Rabu, 08 Februari 2023 ( T8 ST1 PB 1 dan 2 dan MTK )

   

Tema 8             : Bumiku

Sub Tema 1      : Perbedaan waktu dan Pengaruhnya

Pembelajaran    : 1 dan 2

Muatan Pembelajaran :

  • PPKn : penerapan nilai nilai sila kelima Pancasila dalam kehidupan sehari hari.
  • Bahasa Indonesia : struktur dari teks pidato dan contoh pidato.
  • IPA : perubahan primer dan sekunder pada masa pubertas dan cara menyikapi perubahan di masa pubertas.
  • IPS : kerja sama ASEAN dalam bidang Iptek.
  • SBdP : pengertian patung, bentuk patung dan bahan pembuatan patung.
  • Matematika : Operasi hitung Bilangan Bulat

 

      
Anak-anak hari ini kita akan belajar tema 8 subtema 1 PB 1 dan 2  dan menyelesaikan KPK dan FPB


Ayo Membaca
Bacalah informasi tentang siang dan malam berikut ini! 

Ketika pagi hari, saat membuka jendela, kamu melihat cahaya di langit. Cahaya itu tanda Matahari telah terbit. Saat makan siang, Matahari berada di tempat tinggi di langit. Saat waktunya makan malam, Matahari tidak tampak lagi di langit, tenggelam di cakrawala. Pertanyaannya, benarkah Matahari yang bergerak? Mari, kita cari tahu.
Rotasi Bumi
Matahari tampak terbit di pagi hari dan tenggelam di sore hari karena rotasi Bumi. Bumi terus berotasi sehingga Matahari tampak terbit di sebelah timur, dan tenggelam di sore hari. Sekali lagi, ini karena rotasi Bumi. Bagaimana hal ini dapat terjadi?

Bumi bergerak seperti gerakan permainan gangsing. Planetmu bergerak mengelilingi garis khayal yang disebut sumbu. Gerakan Bumi mengelilingi sumbu/poros disebut rotasi Bumi. Waktu Bumi mengalami satu kali rotasi adalah 24 jam.
Sekarang, lakukan percobaan. Menghadaplah kamu ke lampu. Anggaplah kamu sebagai Bumi dan lampu sebagai Matahari. Kepalamu sebagai poros Bumi.

Berputarlah di tempat pelan-pelan sambil mengamati posisi lampu terhadap dirimu dengan arah berlawanan arah jarum jam. Demikianlah, Matahari yang tampak bergerak, sesungguhnya Bumilah yang bergerak. Peristiwa pergerakan tersebut dinamakan sebagai gerak semu harian Matahari.

Mengapa gerak Matahari dikatakan semu? Tentu kamu tahu, bahwa, gerak tersebut bukanlah gerak Matahari yang sesungguhnya. Peristiwa itu terjadi karena adanya perputaran Bumi pada porosnya. Gerak Bumi itulah yang menyebabkan Matahari seolah-olah bergerak dari timur ke barat.

Kata Kunci/Informasi penting Teks
  1. Bumi berotasi sehingga matahari tampak terbit di sebelah timur, dan tenggelam di sebelah barat.
  2. Gerakan Bumi mengelilingi sumbu/poros disebut rotasi Bumi.
  3. Gerak rotasi bumi menyebabkan matahari seolah-olah bergerak dari timur ke barat

Ayo Mencoba
Kegiatan 1
Simulasi tentang gerak semu Kamu dan temanmu akan melakukan kegiatan bersama untuk memahami tentang gerak semu Matahari. Ikuti langkah-langkah kegiatan di bawah ini!
  1. Anggaplah kamu sebagai A dan temanmu sebagai B.
  2. Perhatikan gambar dan berdirilah sesuai dengan posisi yang ditunjukkan oleh gambar. A dan B berdiri di posisi sejajar
  3. A menutup mata dan berdiri tetap pada posisinya. B berjalan maju satu meter.
  4. A membuka mata dan mengamati perubahan posisi B.
Perubahan posisi B terjadi karena B bergerak ke depan. Akan tetapi, A seolah-olah dirinya yang bergerak mundur sehingga ia berada di belakang B. Peristiwa ini mengilustrasikan gerak semu harian Matahari.

Kegiatan 2
Simulasi tentang peristiwa siang dan malam sebagai akibat rotasi Bumi. Mari kita lakukan simulasi berikut ini! Bentuklah kelompok yang terdiri atas empat sampai lima orang! Pilihlah dua orang teman dalam kelompokmu untuk melakukan kegiatan seperti gambar berikut.
Rotasi Bumi

Ikuti langkah kegiatan di bawah ini!

Alat dan Bahan yang diperlukan:
Senter, globe.

Langkah Kegiatan :
  1. Peganglah senter dan satu temanmu memegang globe.
  2. Arahkan senter (jangan dinyalakan) sehingga menghadap globe. Amati globe.
  3. Nyalakan senter. Amati globe.
  4. Adakah perbedaan pada globe, antara sebelum dan sesudah senter dinyalakan? Tuliskan hasil pengamatanmu!
Ketika senter belum dinyalakan, keadaan globe sama-sama gelap dari berbagai sisi. Ketika senter dinyalakan bagian yang menghadap senter menjadi terang, sedang  globe yang lain tetap gelap karena tidak terkena cahaya senter.
  1. Tetap nyalakan senter, lalu putarlah globe perlahan-lahan berlawanan arah jarum jam. Apa yang teramati pada globe? Tuliskan hasil pengamatanmu!
Setelah diamati, terjadi perubahan keadaan pada globe. Globe yang berputar dan bidang permukaan yang awalnya terang, berlahan-lahan menjadi gelap. Sementara sisi globe yang semula gelap berlahan-lahan menjadi terang secara bertahap sesuai dengan putaran ketika menerima cahaya dari senter.
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan kegiatan yang sudah kamu lakukan!
  1. Andaikan senter adalah Matahari dan globe adalah Bumi. a. Kapan kita mengalami siang? (Ketika Bumi menerima sinar dari  Matahari) b. Kapan kita mengalami malam? (Ketika bagian bumi tidak menerima sinar dari Matahari) c. Bagaimana posisi Matahari selama pengamatan (diam/bergerak)? (Posisi Matahari tetap diam) d. Bagaimana posisi Bumi selama pengamatan (diam/bergerak)?(Posisi Bumi bergerak)
  2. Bagaimana arah gerak Bumi dibandingkan dengan arah gerak jarum jam? (Gerak bumi berlawanan arah dengan arah gerak jarum jam)
  3. Apa yang dimaksud dengan rotasi Bumi?(Gerakan bumi berputar pada porosnya)
  4. Mengapa ada daerah di Bumi yang terang?(Bagian bumi ada yang terang karena mendapat sinar Matahari)
  5. Mengapa ada daerah di Bumi yang gelap?(Daerah bumi ada yang gelap karena tidak mendapat sinar Matahari)
  6. Apa akibat rotasi Bumi dilihat dari diterimanya cahaya Matahari ke Bumi?(Terjadi gerakan bumi yang mengakibatkan permukaan bumi ada yang menerima sinar matahari dan ada yang tidak menerima)
  7. Bumi atau Mataharikah yang sesungguhnya bergerak?(Bumi yang bergerak)
  8. Apa yang kamu ketahui tentang gerak semu harian Matahari?(Gerak semu harian matahari adalah fenomena bergeraknya matahari dari timur ke barat saat tampak dari bumi.)
  9. Kegiatan apa yang biasa dilakukan oleh masyarakat di daerahmu ketika siang hari?(Masyarakat melakukan aktivitas dan bekerja dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya)
  10. Kegiatan apa yang biasa dilakukan oleh masyarakat di daerahmu ketika malam hari?(Kebanyakan masyarakat beristirahat dari aktivitas sehari-hari)

Kesimpulan:
Rotasi Bumi adalah perputaran bumi pada porosnya.
Rotasi Bumi menyebabkan terjadinya siang dan malam

 kita amati kegiatan teman-teman Udin di bawah ini.
Kegiatan Teman Udin
Batusangkar, Sumatera Barat Pukul 05:00 WIB
Sayup-sayup terdengar ayam berkokok. Buyung menggeliat malas untuk membuka matanya. Sejuk pagi masih terasa. Akan tetapi, Buyung harus segera bangun untuk menunaikan ibadah dan bersiap-siap ke sekolah.

Mamuju, Sulawesi Barat Pukul 06:00 WITA
Alang mengayuh sepedanya menuju sekolah. Cukup 20 menit mengayuh, ia sudah tiba di sekolah. Masih ada waktu 10 menit, sebelum bel masuk berbunyi. Alang selalu datang lebih awal agar ada waktu untuk bermain dengan temanteman sebelum mulai belajar.

Jailolo, Maluku Utara Pukul 07:00 WIT
Ferdi membaca sekilas soal di kertasnya dengan tersenyum. Hari ini, ulangan matematika pada jam pertama. Kemarin sore, Ferdi sudah belajar dengan teman-temannya. Ia yakin, soal yang diberikan Pak Sammy dapat dikerjakannya dengan mudah.

Waktu menunjukkan pukul 19.00 WIB, 20.00 WITA , 21.00 WIT

Menurutmu, apa penyebab perbedaan waktu tersebut?
Penyebab perbedaan waktu adalah akibat rotasi bumi pada orbitnya sehingga  terjadi perbedaan waktu, dimana bagian timur Bumi mengalami matahari terbit terlebih dahulu. 
Dari cerita tentang kegiatan teman-teman Udin yang tinggal di tempat berbeda, apa yang dapat kamu simpulkan?
Perbedaan waktu di bumi akibat rotasi bumi berpengaruhi pada kegiatan sehari hari manusia
  1. Amati gambar peta berikut atau bola dunia yang ada di kelasmu!
  2. Amati garis yang melintang pada globe/ petamu yang membelah Bumi menjadi belahan utara dan selatan !
  3. Amati pula garis membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan timur !
Peta Indonesia






Perputaran Bumi dan Akibatnya
Bumi kita berputar membentuk lingkaran 360 derajat dan membutuhkan waktu 24 jam untuk satu kali putaran. Apa akibat perputaran tersebut? Untuk mengetahuinya, amati bola dunia atau peta dunia serta garis yang tampak di dalamnya. Tahukah kamu, garis yang tampak pada bola dunia atau peta dunia disebut garis lintang (paralel) dan garis bujur (meridian).

Garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari Bumi. Garis lintang dibedakan menjadi dua, yaitu Lintang Utara (LU) dan Lintang Selatan (LS). Garis lintang itu digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah iklim. Garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur. Garis bujur yang terletak di belahan barat disebut garis Bujur Barat (BB), sedangkan yang terletak di belahan timur disebut garis Bujur Timur (BT). Garis bujur digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah waktu.

Garis Bujur Barat (BB) dan garis Bujur Timur (BT) berhimpit di garis 0˚ Greenwich. Garis ini melalui Greenwich Observatory di Kota London, Inggris. Oleh karenanya, kota itu ditetapkan sebagai penentu waktu internasional.

Saat berotasi 1° derajat, maka Bumi membutuhkan waktu 4 menit. Apabila berputar 15°, Bumi membutuhkan waktu satu jam. Berdasarkan perhitungan itulah, setiap tempat di muka Bumi yang mempunyai selisih garis bujur 15° akan mempunyai perbedaan waktu satu jam.


Ayo Bernyanyi

Not ANgka Ambilkan Bulan



Pada lagu Ambilkan Bulan terdapat beberapa interval :
1. Nada pangkal 4, nada selang 4, kulitas interval prime (suku kata : bu-lan dan ne-rang)
2. Nada pangkal 3, nada selang 3, kulitas interval prime (suku kata : bu-lan)
3. Nada pangkal 5, nada selang 5, kulitas interval prime (suku kata : si-nar dan le-lap)
4. Nada pangkal 3, nada selang 2 kualitas interval secondo (suku kata : am-bil dan bil-kan)
5. Nada pangkal 4, nada selang 3, kulitas interval secondo (suku kata : di-ma dan ti-dur)
6. Nada pangkal 2, nada selang 1, kulitas interval secondo (suku kata : lam ge- dan tuk me-)
7. Nada pangkal 3, nada selang 5, kualitas terts (suku kata : ber-si dan yang le-)
8. Nada pangkal 1, nada selang 3, kulitasi interval terts (kata : kan bu-)
9. Nada pangkal 2, nada selang 7, kulitas interval sekt (suku kata : sam-pai)
10. Nada pangkal 1, nada selang 7, kulitas interval septim (suku kata : lan ben-)

MATEMATIKA
1. Ocha memiliki 20 kue lapis dan 25 kue kotak. Kue tersebut dibungkus dan dibagikan kepada teman-temannya.

A. Berapa banyak paket yang dapat dibuat Icha?
B. Berapa banyak lapisan dan potongan kue per bungkus?

2. Fila menyimpan setiap 4 hari dan Farah setiap 6 hari. Anda menabung bersama
15 Juli 2018. Pada tanggal berapa Anda menabung untuk yang kedua dan ketiga?

3. Darmiansyah pergi ke perpustakaan setiap 4 hari, Ruri setiap 6 hari. Jika mereka pergi ke perpustakaan bersama pada hari Selasa, hari apa mereka kembali ke perpustakaan bersama?

4. Kelas pertama terdiri dari 50 siswa, kelas kedua 45 siswa dan kelas ketiga 80 siswa. Kepala sekolah ingin membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan banyak anggota yang sama.
Berapa jumlah maksimum siswa di setiap kelompok dan berapa banyak kelompok yang terbentuk di kelas 1, kelas 2 dan kelas 3?

5. Humairah mengatur bunga plastik untuk dijual kembali. Ada 30 tangkai mawar dan 24 tangkai bunga bakung. Kedua bunga ditempatkan dalam vas dengan jumlah dan komposisi yang sama.
a. Berapa vas yang dibutuhkan Humairah?
b. Berapa jumlah setiap bunga per vas?



Demikian pembelajaran hari ini 
Semoga bermanfaat...... 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024