Ringkasan Jumat,13 Maret 2020

IPS

Kerja sama Indonesia dengan Negara Asia Tenggara
Pada dasarnya suatu negara tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, oleh karena itu Negara Indonesia melakukan berbagai bentuk kerja sama antar negara- negara di Asia Tenggara. Dalam tujuan negara Indonesia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 bahwa negara ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Oleh karena itu Indonesia sangatlah menghargai betapa pentingnya hubungan kerja sama yang dilakukan dengan negara-negara lainnya.Kerja sama antar negara – negara tersebut sangatlah penting untuk dilakukan, apalagi pada era Globalisasi saat ini. Negara – negara se Asia Tenggara saling berhubungan dengan baik dan Indonesia merupakan salah satu dari negara- negara di Asia Tenggara. Bentuk kerja sama yang dilakukan Indonesia dengan negara- negara Asia Tenggara antara lain dalam bidang Ekonomi, bidang Sosial Budaya, bidang Politik, Perdagangan, Keamanan, pendidikan dan lain-lainnya.


Kerja sama  Indonesia dengan negara – negara Asia Tenggara antara lain
a. Kerja sama Indonesia dengan Negara Malaysia.
Indonesia menjalin beberapa kerja sama dengan Malaysia. Kerja sama yang berjalan baik antara lain kerja sama di bidang kebudayaan. Misalnya saja Indonesia dengan Malaysia mengadakan pertukaran acara televisi. Dan bukan hanya dalam  bentuk kebudayaan saja akan tetapi Negara Indonesia dan Negara Malaysia juga bekerja sama dalam bidang ekonomi, sosial budaya, ilmu pengetahuan, dan juga bidang keamanan. Kerja sama yang dilakukan oleh kedua belah pihak negara tersebut tidak lain untuk mempererat, mengembagkan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Malaysia. Dengan tujuan yang saling menguntungkan antar kedua negara tersebut di berbagai bidang lainnya, misalnya saja makanan, peternakan, dan lainnya.
b. Kerja sama Negara Indonesia dengan Negara Filipina.
Kerja sama antar kedua negara ini terjalin dalam beberapa ekspor-impor. Negara Indonesia mengekspor minyak bumi, baja dan alumunium ke Negara Filipina. Sedangkan negara Filipina mengekspor gla dan kopra ke Indonesia. Bentuk kerja sama yang lainnya adalah dalam hal perikanan, pertanian, kehutanan, pendidikan dan kebudayaan. Negara Indonesia dan Negara Filipina akan terus mengembangkan kerja sama dalam bidang yang lainnya untuk memper erat hubungan antar kedua belah pihak.
c. Kerja sama Negara Indonesia dengan negara Thailand.
Kerja sama Indonesia dengan Thailand seperti Thailand berinvestasi di indonesia dengan adanya makanan ternak Charon Phokpand milik Thailand. Kemudian kerja sama berikutnya adalah dalam impor beras dan gula. Indonesia dan thailand bekerja sama dalam bidang lainnya antara lain bidang politik, bidang sosial, budaya dan juga perikanan. Dalam hal kerja sama bidang perikanan kedua negara akan bekerja sama. Alasannya karena Indonesia memiliki kekayaan laut yang berlimpah. Kerja sama untuk kedua negara ini diharapkan akan membawa keuntungan untuk kedua belah pihak dan bisa menyatukan antara Thailand dan Indonesia.
d. Penyediaan  cadangan bahan pangan.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang memiliki lumbung padi ASEAN. Bukan hanya Indonesia saja yang terkenal sebagai lumbung padi ASEAAN, namun ada negara Thailand dan negara Kamboja. Bentuk kerja sama ini bukan hanya terjadi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024