswa yang menyukai mangga dan durian yaitu . . .
A. 1 orang siswa
B. 2 orang siswa
C. 3 orang siswa
D. 4 orang siswa

Soal No.10
Perhatikan data makanan kesukaan siswa kelas V berikut ini!
Jumlah keseluruhan siswa kelas IV yaitu. . .
A. 26 orang siswa
B. 27 orang siswa
C. 30 orang siswa
D. 33 orang siswa



Bahasa Indonesia

kita akan belajar menemukan dan menyimpulkan informasi dari teks yang berbeda. Membandingkan dua teks dapat dilakukan dengan cara menentukan persamaan dan perbedaan kedua teks.

Bacalah kedua teks di bawah ini dengan cermat.
Teks 1:
Salah Sepatu

Pulang sekolah, Dimas mencari sepatu bolanya. Dia diajak teman-temannya main futsal. Syukurlah, sepatu itu masih pas. Dia pun bergegas menuju ke lapangan futsal.

“Dim, kok kamu pakai sepatu bola? Kita kan mau main futsal?” tanya Raka heran.

“Memang apa bedanya? Sama-sama main bola, kan?” sahut Dimas sambil berlari meninggalkan Raka.

Priiit …. permainan pun dimulai. Dimas sangat bersemangat mengejar bola. Namun, saat Dimas berusaha merebut bola …

“ADUH!” teriak Dimas.

Semua anak berhenti bermain.

“Ayo, kubantu kamu berdiri,” kata Raka.

“Aduh, aduh … huhu, susah!” Dimas mengerang.

Kaki Dimas terkilir. Sepatu bola yang dipakainya tidak cocok digunakan untuk lapangan futsal.

Untuk sementara, Dimas harus beristirahat. Dia tak boleh berdiri, apalagi bermain bola.

Teks 2:
Pertolongan Pertama untuk Kaki Terkilir
Tahukah kalian, salah satu penyebab kaki terkilir adalah penggunaan sepatu olahraga yang tidak tepat. Dimas memakai sepatu bola untuk bermain futsal. Padahal, sepatu bola didesain dengan tonjolan-tonjolan di bawahnya.

Tonjolan atau “paku” ini berguna agar sepatu mencengkeram permukaan rumput dan tanah. Saat dipakai di lapangan futsal yang permukaannya keras, paku-paku itu malah menyebabkan sepatu mudah tergelincir. Kaki Dimas pun terkilir atau disebut juga keseleo.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika kaki kalian terkilir di pergelangan kaki seperti Dimas? Kalian dapat melakukan metode RICE. Berikut ini penjelasannya.
RICE
Rest (Istirahat): Istirahatkan kaki yang sakit, paling tidak selama 48 jam.

Ice (Es) = Tempelkan kantong es pada bagian yang terkilir selama 20 menit, 4-8 kali per hari.

Compression (Tekanan) = Bebat dengan perban elastis agar mengurangi pergerakan dan supaya kaki tidak bengkak.

Elevate (Tinggikan) = Angkat kaki 15-20 cm dari permukaan dada. Cara ini juga dapat diterapkan pada keadaan terkilir di bagian tubuh lainnya.

Menceritakan Ulang Teks
Teks 1
Pulang sekolah, Dimas diajak teman-temannya main futsal. Raka heran melihat Dimas menggunakan sepatu bola. Saat Dimas mengejar dan berusaha merebut bola ia terjatuh. Kaki Dimas terkilir. Sepatu bola yang dipakainya tidak cocok digunakan untuk lapangan futsal. Dimas harus beristirahat dan tak boleh berdiri, apalagi bermain bola.

Teks 2
Salah satu penyebab kaki terkilir adalah penggunaan sepatu olahraga yang tidak tepat. Sepatu bola yang dipakai di lapangan futsal menyebabkan kaki mudah terkilir. Jika kaki terkilir di pergelangan kaki dapat melakukan metode RICE. 
  1. Rest (Istirahat): Istirahatkan kaki yang sakit, paling tidak selama 48 jam.
  2. Ice (Es) = Tempelkan kantong es pada bagian yang terkilir selama 20 menit, 4-8 kali per hari.
  3. Compression (Tekanan) = Bebat dengan perban elastis agar mengurangi pergerakan dan supaya kaki tidak bengkak.
  4. Elevate (Tinggikan) = Angkat kaki 15-20 cm dari permukaan dada.

Persamaan dan Perbedaan Kedua Teks
Persamaan Kedua Teks :
  1.  Membahas tentang kaki terkilir
  2.  Membahas tentang penggunaan sepatu yang tidak tepat

Perbedaan Kedua Teks :
Teks 1 membahas tentang akibat salah sepatu, sedangkan teks 2 membahas tentang cpertolongan pertama untuk kaki terkilir.

Menirukan dan Melakukan
Agar peserta didik lebih memahami langkah-langkah RICE, ajak peserta didik mempraktikkannya. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan guru olahraga atau ekstrakurikuler Pramuka (jika ada). Karena ini hanya latihan, perlengkapan yang digunakan tidak harus sama persis sesuai yang diuraikan dalam teks.
  1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas 4-5 orang.
  2. Tetapkan satu orang menjadi “pasien”.
  3. Praktikkan langkah-langkah RICE pada pasien tersebut. 
  4. Kalian boleh bergantian melakukannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Kamis, 16 Mei 2024

Jumat, 17 Mei 2024