Senin, 25 Maret 2024

 


Hari/Tanggal                     : Senin, 25 Maret 2024

Muatan  Sumatif Tengah Semester :  

1. Agama Islam        

2. IPAS                      

Capaian Pembelajaran IPAS

1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.

2.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital.

                                                
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah, Sumatif Tengah semester hari ini masuk hari kedua dengan mapel PAI dan IPAS. Adapun tujuan pembelajaran hari ini  peserta didik dapat mengerjakan dan menyelesaikan soal Sumatif Tengah Semester dengan baik dan benar. 
Sebelum memulai mengerjakan soal, bacalah doa terlebih dahulu, lalu baca soal dengan saksama. 

Berikut adalah kisi-kisi sumatif tengah semester hari ini 
Kisi-kisi / MATERI PAI

Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S At-Tin dan Hadis Tentang Silaturahmi

Membaca Q.S. At-Tin

Memulai dengan membaca taawudz terlebih dahulu serta basmallah. Perhatikanlah qalqalahnya atau kalian bisa dibaca memantul. Dan bisa dibaca dengan samar serta mendengung sehingga sangat jelas bisa kita baca. Allah memerintahkan membaca Al-Quran  dengan tratil. Tartil artinya membaca dengan memperhatikan hukum bacaan tajwid secara benar. 

وَالتِّيْنِ وَالزَّيْتُوْنِۙ ١

Demi (buah) tin dan (buah) zaitun,

وَطُوْرِ سِيْنِيْنَۙ ٢

demi gunung Sinai,

وَهٰذَا الْبَلَدِ الْاَمِيْنِۙ ٣

dan demi negeri (Makkah) yang aman ini,

لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ فِيْٓ اَحْسَنِ تَقْوِيْمٍۖ ٤

sungguh, Kami benar-benar telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

ثُمَّ رَدَدْنٰهُ اَسْفَلَ سٰفِلِيْنَۙ ٥

Kemudian, kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya,

اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ فَلَهُمْ اَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُوْنٍۗ ٦

kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan. Maka, mereka akan mendapat pahala yang tidak putus-putusnya.

فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّيْنِۗ ٧

Maka, apa alasanmu (wahai orang kafir) mendustakan hari Pembalasan setelah (adanya bukti-bukti) itu?

اَلَيْسَ اللّٰهُ بِاَحْكَمِ الْحٰكِمِيْنَ ࣖ ٨

Bukankah Allah hakim yang paling adil?

Mengenal Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin

Jika terdapat nun sukun maupun tanwin (fathahthain, kasrahtain, serta dhammahthain) bertemu bersama huhruf tertentu. Maka dibaca dengan berbagai cara, diantaranya:

1.   Jelas maupun izhar, nun sukun maupun tanwin di baca izhar apabila bertemu bersama 6 huruf halqi, atau huruf-huruf keluar dari tenggorokan, yaitu Alif, Ha, Kho, ‘ain, Ghin, dan Haa.

2.   Samar serta mendengung maupun disebut dengan Ikhfa, Nun sukun maupun tanwin dibaca ikhfa apabila bertemu bersama 15 huruf ini, yaitu Ta, Tho, Sa, Sya, Tsa, Dza, Fa, Dho, Dzho, Ja, Zda, Ka, Sho, Da, Qaf.

3.   Suara N menjadi hilang serta masuk pada huruf sesudahnya maupun Idgham. Hukum Idgham terdapat 2, adalah Idgham Bigunnah serta Idgham Bila Gnnah. Idgham bigunnah, dibaca mendengung. Nun sukun maupun Tanwin dibaca Idgham Bigunnah apabila betemu 4 huruf, yaitu Ya, Nun, Mim, dan Wau. 

Sedangkan Idgham Bilagunnah dibaca tanpa mendengung, Nun Sukun maupun Tanwin dibaca Idgham Bia gunnah jika bertemu bersama 2 huruf, yaitu Lam dan Ro.

4.   Mengubah suara N menjadi M maupun disebut dengan istlah Iqlab. Nun Sukun maupun Tanwin dibaca dengan Iqlab aabila bertemu bersama huruf Ba. 

Memahami Pesan Poko Q.S At-Tin

Surat At-Tin yaitu surah ke 95 pada Al-Quran terdiri dari 8 ayat. Surat ini termasuk surat Makkah maupun surat yang diturunkan di Makkah atau sebelum Rasul Hijrah. Para ulama memberi nama surat ini dengan At-Tin maupun Wa at-Tin. Nama At-Tin terambil dari isilah ayat yang pertama surat ini, At-Tin artinya yaitu Buah Tin. 

Penjelasan ayat 1-3

Buah Tin serta Zaitun banyak tumbuh di Syam atau sekarang ini di Negara Palestina, Suriah, Yordania serta Lebanon, serta Baitul Maqdis(Yerusalem Palestina), tempat para nabi diutus, yaitu Nabi Isa A.s Gunung Sinai di Mesir yaitu tempat Nabi Musa A.s bermunajat. Sedang Makkah yaitu tempat keahiran serta pengutusan Nabi Muhamad saw. Ketiga nabi satu ini mempunyai misi sama, adalah mengajak manusa menuju tauhid maupun mengesakan Allah. 

 

Penjelasan ayat 4

Allah sudah ciptakan manusia dengan bentuk sebaik-baiknya. Jauh sangat sempurna daripada hewan. Allahpun membekali manusia bersama akal serta sifat-sifat unggul. Dengan berbagai kelebihan ini Allah memberi amanat terhadap manusia sebagai pemimpinnya di bumi. Manusia sebagai pemimpinnya bertugas agar dapat melestarikan bumi. 

Penjelasan ayat 5

Jika manusia durhaka terhadap Allah serta tidak menaati utusanNya. Maka akan dikembalikan pada tempat serendah-rendahnya adalah ke Neraka. Tubuh sempurna dilengkapi akal tetapi durhaka, tidak akan selamatkan manusia dari azabNya.

Penjelasan ayat 6

Kalangan yang benar-benar beriman serta kerjakan kebajikan akan dibalas oleh pahala tidak terdapat putus-utusnya serta diselamatkan dari Neraka.

Penjelasan ayat 7

Allah ciptakan Anda dengan bentuk sempurna. Melalui banyak tahap dari bayi, anak, lalu akan jadi remaja, dewasa, tua, sampai meninggal. Itu adalah bukti sangat jelas mengenai kekuasaan Allah. Dia mahakuasa bagi kebangkitan dari kematian. Apa yang terjadi apabila musim hujan? Di sekeliling terlihat hijau, rumput serta pohon di tumbuh. Padahal sebelumnya, terlihat seperti mati. Begituah perumpaan hari kebangkitan.

Penjelasan ayat 8

Jangan sampai kita kira Allah ciptakan manusia sia-sia, Allah sudah turunkan aturan syariat. Ia akan memberikan keputusan secara adil, adalah memberikan pahala terhadap kalangan yang taat serta hukum orang yang bersalah. 

Menulis Q.S At-Tin

Menulis al-quran dimulai dari sebelah kanan ke kiri.

Menghafal Q-S At-Tin

Mengahafal surat At-Tin sangat mudah. Uangilah hafalannya muai dari ayat 1 sampai 2, serta seterusnya. Ulangilah hafalannya beberapa kali. Bacalah surat At-Tin setiap waktu.  Saat shalat, bacalah surat At-Tin. Surat ini bisa dibaca sesudah baca surah Al-Fatihah dalam salat. 

 

Hadis tentang Silaturahmi

Manusia diciptakan Allah berbangsa-bangsa serta bersuku-suku agar salaing mengenal. Kitapun telah belajar pesan pokok At-Tin. Sebuah pesan dari surat ini yaitu manusia diciptakan Allah pada bentuk sebaik-baiknya. Dengan kelebihan tersebut, manusia diberi amanat agar bisa menjadi pemimpin di bumi. 

Tugasnya yaitu melestarikan bumi. Agar dapat lestarikan bumi, manusia bisa kerjasama. Karena, manusia harus bersilaturahmi. Silaturahmi yaitu tali persahabatan maupun persaudaraan. 

Sumber Materi: Buku Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Semester 2 Terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Beriman kepada Rasul-Rasul Allah

Makna Iman terhadap Rasul-Rasul Allah Swt

Iman artinya percaya. Terdapat sahabat berkata, ‘di saku celanaku terdapat uang kisaran 10ribu,’ hatimu membenarkan yang diucapkan sahabatmu. Artinya kamu mempercayai terdapat uang didalam saku. Namun, apabila sebelumnya anda sudah lihat uangnya di saku sahabatmu, kemudian mendengar ucapan di atas, hal demikian bukan dinamakan dengan percaya, namun tahu. 

Iman kepada Rasuk Allah artinya kamu percaya bahwasanya Allah mengutus Rasuk-RasulNya sebagai teladan serta contoh untuk manusia. Tahukah kamu, bahwa Nabi Muhamad Saw dan Rasul-Rasul lainnya merupakan manusia biasa? Mereka minum, makan, memiliki keluarga, serta anak-anak, dan bekerja. Kenapa harus jadikan teladan serta idola? Karena mereka mempunyai akhlak baik. Allah angkat mereka menjadi seorang Rasul, karena mempunyai 4 sifat yang baik. 

Sifat-Sifat Rasul

Allah angkat seseorang menjadi Rasul, karena mempunyai 4 sifat baik. Tahukah kamu, apa saja empat sifat baik ini dimiliki Rasul? 

1.   Sidiq artinya jujur

2.   Tablig artinya menyampaikan

3.   Amanah artinya trepercaya

4.   Fatanah artinya cerdas

Di bawah ini yaitu sifat mustahil bagi rasul, diantaranya yaitu:

1.   Kizib artinya dusta

2.   Kitman artinya menyembunyikan

3.   Khianat artinya berkhianat

4.   Baladah artinya bodoh 

Sidik artinya bertingkah laku atau berucap dengan benar. Rasul tidak pernah berbohong atau kizib. Tablig yaitu menyampaikan semua wahyu terhadap umatnya serta tidak sembunyikan sedikitpun atau kitman. Amanah yaitu dapat dipercaya. Rasul sama sekali tidak mengkhianati manusia pada sikap maupun titipan yang diamanatkan terhadap Nya. 

Terakhir, yaitu fatanah adalah cerdas. Dengan kecerdasannya, rasul pahami secara baik apa yang diwahyukan kepadanya. Apa yang disampaikan benar-benar sesuai berdasarkan wahyu diterimanaya. Dengan kecerdasannya, para Rasul selalu bertindak serta bersikap secara bijaksana. Rasul sama sekali tidak pernah salah paham atau balada 


Kisi-kisi  IPAS

Disajikan pernyataan peserta didik  dapat menentukan sejarah perkembangan kerajaan hindu - buddha di Indonesia 

Disajikan pernyataan peserta didik  dapat menentukan sejarah perkembangan kerajaan Islam di Indonesia

Disajikan pernyataan peserta didik  menentukan perbedaan peta dan atlas

Disajikan gambar peta peserta didik  menentukan jenis peta

Disajikan gambar simbol peta peserta didik  mengidentifika simbol yang menunjukkan sungai

Disajikan pernyataan peserta didik  dapat menentukan contoh asimilasi dan akulturasi yang terajadi di Indonesia

Disajikan pernyataan peserta didik  menentukan faktor yang mempengaruhi keragaman bentang alam

Disajikan pernyataan peserta didik  menentukan manfaat bentang alam daratan dan perairan 

Disajikan pernyataan peserta didik  menentukan jenis bentang alam yang ditunjukkan dari ciri-cirinya

Disajikan pernyatan peserta didik  menentukan jenis pemanfaatan perairan bagi kebutuhan masyarakat

Disajikan pernyataan peserta didik  mengidentifikasi jenis pekerjaan pada bentang alam yang ditunjukkan

Disajikan pernyataan peserta didik menentukan jenis hasil pertanian yang tepat di daerah bentang alam

Disajikan pernyataan peserta didik  mengidentifikasi pengertian kearifan lokal.

Disajikan pernyataan peserta didik dapat menentukan contoh yang tepat dari kearifan lokal di Indonesia

Disajikan pernyataan peserta didik dapat menentukan penyebab keberagaman di Indonesia

Disajikan pernyataan peserta didik menganalisis ciri- ciri kearifan lokal

Disajikan Gambar peserta didik dapat mengidentifikasi asal rumah adat yang ditunjukkan

Disajikan gambar peserta didik mengidentifikasi jenis tarian daerah yang ditunjukkan

Disajikan gambar pakaian adat daerah peserta didik mengidentifikasi asal daerah pakaia adat tersebut

Disajikan pernyataan siswa menentukan jenis suku yang mendiami salah satu pulau di Indonesia (sumatera)

Disajikan pernyataan tentang senjata tradisional daerah

Disajikan salah satu judul lagu daerah peserta didik diminta untuk mengidentifikasi asal daerah judul lagu tersebut 


M

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Rabu, 17 Januari 2024