Senin, 17 Maret 2024

 


Hari/Tanggal                                    : Senin, 17 Maret  2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Pendidikan Pancasila   : Negaraku

2. Matematika                   Pengukuran Volume Satuan Kubus

3. Bahasa Indonesia         : Satu titik

4. Seni Budaya                  : Mengenal Tari Melalui Cerita Rakyat

Capaian Pendidikan Pancasila

Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.

Capaian Pembelajaran Matematika

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

Si Capaian Bahasa Indonesia

Si    1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

    Capaian Seni Budaya

     

Pada akhir fase, peserta didik mampu menilai hasil pencapaian diri dalam mengenal tari sebagai wujud ekspresi diri, melalui pengamatan bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta pengidentifikasian dalam menerapkan unsur utama tari, level, perubahan arah, sebagai bentuk ekspresi tari kelompok yang dapat menumbuhkan rasa cinta pada seni tari.

Elemen

Capaian Pembelajaran

Mengalami

(Experiencing)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkalatar belakang serta mengeksplorasi unsuutama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desailantai.

Menciptakan

(Making/Creating)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengidentifikasi damembuat gerak dengaunsur utama tarilevel, dan perubahan arahadap.

Merefleksikan

(Reflecting)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menilai pencapaian dirinya saat melakukaaktivitas pembelajaran tari.

Berpikir dan BekerjArtisti(Thinking and Working Artistically)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untumengembangka kemampua bekerja  sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.

Berdampa(Impacting)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menumbuhkan rasa cinta pada seni tari yang berpengaruh pada kemampuan diri dalamenyelesaikan aktivitas pembelajaran tari.

 

 


Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : peserta didik dapat mengerjakan soal latihan, dengan baik dan benar, mengenal majas, dan memahami tokoh-tokoh cerita rakyat.
Pendidikan Pancasila1.     

    Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) didirikan oleh 

    negara ……

2.      Kepanjangan NKRI adalah …..

3.      Naskah teks proklamasi dibacakan di jalan ….

4.Persatuan bukan hanya semboyan yang dihafalkan atau diketahui, tetapi harus diwujudkan.

Adapun dalam mewujudkannya dibutuhkan sikap ..... dan ...... 

5. Keutuhan NKRI harus dipertahankan dan dijaga oleh ....

6. Jika suatu negara tidak memiliki kebanggaan kepada tanah airnya sendiri, maka negara tersebut akan .....

7. Pancasila merupakan hasil kesepakatan dari seluruh ……

8. Pulau pulau di Indonesia membujur dari Sabang smapai …

9. Contoh perilaku tidak bermoral dan mencerminkan kebodohan yaitu ……

10.  Tari Pendet dan Tari Kecak berasal dari daerah …

MATEMATIKA

berapakah luas masing-masing bangun berikut! 

  1. 


2. 

3. Hitunglah luasnya!


Bahasa Indonesia

kerjakan soal berikut

Ibu Maya membeli kebaya seharga dua ratus tujuh puluh dua ribu rupiah.

Cara menuliskan harga kebaya tersebut menggunakan angka yang tepat

adalah…

1.    Salsabila mempunyai cita-cita yang dijelaskan pada kutipan puisi berikut !

Pekerjaanmu sungguh mulia

Mencerdaskan anak-anak bangsa

Untuk menggapai cita-cita mereka

Engkaulah pahlawan tanpa tanda jasa

      Cita-cita Salsabila adalah ….

2.        Andi memiliki uang Rp.2.576,00. Nominal uang tersebut dapat ditulis menjadi ....

3.        Sebutan lain dari 'sabana' adalah...

4.        Kata-kata kiasan dalam puisi disebut …

5.        Kiasan yang menggunakan kata atau kelompok kata yang bukan arti sebenarnya untuk menggambarkan sesuatu disebut majas...

6.    "Mereka meminta Panji berlapang dada menerima kenyataan itu". Lapang dada dalam kalimat tersebut memiliki arti...

7.     Abu dan lava yang dikeluarkan itu baik untuk menyuburkan tanah," Ratna angkat bicara. "Angkat bicara" dalam kalimat tersebut berarti...

8.    Tanah airku Indonesia
Negeri elok amat kucinta
Tanah tumpah darahku yang mulia
Yang kupuja sepanjang masa

Kesamaan dari setiap baris pada lirik lagu tersebut terletak pada...

9.     Aku anak Indonesia
    Anak yang merdeka
   Satu nusaku
   Satu bangsaku
   Satu......

Kata yang tepat untuk mengisi bait puisi di atas adalah …


Seni Budaya

Legenda patuddu
Tari Pakarena merupakan tari dari suku Makassar. Tari Pakarena diketahui sudah ada sejak Kerajaan Gowa. Namun tari Pakarena bisa ditemui pula di Kepulauan Gantarang dengan nama tari Pakarena Gantarang. Dahulu, Gantarang Lala Bata merupakan pusat sebuah kerajaan di Pulau Selayar.
Daerah asal tari Pattudu dan tari Pakarena menggambarkan penyebaran suku-suku di Sulawesi dan bagaimana tarian mewarnai kehidupan masyarakat di daerah-daerah tersebut.

jawablah soal berikut!

1.   Cerita yang mengisahkan asal usul suatu tempat disebut …..

2.   Amati gambar berikut!

Gambar ilustrasi di atas menunjukkan buku yang berkisah tentang kehidupan ayam dan ular, kisah tersebut termasuk …..

 3.   Perhatikan gambar berikut!

Tari pada gambar di atas berasal dari daerah ……

4.   Properti yang digunakan para penari pada gambar tersebut adalah …..

5.   Salah satu iringan musik yang digunakan pada tari randai adalah …..

6.   Malin kundang dikutuk ibunya menjadi …..

7.   Pada legenda patuddu, anak raja memperistri salah satu …..

8.   Pada suatu hari, Kencana membersihkan kamar suaminya. Tanpa sengaja ia menenmukan Kembali selendang miliknya yang dulu hilang. Ia sangat terkejut karena ia tidak menduga yang mencuri selendangnya ternyata adalah ….

9.   Kencana Kembali ke kahyangan setelah menemukan …..

10.    Kencana berkata kepada suami dan anaknya, “jika kalian merindukanku maka lihatlah ……  “.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Rabu, 17 Januari 2024