Selasa, 7 Nov 2023

 


Hari/Tanggal                        : Selasa, 7 Nivember  2023

Muatan  Pembelajaran      :  

1. IPAS Bab 4                     : Mengubah bentuk energi 

2. Pend. Pancasila             : Membangun Jati diri dalam kebhinekaan

4. Bahasa Indonesia          : Meliuk dan Menerjang

Capaian Pembelajaran IPAS

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup. Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energy serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. 

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:

1.    Mengenali karakteristik fisik dan non-fisik orang dan benda yang ada di lingkungan sekitarnya. 

2. Memahami bahwa kebinekaan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia

Si    1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

                                                 


Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : peserta didik dapat mengidentifikasi ragam transformasi energi pada kehidupan sehari-hari, menjelaskan  keragaman budaya di Indonesia, dan menulis laporan hasil wawancara. 

Pertemuan kali ini akan membahas tentang transformasi energi dalam kehidupan sehari-hari, mari kita simak video berikut ini!


Transformasi energi adalah perubahan bentuk energi. Di mana suatu bentuk energi diubah menjadi bentuk energi lainnya tanpa menambah atau mengurangi jumlah total energi di alam semesta. Transformasi energi dapat terjadi pada semua entuk energi. Misalnya, transformasi energi dari energi mekanik ke energi listrik.

Tanpa disadari, banyak perubahan energi yang terjadi di sekitar kita, dapat berbentuk alat maupun kegiatan. Berikut adalah contoh transformasi energi yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari:


Pendidikan Pancasila 



BAHASA INDONESIA


MENULIS LAPORAN HASIL WAWANCARA 

Wawancara adalah kegiatan tanya jawab antara dua orang atau lebih dengan tujuan mencari informasi tertentu. Pewawancara adalah orang yang mewawancarai (mengajukan pertanyaan). Narasumber adalah orang yang diwawancarai (menjawab pertanyaan).Untuk dapat mewawancarai dengan baik, kalian harus berlatih. Berikut ini hal-hal yang harus kalian perhatikan.
wawancara
Langkah-Langkah Persiapan Wawancara antara lain sebagai berikut :
  1. Buat janji bertemu dengan narasumber.
  2. Siapkan daftar pertanyaan.
  3. Siapkan alat tulis untuk mencatat atau alat perekam.
  4. Siapkan kamera (jika ada).

Informasi yang Perlu Dicatat Saat Wawancara
  1. Jawaban sesuai daftar pertanyaan;
  2. Identitas narasumber; dan
  3. Tanggal wawancara diadakan.

Agar Siap dan Percaya Diri Saat Wawancara :
  1. Pelajari semua tentang narasumber.
  2. Kuasai daftar pertanyaan wawancara.
  3. Berlatih mengajukan pertanyaan sebelum melakukan wawancara sebenarnya

Sikap Saat Wawancara
  1. Bersikap sopan dan menghormati narasumber;
  2. Menyapa dengan sapaan yang sesuai, misalnya Bapak, Ibu, Kakak, dan lainnya;
  3. Berbicara dengan tenang; dan
  4. Berbahasa Indonesia yang baik, singkat, dan jelas

Cara Berbicara Saat Wawancara
  1. Nada suara jangan terlalu keras, tetapi juga tidak terlalu pelan.
  2. Gunakan intonasi yang sopan.
  3. Ucapkan pertanyaan dengan jelas.

Bahasa Tubuh dan Penampilan Saat Wawancara
  1. Berdirilah atau duduklah dengan tegak.
  2. Tataplah narasumber saat berbicara. Tatap mata narasumber secara wajar.
  3. Gunakan gerak tangan untuk menegaskan sesuatu.
  4. Berpakaianlah dengan sopan dan rapi

Isi Laporan Hasil Wawancara
  1. Informasi nama narasumber;
  2. Nama pewawancara;
  3. Tanggal wawancara;
  4. Foto (jika ada); dan
  5. Jawaban narasumber atas daftar pertanyaan yang dituturkan ulang oleh pewawancara

Menulis
Lakukan wawancara dengan orang di sekitar kalian yang ingin kalian ketahui pengalamannya. Kalian boleh menjadikan petugas pos, teman yang pernah memenangi lomba membaca puisi, atau seorang kakak yang jago berenang, sebagai narasumber.

Ikuti langkah-langkah persiapan wawancara. Persiapkan daftar pertanyaan seperti di bawah ini. Setelah kalian melakukan wawancara, tuliskanlah hasilnya berupa laporan wawancara.
Nama : LaniSekolah : SD Nusantara 1
Kelas : IVTanggal : 26 Maret 2022
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Perkenalkan nama saya Lani. Saya bersekolah di SD Nusantara 01 kelas IV.Perkenalan
Saya ingin mewawancarai Kak Wawan tentang kegiatan bela diri karate karena saya sangat tertarik dengan bela diri tersebut.Sampaikan tujuan
Menurut Kak Wawan apakah bela diri itu ?Sampaikan pertanyaan 1
Jawaban narasumber : 
Menurut saya bela diri adalah suatu kegiatan dimana kita dapat belajar untuk melindungi diri kita.
Catatlah jawaban narasumber
Apa yang membuat Kak Wawan tertarik dengan karate ?Sampaikan pertanyaan 2
Jawaban narasumber :
Sebenarnya pertama kali saya sangat tertarik dengan taekwondo. Tetapi, karena masalah keselamatan ayah saya tidak mengizinkan saya Mengikuti taekwondo. Akhirnya saya memilih bela diri karate.
Catatlah jawaban narasumber
Apa manfaat bela diri karate bagi Kak Wawan ?Sampaikan pertanyaan 3
Jawaban narasumber :
Manfaat bela diri karate sangat banyak. Salah satunya adalah menyehatkan badan dan dapat menjaga diri. Selain itu karate juga bisa menjadi salah satupenghibur saat kita lagi kesal atau stress. Kita bisa melampiaskan rasa kesal atau stress dengan bela diri karate.
Catatlah jawaban narasumber
Bagaimana usaha Kak Wawan sehingga bisa menjadi juara karate tingkat kecamatan?Sampaikan pertanyaan 4
Jawaban narasumber :
Banyak sekali persiapan yang dilakukan sebelum mengikuti kejuaraan karate. Sebagai seorang atlet karate tentu harus berlatih untuk meningkatkan keahlian, kekuatan, dan ketangguhan diri untuk bersaing dengan atlet lain. Selain itu, latihan juga harus dilakukan rutin agar keterampilan bela diri tetap terjaga.
Catatlah jawaban narasumber
Wah, menarik untuk mengetahui tentang bela diri karate. Ternyata banyak sekali manfaat yang diperoleh dari bela diri karata.Sampaikan simpulan
Terima kasih atas waktu dan kesediaan Kak Wawan untuk diwawancarai. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.Sampaikan terima kasih dan salam penutup



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024