Rabu, 8 November 2023

                                       

Hari/Tanggal                        : Rabu, 8 November  2023

Muatan  Pembelajaran      :  

1. Matematika                        :  Pembulatan Angka

2. Bahasa Indonesia          : Meliuk dan menerjang 

Capaian Pembelajaran Matematika

Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, ). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

Si Capaian Bahasa Indonesia

Si    1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

                                                


Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : peserta didik dapat menentukan jumlah lembara uang yang harus dibayarkan untuk membeli suatu barang dengan nominal yang sudah dibulatkan. melakukan wawancara dengan nara sumber yang ada di lingkungan sekolah, dan menuliskan laporan hasil wawancara. 

Matematika
Simak video berikut!


Kerjakan latihan berikut!
1. Jumlah pengunjung Kebun Binatang Lestari pada hari senin adalah 14.527 orang dan pada hari selasa adalah 12.187 orang. Jika ditaksir ke ratusan terdekat, maka jumlah pengunjung dua hari tersebut adalah ….

2. Jumlah panen jagung Pak Ahmad adalah 12.864 kg. Ia menjualnya ke pasar sebanyak 10.925 kg. Jika ditaksir ke puluhan terdekat, maka sisa panen jagung Pak Ahmad yang belum terjual adalah ….

3.  Sandi adalah peternak burung yang memiliki jumlah sangkar burung sebanyak 37. Jika setiap sangkar berisi 23 burung, maka kira-kira burung yang dimiliki Sandi adalah ….

4. Jumlah sumbangan untuk korban lonsor yang dikumpulkan siswa kelas 4 SD Tambakrejeki adalah Rp. 935.600,-. Jika uang tersebut akan diberikan kepada 3 warga secara rata, maka kira-kira jumlah uang yang diterima setiap warga jika ditaksir ke ribuan adalah ….

5. Toni membeli 4 ekor ikan mas. Setelah ditimbang ternyata berat empat ekor ikan mas tersebut adalah 3,7 kg. Berapa kira-kira berat seekor ikan mas?


Bahasa Indonesia 

Cara Menulis Laporan Hasil Wawancara

Berikut ini,beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menulis laporan yang baik mengenai hasil wawancara, yaitu:


langkah-langkah persiapan wawancara. Persiapkan daftar pertanyaan seperti di bawah ini. Setelah kalian melakukan wawancara, tuliskanlah hasilnya berupa laporan wawancara.

Nama Kelompok : Sekolah : SD Al azhar 1
Kelas : IVDTanggal : 8 November 2023
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Perkenalkan kami dari kelompok: ...... kelas IV.Perkenalan
Saya ingin mewawancarai Bapak/Ibu ........
tentang ...........
Sampaikan tujuan
Pertanyaaan 1 : .......Sampaikan pertanyaan 1
Jawaban narasumber : 

Catatlah jawaban narasumber
Pertanyaaan 2 : .......Sampaikan pertanyaan 2
Jawaban narasumber :

Catatlah jawaban narasumber
Pertanyaaan 3 : .......Sampaikan pertanyaan 3
Jawaban narasumber :

Catatlah jawaban narasumber
Pertanyaaan 4 : .......Sampaikan pertanyaan 4
Jawaban narasumber :

Catatlah jawaban narasumber

Sampaikan simpulan
Terima kasih atas waktu dan kesediaan Bapak/Ibu  untuk diwawancarai. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.Sampaikan terima kasih dan salam penutup




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024