Rangkuman bhs.indonesia

Senin, 23 Maret 2020

Cara Menentukan Kalimat Utama, Ide Pokok, dan Simpulan Paragraf




Cara Menentukan Kalimat Utama, Ide Pokok, dan Simpulan Paragraf


1.    Kalimat utama paragraf

Kalimat utama adalah kalimat yang memuat^ inti atau gagasan utama suatu paragraf. Pada umumnya kalimat utama didukung dengan kalimat penjelas. Kalimat utama biasanya terletak di awal atau di akhir paragraf.

2.    Ide pokok paragraf

Dalam satu paragraf, pada umumnya hanya terdapat satu ide pokok. Ide pokok adalah inti suatu paragraf. Biasanya terkandung dalam kalimat utama. Akan tetapi, tidak disajikan secara utuh dalam kalimat utama melainkan intisari kalimat utama.

3.    Isi bacaan

Ada enam kata tanya yang dapat digunakan untuk menemukan isi bacaan. (1) Apa, untuk menanyakan hal atau peristiwa. (2) Siapa, untuk menanyakan orang atau pelaku. (3) Kapan, untuk menanyakan waktu. (4) Di mana, untuk menanyakan tempat. (5) Mengapa, untuk menanyakan sebab. (6) Bagaimana, untuk menanyakan keadaan atau cara.

4.    Simpulan paragraf

Simpulan diambil dari keseluruhan isi bacaan. Simpulan berisi hasil akhir dari uraian yang telah disampaikan.

Contoh Soal :

Pemanasan Global

Perubahan iklirn terjadi di rbagaipeniuru dunia, termasuk Indonesia Perubahan Him tersebut menyebabkan kemarau panjang hmgga hujan yang tidak menentu. Peristiwa alarn tersebut berdampak pada keadaan alam daerah tert«r tu. Misalnya di daerah dataran tinggi, mtensitas hujan yang tinggi menyebabkan tanah terkikrs dan rapuh. Keadaan alam tersebut berpotensi menyebabkan bencana tanah longsor.

Perubahan iklirn terjadi akibat pemanasan global yang merusak lapisan ozon. Pemanasan global dapat terjadi karena penggunaan energi listrik atau bahan bakar kendaraan secara besar-besaran. Aktivitas manusia tersebut dapat menimbulkan emisi gas yang dapat merusak lapisan ozon. Hal terpenting yang dapat dilakukan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat energi. Dengan demikian dampak pemanasan^global dapat berkurang.


1. Kalimat utama paragraf pertama teks tersebut adalah . . .

A.    Perubahan iklim terjadi di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

B.    Hal terpenting yang dapat dilakukan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat energi.

C.    Perubahan iklim menyebabkan cuaca ekstrem, mulai dari kemarau panjang hingga hujan yang tidak menentu.

D.    Perubahan iklim terjadi akibat pemanasan global yang merusak lapisan ozon. Pemanasan global tidak lain disebabkan oleh ulah manusia sendiri.

Jawaban: A

Paragraf pertama menjelaskan perubahan iklim dan dampaknya. Kalimat utama paragraf pertama terletak di awal paragraf karena kalimat kedua sampai kelima berisi penjelasan.



2.  Ide pokok paragraf kedua adalah . . .

A.    Manusia harus bertanggung jawab atas perilaku tidak hemat energi yang biasa dilakukannya.

B.    Emisi gas dapat merusak lapisan ozon dan menyebabkan timbulnya bencana.

C.    Manusia harus mengubah kebiasaan menjadi lebih hemat energi.

D.    Perubahan iklim terjadi akibat pemanasan global.

Jawaban: D

Paragraf kedua teks tersebut menjelaskan penyebab pemanasan global. Pemanasan global terjadi karena aktivitas manusia yang menghasilkan emisi gas.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024