1. B. Indonesia : teks eksplanasi ( KD 3.2 dan 4.2 )
2. IPA : Cara menghemat energi listrik (KD.3.6 dan 4.6)
3. IPS :Berbagai bentuk kerja sama di bidang politik
dalam lingkup ASEAN ( KD 3.3 dan 4.3)
Pendahuluan ( 10 Menit )
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Anak sholeh dan sholehah, apa kabar nya hari ini ?
Semoga selalu baik dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahuwata'ala
Agar lebih semangat mari kita lakukan Ice Breaking sejenak.
Anak sholeh dan sholehah, masih ingatkah materi yang telah kita pelajari pada tema 4 subtema 1?
iya benar ! di tema 4 kita belajar tentang globalisasi subtema 1 globalisasi di sekitarku
Hari ini kita akan belajar tema 4 Globalisasi, subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya pembelajaran 1.
Anak sholeh sholehah, setelah selesai belajar, anak-anak diharapkan mampu menyebutkan
informasi penting dan teks ekplanasi dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran,menjelaskan peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di
bidang politik dalam lingkup ASEAN, dan mampu menjelaskan cara menghemat energi listrik dengan tepat.
Kegiatan Inti ( 45 Menit )
Kita telah mengetahui pengaruh globalisai yang tejadi di sekitar kita.
Tahukah kamu apa manfaat globalisasi? Bagaimana globalisasi dapat
terjadi?
Menteri Luar negeri Retno Marsudi menjadi pembicara dalam
Pertemuan Tingkat Menteri Negara-negara Forum Kerja Sama Ekonomi Asia
Pasifik [APEC] di Manila, Philiphina, 17 November 2015.
1. Bagaimana berita tentang Pertemuan Tingkat Menteri APEC tersebut dapatdisiarkan ke semua negara di berbagai belahan dunia?
Ada
berbagai cara yang dapat ditempuh untuk menyiarkan berita tentang
pertemuan tingkat menteri APEC. Berikut beberapa di antaranya: Pertama
berita dapat disebarkan melalui media cetak maupun elektronik, seperti
surat kabar, berita di televisi, radio, Youtube, majalah, pamflet, dan
berbagai media lainnya.
2. Apa manfaat globalisasi terhadap kerja sama Indonesia dengan negaranegara di Asia dan di dunia?
Dengan
adanya globalisasi, tentunya kita dapat mengakses informasi dalam
negeri ataupun luar negeri dengan cepat. Maka, kerja sama bilateral dan
multirateral dapat di lakukan dengan mudah, dalam rangka memperoleh
keuntungan kedua belah pihak.
Ayo Menulis
Simak
teks eksplanasi yang akan dibacakan oleh gurumu. Teks akan dibacakan
dalam setiap paragraf. Tuliskan informasi penting dalam setiap
paragrafnya. Kamu akan diberi waktu untuk menuliskan informasi tersebut
setiap satu paragraf selesai dibacakan. Tuliskan informasi penting
tersebut dalam setiap paragraf pada diagram berikut.
Bahasa Indonesia Dinilai Layak Jadi Bahasa ASEAN
Bahasa
Indonesia dinilai layak menjadi bahasa ASEAN karena merupakan bahasa
dari negara dengan penduduk yang besar. “Bahasa Indonesia berasal dari
negara dengan penduduk sekitar 250 juta, seharusnya bisa menjadi bahasa
ASEAN,” kata Guru Besar Tetap bidang Linguistik Universitas Mataram
Prof. Dr. Mahsun, M.S, di Gelar Wicara Internasionalisasi Bahasa
Indonesia, di Universitas Negeri Jakarta, Kamis.
Menurut
Mahsun, bahasa Indonesia memang hanya memiliki 90.000 kosakata tetapi
mempunyai strategi gramatikal untuk menciptakan kata baru. Sehingga,
bahasa Indonesia merupakan bahasa yang kaya. “Misalnya dari kata hati
banyak dikembangkan menjadi mata hati, jatuh hati, patah hati, dan
lainnya. Atau dari kata anak berkembang lagi menjadi peranakan,
kekanakan, kanak-kanak, dan sebagainya,” jelas Mahsun.
Pada
kesempatan yang sama, budayawan Indonesia Franz Magnis Suseno atau
akrab disapa Romo Magnis menilai bahasa Indonesia layak menjadi bahasa
global. “Dalam bahasa Indonesia kita bisa ungkapkan apa saja. Jadi masuk
akal kalau bahasa Indonesia diakui di ASEAN. Bahasa Indonesia itu
sempurna. Tidak kaku dan bisa berkembang,” ujarnya.
Oleh
sebab itu, ia menyayangkan semakin banyak generasi saat ini yang merasa
lebih percaya diri menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama
ketimbang menggunakan bahasa Indonesia. ”Bagi saya memgherankan orang
Indonesia pakai bahasa Inggris di rumah. Kemampuan bahasa Inggris cukup
dipelajari sebaik mungkin sebagai bahasa asing. Saya dukung orang kita
bisa bahasa asing, bisa maju, tetapi kalau bahasa Indonesianya sebagai
bahasa ibu diganti, rasanya kosong karena tidak menyentuh ke hati,”
jelas Romo Magnis yang belajar bahasa Indonesia sejak tahun 1962 itu.
Paragraf 1 Topik Masalah
Bahasa Indonesia dinilai layak menjadi bahasa ASEAN
Paragraf 2 Deret Penjelas
Bahasa Indonesia mempunyai strategi gramatikal untuk menciptakan kata baru karena bahasa Indonesia merupakan bahasa yang kaya.
Paragraf 3 Deret Penjelas
Bahasa Indonesia layak menjadi bahasa global karena Bahasa Indonesia itu sempurna. tidak kaku dan bisa berkembang.
Paragraf 4 Simpulan
Banyak
generasi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, namun
bahasa Indonesianya sebagai bahasa ibu jangan diganti,
Kerja sama Indonesia dengan Negara-Negara di Asia Tenggara di Bidang Sosial Budaya di Masa Globalisasi
Bentuk Kerja sama
Mempererat hubungan diplomatik dengan pengiriman duta dan konsul
Menciptakan stabilitas politik kawasan ASEAN
Mengadakan perjanjian ekstradisi dengan negara-negara anggota ASEAN.
Peran Indonesia dalam hubungan kerja sama dengan negara di Asia Tenggara
Mengirim duta dan konsul ke negara-negara anggota ASEAN dan menermia duta dan konsul dari negara lain.
Turut andil dalam penyelesaian beberapa konflik yang terjadi di awasan ASEAN
Mengembalian pelau kejahatan ke negara asal.
Belakangan
ini banyak bermunculan masalah pemborosan energi. Masalah pemborosan
energi secara umum sekitar 80 persen disebabkan oleh faktor sumber daya
manusia yang kurang memahami dampak dari pemborosan energi bagi
kelangsungan hidup anak cucu kita mendatang. Selain disebabkan oleh
manusia, ada pula 20 persen disebabkan oleh faktor teknis. Indonesia
merupakan negara yang boros dalam penggunaan energi, bahkan Indonesia
termasuk salah satu negara di Asia Tenggara yang tertinggi dalam hal
pemborosan energi. Hal ini tercermin dalam indeks elastisitas energi.
Skor Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara di Asia
Tenggara, bahkan dengan negara maju. Hal ini menunjukkan perlunya
masyarakat Indonesia mengonsumsi energi secara lebih efisien dan
mengurangi pemborosan.
Dampak dari pemborosan
energi sebenarnya sudah kita rasakan. Hal ini terasa dari peningkatan
suhu global. Meningkatnya suhu global menyebabkan naiknya permukaan air
laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca ekstrem, lebih lamanya
cuaca panas darpada cuaca dingin, dan hilangnya gletser, serta
akibat-akibat lainnya. Jika fenomena ini terus terjadi tanpa antisipasi
dan penanggulangan, mungkin kelangsungan hidup manusia akan terancam.
Ternyata masyarakat Indonesia harus memiliki sikap hemat energi. Bagaimanakah caranya? saksikan video berikut ini
1. Lampu mana yang memiliki kualitas cahaya paling terang?
Lampu LED memilii ualitas cahaya paling terang.
2. Lampu mana yang paling hemat energi? Jelaskan.
Lampu
LED merupaan lampu paling hemat energi, karena dengan daya (watt) yang
sama, lampu LED mampu menyala lebih terang. Jika kita memilih lampu neon
atau bohlam, maka kita harus memilih lampu dengan watt yang lebih besar
untuk menyamakan tingkat cahaya yang dihasilkan lampu LED.
Buatlah laporan dari percobaan pembuktian lampu hemat energi yang kamu lakukan.
Laporan Kegiatan Percobaan Lampu Hemat Listrik
Tujuan Percobaan
:
Mengidentifikasi cara menghemat listrik
Alat dan bahan
:
1 buah lampu bohlam 5 watt
1 bual lampu LED 5 watt
1 buah lampu neon 5 watt
1 buah dudukan lampu
Beberapa buah baterai 1,5 volt
0,5 m kabel
Gunting
Isolasi
1 buah kotak/kardus bekas mie instan
Langkah-langkah
:
Langkah-langkah Percobaan:
Buatlah satu rangkaian lampu sederhana seri. Letakkan dudukan lampu di bagian dalam kardus.
Pasang ketiga jenis lampu tersebut secara bergantian di dalam kardus
amati kualitas terangnya cahaya dari ketika jenis lampu tersebut.
Hasil Percobaan
:
Lampu bohlam 5 watt menyala dengan warna kekuningan
Lampu neon 5 watt menyala dengan warna keputihan
Lampu LED 5 wat menyala dengan warna kuning terang.
Kesimpulan
:
Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa lampu led 5
watt mampu menhaasilkan cahaya lebih terang daripada lampu neon dan
bohlam 5 watt.
Demikianlah pembelajaran
kita hari ini, bagaimana ? apakah kalian sudah mengerti ? Alhamdulillah
jika semua sudah mengerti. Jika ada yang belum paham bu guru berikan
kesempatan untuk bertanya.
Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah ......
Biasakan sholat 5 waktu on time, tadarrus alquran ba'da maghrib dan ba'da shubuh dan berbakti pada orang tua.
Hari/Tanggal : Selasa, 19 Maret 2024 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS Bab 6 : Indonesia Kaya Budaya 2. Pend. Pancasila : Negaraku 4. Bahasa Indonesia : Satu Titik Capaian Pembelajaran IPAS 1. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. 2.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital. Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. 2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio. 3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak
Hari/Tanggal : Jum'at, 17 Mei 2024 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS BAB 6 : Kegiatan ekonomi masyarakat Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Apa kabar anak sholih sholihah......... Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya.... Anak sholih sholihah tujuan pembelajaran yang akan dicapai adalah peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-enis usaha dalam bidang ekonomi 1. Negara yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya di bidang pertanian disebut negara ... a. Tropis b. Agraris c. Subtropis d. Subagraris 2. Kegiatan ekonomi yang umum dikerjakan masyarakat pedesaan adalah ... a. Pertanian b. Industri c. Polisi d. TNI 3. Kegiatan ekonomi berikut yang bergerak dalam bidang jasa adalah ....... a. Pe
Hari/Tanggal : Kamis, 16 Mei 2024 Muatan Pembelajaran : 1. Matematika : Pecahan Capaian Pembelajaran Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan ( number sense ) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,
Komentar
Posting Komentar