Rabu, 26 Oktober 2022 ( Tematik T4 ST3 PB2 dan MTK )
Tema : 4 ( Globalisasi )
Subtema 3 : ( Globalisasi dan Cinta Tanah air)
Pembelajaran : 2
Muatan Pembelajaran :
1. PPkN : Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat ( 3.3)
2. SBdP : Memahami reklame (3.1)
Pendahuluan ( 10 Menit )Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Anak-anak yang sholeh dan sholehah, apa kabarnya hari ini ?
Semoga sehat dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa taa'la
Agar lebih semangat mari kita lakukan Ice Breaking sejenak.
Anak sholeh dan sholehah, masih ingatkah materi yang telah kita pelajari kemarin?
Iya
benar ! kemarin kita telah belajar tentang kerjasama ASEAN di bidang IPTEK dan sumber energi alternatif yaitu PLTS / panel surya
Baiklah, hari ini kita akan belajar tema 4 subtema 3 pembelajaran 2.
Anak sholih sholihah setelah belajar kalian diharapkan mampu mengidentifikasi pentingnya sikap positif dalam hal keberagaman ekonomi, mengidentifikasi ciri-ciri brosur, dan membuat brosur yang baik dan kreatif.
1. Kegiatan Inti ( 45 Menit )
Berpikir global, bertindak lokal’. Apa makna pernyataan tersebut? "Berpikir global, bertindak lokal" adalah Pemikiran maju dan mendunia, namun tetap bertindak sesuai dengan budaya luhur bangsa Indonesia. Dengan kata lain dapat membuka pikiran untuk mengenal dan mengikuti perkembangan dunia tetapi tetap bertindak menurut budaya sendiri. Sebaiknya kita bersikap terbuka terhadap perkembangan dunia namun tidak melupakan budaya sendiri. Ayo, kita diskusikan.
- Lebih suka buah-buahan lokal
- Lebih senang berbelanja di pasar tradisional
- Mencintai produk dalam negeri
- Lebih suka buah impor daripada buah lokal
- Lebih suka berbelanja di super market
- Memilih produk impor
- Buah-buahan lokal akan kalah dalam persaingan
- Pasar tradisional akan semakin dilupakan
- Produk impor membanjiri pasar dalam negeri
Berpikir global, bertindak lokal yaitu bersikap terbuka terhadap perkembangan dunia namun tidak melupakan budaya sendiri.
Nark*ba adalah singkatan dari nark*tika, psikotropika, dan obat terlarang.
Beberapa dampak bagi pengguna antara lain kerusakan syaraf, gangguan pernapasan, kemampuan berpikir terganggu, dan menurunkan kekebalan tubuh. Serta mengganggu psikis seperti halusinasi, berkurangnya kepercayaan diri, sering gelisah, dan anti sosial.
Beberapa langkah pencegahan antara lain jangan pernah mencoba, pilih pergaulan yang baik, ketahui bahayanya, lakukan kegiatan positif, dan hadapi permasalahan dengan tepat
MATEMATIKA
Kubus
Pengertian Kubus
Perhatikan gambar bangun ruang berikut.
Bangun ruang tersebut merupakan bangun ruang kubus. Kubus adalah bangun ruang yang dibatasi oleh enam sisi yang berbentuk persegi.
Dari gambar di atas, dapatkah kalian menyebutkan ciri-ciri kubus?
Kubus mempunyai enam sisi yang berukuran sama (kongruen), mempunyai delapan titik sudut, dan dua belas rusuk yang sama panjang.
Kubus di atas dapat kita beri nama sebagai kubus ABCD.EFGH. Selanjutnya kita akan belajar mengenai beberapa contoh penerapan kubus.
Kubus dalam Kehidupan Sehari-hari
Benda-benda yang menyerupai kubus banyak kita jumpai. Pernahkah kalian bermain monopoli atau ular tangga?
Dalam permainan tersebut kita menggunakan dadu yang memiliki bentuk menyerupai kubus.
Dadu memiliki enam sisi yang setiap sisinya memiliki mata dadu 1 – 6. Selanjutnya kita akan membahas mengenai rusuk, diagonal ruang, bidang diagonal, dan jaring-jaring kubus.
Rusuk Kubus
Perhatikan kembali kubus pada gambar 1 di atas.
Berapa banyak rusuk pada kubus ABCD.EFGH?
- Pada kubus tersebut terdapat 12 rusuk.
- Rusuk-rusuk pada kubus memiliki ukuran yang sama panjang.
- Rusuk AB sejejar dengan rusuk CD, EF, dan GH.
- Rusuk BC sejajar dengan rusuk AD, EH, dan FG.
- Rusuk AE sejajar dengan rusuk BF, CG, dan DH.
Diagonal Ruang Kubus
Perhatikan gambar berikut.
Kubus memiliki empat diagonal ruang yang menghubungkan dua titik sudut yang berhadapan.
Terdapat ruang tersebut antara lain AG, BH, CE, dah DF.
Misalkan panjang rusuk pada kubus tersebut adalah r, maka panjang diagonal ruang kubus yaitu
AC = √(AB2 + BC2) = √(r2 + r2) = √(2r2) = r √2
AG = √(AC2 + CG2) = √((r √2)2 + r2) = √(3r2) = r √3
Jadi, panjang diagonal ruang kubus dengan rusuk r adalah r √3.
Bidang Diagonal Kubus
Perhatikan salah satu bidang diagonal kubus berikut.
Gambar tersebut merupakan salah satu bidang diagonal kubus, yaitu bidang diagonal ABGH.
Dapatkah kalian menyebutkan bidang diagonal yang lainnya?
Bidang diagonal kubus yang lainnya yaitu bidang diagonal CDEF, ADGF, BCHE, ACGE, dan BFHD. Sehingga terdapat 6 bidang diagonal pada kubus.
Jaring-Jaring Kubus
Terdapat banyak jarin-jaring kubus yang dapat dibuat. Pada artikel kali ini akan disajikan dua contoh jaring-jaring kubus.
Perhatikan jaring-jaring kubus berikut.
Rumus Kubus
Rumus yang akan disampaikan pada bagian ini meliputi rumus luas permukaan kubus dan volume kubus.
Luas Permukaan Kubus
Perhatikan gambar berikut.
Luas permukaan kubus = Luas I + Luas II + Luas III + Luas IV + Luas V + Luas VI
Lp = (r x r) + (r x r) + (r x r) + (r x r) + (r x r) +(r x r)
Lp = 6 x r x r = 6r2
Keterangan:
- Lp : luas permukaan kubus
- r : ukuran panjang rusuk kubus
Volume Kubus
Perhatikan gambar berikut
Pada gambar di atas terdapat kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk r.
Volume kubus = Luas alas x tinggi
Volume kubus = Luas persegi x tinggi
V = r2 x r
V = r3
Keterangan:
- V : volume kubus
- r : ukuran panjang rusuk kubus
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah kalian sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti. Jika ada yang belum paham bu guru berikan kesempatan untuk bertanya.
Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah ......
Biasakan sholat 5 waktu on time, tadarrus alquran ba'da maghrib dan ba'da shubuh dan berbakti pada orang tua.
see you tomorrow .....
Komentar
Posting Komentar