Selasa, 29 Agustus 2023

                                      

Hari/Tanggal                        : Selasa, 29 Agustus  2023

Muatan  Pembelajaran      :  

1. IPAS                                : Bagian-bagian tumbuhan 

2. Pend. Pancasila             : Norma

4. Bahasa Indonesia          : di bawah atap

Capaian Pembelajaran IPAS

1.  Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia  (panca indra)

2.   Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup

3. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:

1.    Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru.

2.    Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

3. Peserta didik melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia

Si    1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

                                                 

Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : Peserta didik dapat mengidentifikasi bagian-bagian bunga,  menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah, melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah, melalui kegiatan memasangkan kata, peserta didik dapat menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan dengan benar, melalui kegiatan mengisi tabel homonim, peserta didik dapat memahami kata-kata yang memiliki makna jamak dengan tepat. 

IPAS
simaklah video berikut!


Tugas gambar bagian-bagian bunga beserta fungsinya!

Hak dan kewajiban 

 untuk lebih memahami materi simaklah video berikut!



Bahasa Indonesia

Homonim yang homofon adalah bunyi kata yang lafalnya sama tetapi makna dan ejahannya berbeda. Contohnya bank dan bang. Homonim yang homograf adalah kata yang sama ejaannya dengan kata lain, tetapi berbeda lafal dan maknanya.
contoh :
Salah satu kata yang mengandung makna homonim adalah “genting”.
Perhatian  kedua kalimat di bawah ini:
  1. Keadaan semakin genting setelah Kinan mengetahui kebenarannya.
  2. Kemarin hujan deras dan genting rumah Amir bocor, sehingga ruang tamu menjadi banjir.

Nah, dari kedua kalimat di atas, jelas kita melihat bahwa keduanya memiliki arti atau makna yang berbeda. Namun, ejaan dan pelafalan keduanya sama. 

yang pertama, genting yang artinya keadaan berbahaya atau tegang, dan kalimat yang kedu a genting sebagai tutup atap rumah.

HOMOFON

memiliki karakter bunyi yang berbeda akan tetapi memiliki penyebutan lafal yang sama disebut dengan homofon.

Berikut ini yang termasuk contoh homofon adalah kata bank dan bang. Perhatikan kalimatnya:

  1. Ibu akan pergi ke bank untuk mengambil uang (bank dalam kalimat ini berarti lembaga keuangan).
  2. Bang Dirga sangat menyukai nasi tutug oncom buatan ibu (bang dalam kalimat ini berarti sebutan untuk kakak laki-laki dalam budaya betawi).
Dari kedua kalimat di atas, kita bisa melihat bahwa ejaan dan makna keduanya berbeda, namun pelafalannya sama, yaitu ‘bang’.

Pengertian Homograf

Selanjutnya, ada yang namanya homograf, yaitu berasal dari bahasa Yunani homos yang artinya sama dan grapho yang artinya tulis.

Suatu kata yang memiliki makna berbeda namun ejaannya sama disebut dengan homograf. Supaya memudahkan elo dalam memahaminya, gue punya contohnya di bawah ini:

  1. Buah apel yang dibeli dari pasar rasanya sangat manis (apel dari kalimat ini berarti jenis buah).
  2. Pak Ahmad terpilih menjadi pemimpin apel pada pagi hari ini (apel dari kalimat ini berarti kumpulan atau upacara).

Dari kedua kalimat di atas terlihat jelas ‘kan kalau kedua kata tersebut memiliki ejaan yang sama, namun penyebutan atau pelafalan dan makna keduanya berbeda.

simaklah video berikut!




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024