BAHASA INDONESIA KAMIS, 19 MARET 2020


1. Makna kata yang dicetak miring pada teks tersebut adalah. . . .
    A. ketangkasan
    B. kepandaian
    C. kerajinan
    D. kelihaian

2. Antonim kata yang dicetak tebal dalam teks tersebut
    adalah . . . .
    A. mudah
    B. susah
    C. sukar
    D. bisa

3. Mengapa kita harus rajin membaca?
    A. Membaca menjadi kewajiban kita sebagai siswa.
    B. Membaca dapat mengembangkan keterampilan.
    C. Membaca dapat menambah pengetahuan.
    D. Membaca merupakan kegiatan positif.

4. Bacalah teks laporan berikut dengan saksama!

Renovasi gedung SD Mekarsari telah selesai. Kini, gedung sekolah itu tampak besar dan luas. Gedung tersebut terdiri atas tiga lantai. Lantai pertama terdiri atas empat kelas, ruang guru,
ruang administrasi, serta toilet siswa dan guru. Lantai dua terdiri atas sembilan kelas dan dua toilet siswa. Lantai tiga terdiri atas empat kelas, toilet, aula, musala, dan perpustakaan. Lingkungan sekitar SD Mekarsari tampak bersih dan asri. Beberapa taman kecil ada di sekolah tersebut, yaitu di depan ruang guru, di pinggir gedung, dan di depan beberapa kelas. Adapun di taman kecil itu ditanami bunga bugenvil, mawar, dan anggrek.

Isi teks laporan tersebut adalah . . . .
A. SD Mekarsari memiliki gedung baru
B. gedung SD Mekarsari yang baru selesai direnovasi
C. desain gedung SD Mekarsari sangat bagus dan menarik
D. renovasi gedung SD Mekarsari akan segera dilaksanakan

5. Bacalah kutipan teks pidato berikut!

Hadirin yang saya hormati, saya selaku ketua panitia mengucapkan terima kasih atas kesediaan hadirin untuk berpartisipasi mengikuti kampanye hidup sehat. Partisipasi hadirin telah menunjukkan kepedulian terhadap hidup sehat. Menjalani hidup sehat tidak selalu mudah. Namun demikian,
bila kita menerapkan perilaku hidup sehat, tentunya kesehatan kita pun terjaga.
Isi pidato di atas adalah . . . .
A. rencana kegiatan kampanye hidup sehat
B. penjelasan manfaat penerapan hidup sehat
C. ucapan terima kasih ketua panitia kepada hadirin kampanye hidup sehat
D. imbauan ketua panitia kepada hadirin agar tetap menjalani perilaku hidup sehat

6. Bacalah ilustrasi berkut!
Naya ingin mengunjungi sahabatnya, Ratu, yangberada di Cimahi. Sebelum mengunjungi Ratu, Naya ingin menghubunginya terlebih dahulu. Nomor telepon rumah Ratu adalah 4444444. Saat ini, Ratu sedang berada di rumah neneknya di Bogor dan nomor teleponnya adalah 9999991.
Adapun kode wilayah Bogor adalah 0251 dan Cimahi 022. Berdasarkan ilustrasi di atas, Naya harus menghubungi Ratu di nomor . . . .
A. 0251-4444444
B. 022-4444444
C  0251-9999991
D. 022-9999991

                                    Museum Layang-Layang
Museum Layang-Layang terletak di daerah Pondok Labu, Jakarta Selatan. Museum ini didirikan oleh Endang W. Puspoyo pada 1985. Dia sangat mencintai permainan layang-layang. Hal itu terlihat dari koleksi layang-layang yang dia miliki di museumtersebut. Lebih dari 100 koleksi layang-layang tersimpan di museum ini, baik dari Indonesia maupun dari negara lain.

Layang-layang yang tersimpan di museum ini bermacam-macam ukuran dan jenisnya. Ada yang berukuran berukuran kecil dan besar. Berdasarkan jenisnya, ada layang-layang berbahan kertas, layang-layang berbahan daun, layang-layang hias, layanglayang untuk memancing ikan di laut, dan layang-layang yang
digunakan untuk upacara adat pernikahan.

Di samping itu, Museum Layang-Layang juga menyimpan layang-layang khas dari Sulawesi. Layang-layang yang terbuat dari anyaman daun itu konon merupakan layang-layang pertama
di dunia. Selain dari Sulawesi, museum ini juga menyimpan layang-layang dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu Sumatra, Jawa, Bali, dan lain-lain.

Museum Layang-Layang sungguh museum yang menarik. Selain dapat melihat koleksi layang-layang, di museum ini kita juga dapat membuat layang-layang. Kalau tiba liburan nanti, ada
baiknya adik-adik mengunjungi museum ini.

7. Kalimat utama pada paragraf pertama dalam teks tersebut adalah . . .
    A. Museum Layang-Layang terletak di daerah Pondok Labu, Jakarta Selatan.
    B. Lebih dari 100 koleksi layang-layang ada di Museum Layang-Layang.
    C. Museum Layang-Layang didirikan oleh Endang W. Puspoyo pada tahun 1985.
    D. Endang W. Puspoyo sangat mencintai layang-layang.

8. Ide pokok paragraf kedua teks tersebut adalah . . . .
    A. ukuran dan jenis layang-layang
    B. deskripsi bentuk layang-layang
    C. fungsi layang-layang
    D. asal layang-layang

9. Simpulan teks “Museum Layang-Layang” adalah . . .
    A. Kita dapat melihat koleksi layang-layang dan membuat layang-layang di Museum Layang- Layang.
    B. Museum Layang-Layang yang terletak di Jakarta Selatan sudah berdiri lebih dari 30 tahun.
    C. Museum Layang-Layang mengoleksi semua jenis layang-layang yang ada di dunia.
    D. Koleksi Museum Layang-Layang sangatlah lengkap.

Bacalah teks instruksi berikut dengan cermat!

Pada hari Minggu, Tauvan ingin mencuci tas dan sepatu sekolahnya. Pertama-tama, ia menyiapkan air di ember. Selanjutnya, ia menyiapkan sikat untuk mencuci tas dan sepatu. Ia lalu mulai mencuci tas dan sepatu dengan sikat. Sesudah itu, Tauvan membilas tas dan sepatu hingga bersih,
lalu menjemurnya. Tanggapan yang tepat berdasarkan isi teks tersebut adalah . . .
A. Tauvan tidak perlu mencuci tas dan sepatu setiap hari Minggu.
B. Tauvan memerlukan air sangat banyak untuk mencuci tas dan sepatu.
C. Sebaiknya, Tauvan mencuci tas dan sepatu pada pagi atau siang hari.
D. Seharusnya, Tauvan menyediakan sabun untuk mencuci tas dan sepatu.

11. Bacalah teks prosedur berikut dengan saksama!
      Langkah-Langkah Membuat Minyak Kemiri
     (1) Sediakan 5–10 butir kemiri utuh, cucilah dengan bersih dan keringkan.
     (2) Masukkan kemiri ke wajan yang sudah dipanaskan tanpa minyak.
     (3) Sangrailah kemiri hingga berwarna hitam kecokelatan, lalu angkat.
     (4) Sediakan kain kasa atau serbet makanan untuk membungkus kemiri.
     (5) Tumbuk kemiri dari luar hingga hancur sambil ditekan.
     (6) Selanjutnya, peraslah kemiri yang ada pada kasa atau serbet.
     (7) Letakkan hasil perasan itu pada sendok dan minyak kemiri siap digunakan.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks prosedur di atas adalah . . .
A. Kemiri tidak perlu dicuci sebelum disangrai.
B. Sebelum ditumbuk, kemiri disangrai terlebih dahulu.
C. Kemiri harus dijemur terlebih dahulu sebelum disangrai.
D. Panaskan wajan dengan sedikit minyak sebelum memasukkan kemiri.

12. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

Keragaman fauna Indonesia semakin bertambah dengan ditemukannya jenis fauna baru. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan katak dan cecak yang dipastikan merupakan jenis baru. Katak yang diidentifikasi sebagai jenis baru ini sebenarnya sudah banyak ditangkap warga
untuk dipelihara. Bentuknya yang unik membuatnya banyak dipelihara warga. Namun, selama ini katak tersebut belum dikenali secara ilmiah. Katak jenis baru itu diberi nama ilmiah Megophrys lancip karena moncongnya yang lancip. -temukan-katak dan- cicak-jenis-baru, dengan penyesuaian.

Hal yang dapat terjadi berkaitan dengan paragraf tersebut adalah . . . .
A. katak jenis baru itu dipelihara dan dikembangbiakkan oleh warga
B. LIPI membuat jurnal ilmiah terkait penemuan katak jenis baru
C. LIPI melakukan penelitian terhadap katak jenis baru itu
D. penemuan katak jenis baru berkaitan dengan iptek 1

13. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Wortel merupakan sayuran umbi berwarna oranye yang mengandung banyak nutrisi penting, seperti beta karotena, vitamin, dan mineral. Beta karotena merupakan salah satu antioksidan paling kuat yang terkandung di wortel. Antioksidan ini dapat membantu melindungi tubuh dari
radikal bebas berbahaya. Selain itu, wortel mengandung vitamin A, B kompleks, dan C. Vitamin A berfungsi menjaga kesehatan mata, terutama penglihatan. Vitamin B kompleks berguna sebagai enzim dalam metabolisme. Sementara itu, vitamin C membantu melindungi tubuh dari penyakit
dan kanker. Selain mengandung aneka vitamin, wortel juga mengandung berbagai mineral penting, yaitu tembaga, kalsium, kalium, mangan, dan fosfor. Fungsi beberapa mineral penting itu, di antaranya membantu mengontrol detak antung dan tekanan darah, serta sebagai antioksidan.
No. Kandungan wortel Fungsi
1 Beta karotena (1)
2 (2) menjaga kesehatan mata
3 Vitamin B kompleks (3)
4 Vitamin C melindungi tubuh dari penyakit kanker
5 Mineral (4)

Data yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pada tabel tersebut adalah . . . .
A. (1) membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah; (2) vitamin A; (3) melindungi tubuh
     dari radikal bebas berbahaya; (4) sebagai enzim dan metabolisme
B. (1) melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya; (2) vitamin A; (3) membantu mengontrol
     tekanan darah dan detak jantung; (4) sebagai enzim dalam metabolisme
C. (1) melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya; (2) vitamin A; (3) sebagai enzim dalam
     metabolisme; (4) membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah
D. (1) membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah; (2) vitamin A; (3) sebagai enzim
    dalam metabolismes; (4) melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya

Bacalah kutipan teks cerita berikut untuk menjawab soal nomor 14–17!

Kemarin, Bono bangun kesiangan. Ia pun merasa terkejut karena jam dinding di kamarnya menunjukkan pukul 06.25. Bono bergegas ke kamar mandi. Ia pun mandi, kemudian
mempersiapkan diri untuk berangkat sekolah. Bono berangkat buru-buru karena takut terlambat. Bahkan, ia tidak menyadari kotak makanan berisi bekal untuknya tertinggal di meja makan.
Bono juga lupa sarapan serta tidak membawa uang saku.

Saat istirahat, Bono merasa sangat lapar. Ia baru menyadari kalau ia tidak membawa bekal serta uang saku. Teman sebangkunya, Erik, hendak meminjamkan uang kepada Bono agar ia bisa membeli makan. Namun, Bono menolaknya karena merasa tidak enak. Bono pun menahan lapar hingga pulang
sekolah.

Setelah pulang sekolah, di bawah terik matahari, Bono sedikit berlari menuju rumahnya. Ia sudah tak sabar ingin makan. Sesampainya di rumah, ia langsung menuju meja makan dan melihat di meja makan sudah tersedia ayam goreng, sambal, dan sayur sup. Segera saja ia mengambil piring, mengambil nasi, lauk, dan sayur, lalu memakannya dengan lahap tanpa mencuci tangan
terlebih dahulu. Tak sampai lima menit, makanan di piring habis tanpa sisa. Bono merasa kekenyangan.

Setengah jam kemudian, Bono merasa perutnya sangat sakit. Semakin lama, ia semakin tak kuat menahan rasa sakit itu. Bono berteriak memanggil ibunya. Ibu Bono menghampiri anaknya dan menanyakan apa yang terjadi. Melihat Bono semakin lemah dan pucat, ibunya langsung membawa Bono ke dokter. Saat diperiksa, dokter bertanya kepada Bono tentang makanan yang dikonsumsinya. Bono pun menceritakan apa saja yang dimakannya. Mendengar cerita Bono, dokter tersenyum sambil
menggeleng-gelengkan kepalanya. Ia pun menasihati Bono agar mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan agar kuman yang ada di tangan tidak masuk ke tubuh.


14. Mengapa Bono sakit perut?
      A. Bono makan terlambat.
      B. Bono makan terlalu banyak.
      C. Bono memiliki penyakit mag.
      D. Bono tidak mencuci tangan sebelum makan.

15. Tokoh utama cerita tersebut adalah . . . .
      A. Bono
      B. dokter
      C. Ibu Bono
      D. Erik

16. Latar waktu pada teks cerita tersebut adalah . . . .
      A. pagi dan sore hari
      B. siang dan sore hari
      C. pagi dan siang hari
      D. siang dan malam hari

17. Watak Bono pada cerita tersebut adalah . . . .
      A. ceroboh dan jujur
      B. ceroboh dan serakah
      C. jujur dan sopan
      D. serakah dan sombong

18. Bacalah syair berikut dengan saksama!

Dengan ilmu engkau terjaga
Dari suramnya waktu dan masa
Cemerlang akan senantiasa
Menyinari dirimu di masa dewasa

Makna kata bercetak miring pada syair di atas ialah . . . .
A. ilmu pengetahuan
B. gelap gulita
C. bersinar terang
D. cita-cita

Bacalah teks cerita berikut untuk menjawab soal nomor 19–24!
                                                    Arif yang Jujur
Arif merupakan anak almarhum Pak Duloh. Sejak meninggalnya Pak Duloh enam bulan lalu, Arif menjadi tulang punggung keluarganya. Setiap hari, ia bekerja dari pagi hingga
sore. Saat pagi, Arif berjualan koran. Ketika siang hingga sore hari, ia mengamen atau menjadi tukang semir sepatu. Ketika malam, Arif memanfaatkannya dengan belajar menggunakan
buku pelajaran bekas yang diberikan oleh Pak Subki, pemilik kioskoran.

Arif memang anak yang baik dan rajin. Setiap hari, ia giat bekerja untuk menghasilkan rezeki yang halal. Nantinya, uang yang ia hasilkan dari bekerja digunakan untuk memenuhi keperluan sehari-hari keluarganya yang terdiri atas ibu dan dua adiknya yang masih kecil. Arif selalu bersemangat dalam bekerja. Ia juga selalu tersenyum ramah meski merasa lelah.

Pada suatu ketika, adik Arif sakit. Selama beberapa hari, adik bungsu Arif demam tinggi. Badannya pun lemah serta semakin kurus. Selain demam, adiknya juga sering muntah apabila minum atau makan. Arif dan ibunya tidak tega melihat keadaan si bungsu. Mereka ingin membawanya ke dokter.

Namun, apa daya, Arif tidak memiliki cukup uang untuk membawa adiknya berobat ke dokter. Arif berjanji kepada ibunya bahwa ia akan bekerja lebih giat lagi untuk menghasilkan uang lebih banyak agar secepatnya dapat membawa adiknya ke dokter.

Pagi itu, Arif sedang berdiri di halte bus untuk menjajakan koran. Tak jauh darinya terlihat seorang pemuda berlari untuk segera menaiki bus. Setelah menaiki bus, pemuda itu tidak menyadari dompetnya terjatuh dari kantong celana. Arif melihatnya dan memanggil pemuda itu. Namun sayang, bus melaju cepat sehingga pemuda itu tidak mendengar panggilan.

Arif membuka dompet tersebut dan melihat ada KTP,SIM, beberapa kartu ATM, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), dan beberapa lembar uang lima puluh ribuan. Arif menjadi bimbang
apakah ia harus mengembalikan dompet itu atau mengambil uangnya untuk berobat adiknya. Setelah beberapa menit berpikir, Arif mengingat pesan ibunya bahwa ia harus jujur, terutama dalam mencari rezeki yang halal. Akhirnya, ia memutuskan untuk mengembalikan dompet itu kepada pemiliknya.

Arif mengembalikan dompet itu pada sore hari ke rumah si pemuda. Saat memberikan dompet itu, si pemuda mengucapkan terima kasih. Terlebih, saat menghitung kembali uang yang
terdapat di dompet dan masih dalam jumlah tetap, pemuda itu merasa senang. Sebagai tanda terima kasih, pemuda itu memberikan dua lembar uang lima puluh ribuan. Arif menolaknya karena ia mengembalikan dompet itu tanpa pamrih. Akan tetapi, pemuda itu tetap memaksa Arif untuk menerima uangnya.  Akhirnya, Arif menerima uang tersebut dan mengucapkan terima
kasih. Ia pun bersyukur mendapat rezeki itu dan segera pulang untuk membawa adiknya berobat ke dokter.

19. Maksud kalimat bercetak miring pada teks cerita tersebut adalah . . . .
      A. Arif mengembalikan dompet itu karena sudah menjadi kewajibannya
      B. Arif mengembalikan dompet tanpa mengharapkan imbalan
      C. Arif mengembalikan dompet yang bukan miliknya
      D. Arif mengembalikan dompet karena ingin dipuji

20. Simpulan cerita yang sesuai dengan isi teks cerita tersebut adalah . . . .
     A. Arif tidak jadi mengembalikan dompet si pemuda
     B. Arif mengambil uang milik si pemuda untuk berobat adiknya
     C. Arif meminta tolong kepada si pemuda untuk membawa adiknya ke dokter
     D. Arif bersyukur karena dapat membawa adiknya berobat ke dokter menggunakan uang dari  
          pemuda yang ditolongnya melaju cepat sehingga pemuda itu tidak mendengar panggilan












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024