Tema : 4 ( Globalisasi )
Subtema II : ( Globalisasi dan Manfaatnya )
Pembelajaran : 2
Muatan Pembelajaran :
1. PPKN : Sikap kerja keras dalam keberagam ekonomi (KD. 3.3 dan 4.3)
2. SBdP : Ciri-ciri reklame ( KD. 3.1 dan 4.1)
Pendahuluan ( 10 Menit )
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Anak-anak yang sholeh dan sholehah, apa kabar nya hari ini ?
Semoga selalu baik dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahuwata'ala
Agar lebih semangat mari kita lakukan Ice Breaking sejenak.
Anak sholeh dan sholehah, masih ingatkah materi yang telah kita pelajari pada tema 4 subtema 1?
iya benar ! di tema 4 kita belajar tentang globalisasi subtema 1 globalisasi di sekitarku
Hari ini kita akan belajar tema 4 Globalisasi, subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya pembelajaran 1.
Anak sholeh sholehah, setelah selesai belajar, anak-anak diharapkan mampu mengidentifikasi pentingnya sikap kerja keras dalam keberagaman ekonomi, menuliskan potensi dan usaha yang perlu dilakukan terkait dengan keberagaman
ekonomi, dan mengidentifikasi reklame (poster) berdasarkan ciri-ciri reklame yang
baik.
4. Kegiatan Inti ( 45 Menit )
Globalisasi membawa banyak manfaat bagi masyarakat dunia. Warga dunia
mempunyai banyak kesempatan untuk mengembangkan dirinya. Mang Samad
adalah
seorang pengusaha yang berhasil mencapai kesuksesan. Ayo simak kisah
Mang Samad!
Ayo Berdiskusi
Bacalah teks berikut.
Pengrajin Garut yang Menembus Dunia
Sekarang
ini, siapa yang tak kenal Mang Samad, pengrajin sandal kulit dari
Garut? Ia sering sekali diundang di berbagai acara temu wirausaha untuk
menjadi pembicara dan pemberi motivasi bagi para wirausahawan muda.
Memang, kerja keras Mang Samad patut dicontoh. Tak banyak wirausahawan
kecil seperti dirinya yang bisa berkembang hingga terkenal di
mancanegara.
Dulu, Mang Samad
hanyalah seorang penjaja sandal kulit keliling. Ia berjalan dari desa ke
desa, kemudian memberanikan diri beberapa minggu sekali pergi ke
Jakarta untuk menjajakan sandal kulit yang diambilnya dari pabrik. Dari
pengalamannya menjajakan dagangan, ia jadi tahu keinginan pembeli. Ia
jadi tahu model seperti apa yang menjadi favorit pembeli. Ternyata
semakin rumit bentuk jalinan kulit sebuah sandal, apalagi untuk
laki-laki, justru tidak diminati. Bentuk sederhana dan klasik tetap
menjadi favorit pembeli, namun kualitas kulit dan jahitan sandal menjadi
hal yang utama.
Merasa
tak puas jika hanya menjajakan, Mang Samad pun belajar untuk membuat
sandal. Keterampilan dasar memproses dan menjahit kulit sudah Mang Samad
miliki, karena desa tempatnya tinggal merupakan desa pengrajin sandal.
Mang Samad hanya memperluas keterampilannya dengan belajar membuat pola
sandal, belajar mengenal aneka bahan, lalu menambahkan pengetahuan minat
pembeli dari pengalamannya berjualan. Mang Samad mulai bereksperimen
dengan berbagai model sandal buatannya sendiri. Ia mencoba membuat
sedikit, kemudian menitipkan di toko atau ke temannya yang berkeliling.
Ketika laku, ia membuat lagi, mencoba model yang baru, mencoba warna
yang baru, lalu begitu seterusnya. Hingga satu saat, ia tidak bisa lagi
memenuhi permintaan pembeli dengan tenaganya sendiri. Maka, mulailah
Mang Samad mencari pegawai yang bisa membantunya. Dari satu-dua pegawai,
sekarang sudah lebih dari sepuluh pegawai yang bekerja membantunya. Ia
tak pernah jauh-jauh mencari pegawai. Hanya dari orangorang dekat di
lingkungan tempat tinggalnya. Ia ingin kemajuan usahanya dirasakan juga
oleh lingkungan terdekatnya. Semakin maju usahanya, semakin maju juga
tingkat penghidupan pegawai yang bekerja membantunya. Mang Samad tidak
saja menaikkan taraf hidupnya, tetapi juga membantu memajukan taraf
hidup masyarakat di lingkungannya.
Belajar yang tak pernah henti, membuat usaha yang dirintis
Mang Samad terus berkembang. Berbeda dengan produk sandal Garut yang
model dan bahannya tak berubah dari waktu ke waktu. Mang Samad sering
memperhatikan model sandal di majalah dan model sandal merek luar negeri
yang dijual di toko. Ia pun secara berkala mengeluarkan model baru.
Walaupun model yang dibuatnya sederhana, ia selalu menggunakan bahan
yang terbaik serta teknik jahitan yang kuat. Dengan demikian sandal
buatannya tahan lama.
Suatu ketika, datang
kesempatan bagi wirausahawan kecil di Garut untuk ikut memperkenalkan
produk khasnya di sebuah pameran produk karya Indonesia di Jakarta. Mang
Samad berusaha keras untuk ikut dalam pameran ini. Ia bahkan mencari
informasi bagaimana membuat brosur produk yang menarik. Ia juga bekerja
sama dengan temannya yang pandai bertukang untuk membuat tampilan area
pamer yang berbeda.
Ternyata usaha
Mang Samad tidak sia-sia. Brosur produk yang informatif, area pamer yang
menarik, serta kualitas produk yang baik membuat stan sandal kulit Mang
Samad ramai didatangi pengunjung pameran. Tidak hanya sandal yang
dijualnya laris manis, Mang Samad juga didekati oleh beberapa importir
dari luar negeri yang tertarik dengan produknya. Hanya dari satu
pameran, produk Mang Samad sudah dikenal oleh banyak kalangan.
Sekarang
produk sandal buatannya sudah menembus ke pasar mancanegara. Model yang
sederhana dengan kualitas bahan dan jahitan yang baik membuat sandal
buatannya disukai banyak kalangan di luar negeri. Tidak hanya membawa
kebanggaan bagi dirinya, bagi keluarganya, atau bagi pekerjanya. Produk
sandal kulit buatan Mang Samad dari Garut membuat Indonesia makin
dikenal, membuat Indonesia makin bangga dengan kerja keras anak
negerinya. Sandal kulit Garut dapat mengharumkan nama Indonesia dan
turut memajukan perekonomian bangsa.
Berdasarkan teks di atas diskusikan pertanyaan berikut.
1. Siapakah Mang Samad?
Mang Samad adalah seorang pengrajin sandal kulit dari Garut
2. Bagaimana Mang Samad mengawali usahanya?
Mang Samad mengawali usahanya dengan menjajakan sandal keliling yang diambil dari pabrik
3. Bagaimana Mang Samad mengembangkan usahanya?
Mang
Samad mengembangkan usahanya denga terus memperluas keterampilannya,
terus belajar, terus berinovasi dengan memperhatikan model sandal di
majalah dan model sandal merek luar negeri yang dijual di toko.
4. Keberhasilan apa yang sudah dicapai oleh Mang Samad?
Mang Samad berhasil menaikkan taraf hidupnya dan membantu memajukan taraf hidup masyarakat di lingkungannya.
5. Keterampilan apa yang dimiliki oleh Mang Samad?
Keterampilan
yang dimiliki Mang Samad diantaranya adalah membuat beraneka macam pola
sandal, mengenal beraneka bahan dan pengetahuan minat pembeli.
6. Sikap apa yang dimiliki oleh Mang Samad? Jelaskan.
Mang Samad memiliki sikap pantang menyerah dan pekerja keras.
7. Apa dampak dari keberhasilan usaha Mang Samad bagi diri Mang Samad sendiri?
Dampak keberhasilan Mang Samad adalah usahanya semakin berkembang serta hasil kerajinan beliau terkenal di mancanegara
Di era globalisasi seperti sekarang, setiap orang harus terus
meningkatkan potensinya supaya ia terus bisa bersaing secara sehat.
Siapkah kamu menghadapi era globalisasi?
MATEMATIKA
Mencari Luas Lingkaran
Luas lingkaran adalah bidang yang dibatasi oleh garis yang berjarak sama
ke titik pusat lingkaran. Untuk menemukan luas lingkaran dapat
menggunakan langkah-langkah seperti di bawah ini :
- Buatlah sebuah lingkaran dengan diameter tertentu.
- Lalu lipatlah sedemikian rupa hingga menjadi 8 bagian.
- Bukalah lipatan lingkaranmu dan kamu akan mendapatkan bagian lingkaran yang sama.
- Buatlah garis mengikuti garis lipatan pada kertas.
- Potonglah setiap bagian lingkaran dengan menggunakan gunting secara hatihati.
- Letakkan potongan bagian lingkaran mengikuti gambar di bawah ini.
- Lalu ambillah satu bagian yang berada di paling pinggir.
- Lipatlah bagian itu sehingga menjadi dua bagian yang sama.
- Potonglah kedua bagian tersebut dengan menggunakan gunting.
- Lalu ambillah satu bagian dan letakkanlah di samping kiri jajaran potongan lingkaranmu sebelumnya.
- Letakkan bagian yang lain di sisi kanan.
- Maka kamu akan melihat jajaran bagian lingkaran itu membentuk sebuah persegi panjang.
Luas lingkaran = luas persegi panjang
= panjang x lebar
= π x jari-jari x jari-jari (jari-jari = radius)
= π x r²
Dengan demikian, maka: Luas Lingkaran = π x r²
1. Diketahui sebuah lingkaran
memiliki jari-jari 28 cm. Berapakah luas lingkaran tersebut?
r = 28 cm
Luas lingkaran
L = π x r2 = 22/7 x 282 = 2464 cm2
2. Luas daerah lingkaran berikut adalah …cm².
Luas lingkaran
L = π x r2 = 22/7 x 382 = 3850 cm2
3. Perhatikan gambar di bawah ini!
Luas daerah yang diarsir tersebut di atas adalah …. cm².
Pembahasan: kita cari luas ¾ bagian dari luas lingkaran
L = ¾ x luas lingkaran
L = ¾ x Л x r²
= ¾ x 3,14 x 10 x 10
= ¾ x 314
=235,5 cm².
Demikianlah pembelajaran
kita hari ini, bagaimana ? apakah kalian sudah mengerti ? Alhamdulillah
jika semua sudah mengerti. Jika ada yang belum paham bu guru berikan
kesempatan untuk bertanya.
Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah ......
Biasakan sholat 5 waktu on time, tadarrus alquran ba'da maghrib dan ba'da shubuh dan berbakti pada orang tua.
Komentar
Posting Komentar