jumat, 24 Februari 2023 ( T8 ST3 PB 4,5, dan 6)

   

Tema 8             : Bumiku

Sub Tema 3      : Bumiku, Matahari, dan Bulan 

Pembelajaran    : 4,5 dan 6

Muatan Pembelajaran :                                  

  • PKn : Hak dan Kewajiban
  • Bahasa Indonesia : Menentukan informasi penting sebuah teks
  • IPA : Gerhana matahari dan Gerhana Bulan 
  • IPS : Asean
  • SBdP : Reklame

                                                   

Setelah belajar peserta didik diharapkan mampu menuliskan informasi penting di buklet, mengidentifikasi jenis-jenis gerhana matahari dan gerhana bulan, mengidentifikasi jenis-jenis reklame, menjelaskan hak warga neg

Anak sholih sholihah .....

Masih ingatkah kamu tentang keadaan perekonomian negara Singapura? Sebelumnya, kita telah belajar tentang hubungan kondisi geografis dan kondisi perekonomian di negara tersebut. Sekarang, kita akan mencari informasi tentang negara lainnya, yaitu Laos dan Filipina.

Laos
Keadaan Alam
Laos merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak berbatasan dengan laut. Wilayah Laos bergunung-gunung. Sungai Mekong merupakan sungai utama. Daerah pertanian terpenting terletak di lembah Sungai Mekong. Laos diselimuti hutan lebat. Laos juga memiliki dataran tinggi dan beberapa dataran rendah.
Hasil Utama
Hasil tanaman pangan utama Laos adalah padi dan jagung. Hasil hutan utama berupa kayu jati. Barang ekspor utama Laos antara lain kopi, kapur barus, dan kulit binatang. Barang impornya terutama minyak bumi, mesin-mesin, dan beras.
Peta Laos dan Philipina
Filipina
Keadaan Alam
Filipina merupakan negara kepulauan. Sebagian besar wilayah Filipina berupa pegunungan. Gunung api yang terdapat di Filipina antara lain Gunung Mayon, Gunung Taal, dan Gunung Pinatubo. Sekitar 40% wilayah Filipina berupa hutan. Hasil hutan yang menonjol antara lain kayu bonian, kayu cedar, kayu eboni, kayu pinus, dan kayu mahoni.

Hasil Utama
Sebagian besar penduduk Filipina bermata pencaharian sebagai petani. Hasil pertanian utama, antara lain pisang, jeruk, kelapa, kopi, tembakau, dan tebu. Tanaman pangan utama adalah padi dan jagung. Hasil ternak utama adalah sapi perah. Hasil tambangnya terutama emas, perak dan tembaga. Hasil industri utamanya adalah tekstil, kertas, dan gula.

Persamaan:
  1. Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani.
  2. Tanaman utama kedua negara adalah tanaman padsi dan jagung.

Perbedaan:
  1. Laos tidak memiliki laut sementara Philipina merupakan negara kepulauan yang dikelilingi lauit.
  2. Hasil hutan Laos berupa kayu jati, sementara hasil hutan Philipina kayu bonian, kayu cedar, kayu eboni, kayu pinus, dan kayu mahoni.


Hak Asasi Warga Negara
Hak-hak warga negara yang dikategorikan sebagai hak asasi :
  1. Setiap orang berhak untuk hidup, mempertahankan hidup dan meningkatkan taraf kehidupannya.
  2. Setiap orang berhak hidup tenteram, aman, damai, bahagia, sejahtera lahir dan batin.
  3. Setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.
  4. Setiap orang bebas untuk memilih dan mempunyai keyakinan politiknya.
  5. Setiap orang bebas untuk mempunyai, mengeluarkan dan menyebarluaskan pendapat sesuai hati nuraninya,
  6. Setiap orang berhak untuk berkumpul, berapat, dan berserikat untuk maksud-maksud damai.
  7. Setiap orang berhak dengan bebas memilih pekerjaan yang disukainya
  8. Setiap warga negara, sesuai dengan bakat, kecakapan, dan kemampuan, berhak atas pekerjaan yang layak.
  9. Setiap warga negara berhak atas jaminan sosial yang dibutuhkan untuk hidup layak serta untuk perkembangan pribadinya secara utuh.(Sumber : https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt58e0c8234493e/konsep-hak-asasi-manusia-yang-digunakan-di-indonesia/)

Kalender Masehi dan Kalender Hijriah
Perputaran Bumi mengelilingi Matahari (revolusi bumi) dan perputaran Bulan mengelilingi Bumi (revolusi bulan) digunakan untuk menentukan tahun Masehi dan tahun Hijriah. Sistem penanggalan Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi. Sistem penanggalan Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan.

1. Tahun Masehi
Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Tahun Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi (waktu yang diperlukan Bumi untuk sekali mengelilingi Matahari). Kala revolusi bumi adalah 365 1/4 hari. Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan dengan pembagian jumlah hari sebagai berikut.
Nama BulanJumlah HariNama BulanJumlah Hari
Januari31Juli31
Pebruari28/29Agustus31
Maret31September30
April30Oktober31
Mei31November30
Juni30Desember31

Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar (Romawi) pada tahun 47. Julius Cesar menetapkan jumlah hari dalam satu tahun 365 hari. Berdasarkan kala revolusi bumi, 1 tahun = 365 1/4 hari. Sisa 1/4 hari dari setiap tahun dikumpulkan sehingga setelah 4 tahun akan terkumpul menjadi 1 hari. Jadi, setiap 4 tahun sekali, jumlah hari dalam 1 tahun = 366 hari dan disebut tahun kabisat.
Tahun kabisat adalah tahun bilangannya habis dibagi 4 (empat), misalnya tahun 2000, 2004, dan 2008. Berdasarkan perhitungan yang lebih teliti, kala revolusi bumi adalah selama 365 hari 5 jam, 48 menit.
Kalender Masehi

2. Tahun Hijriah
Tahun Hijriah juga disebut tahun Komariyah atau tahun Bulan. Tahun Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan (waktu yang diperlukan Bulan untuk sekali mengelilingi Bumi). Kala revolusi bulan adalah 29 1/2 hari sehingga jumlah hari dalam satu tahun = 29 1/2 hari x 12 = 354 hari. Satu tahun Hijriah dibagi menjadi 12 bulan dengan pembagian jumlah hari sebagai berikut.
Nama BulanJumlah HariNama BulanJumlah Hari
Muharam30Rajab29
Safar29Syaban30
Robiul Awal30Ramadhan30
Robiul Akhir29Syawal29
Jumadil Awal30Zulkaedah30
Jumadil Akhir29Zulhijah29/30

Kalender Hijriah juga mengenal tahun kabisat. Jumlah hari dalam tahun kabisat Hijriah 1 hari lebih lama dibandingkan tahun Hijriah biasa, yaitu 355 hari. Pada tahun kabisat Hijriah, jumlah hari dalam bulan Zulhijah adalah 30 hari. Berdasarkan hal tersebut, hari-hari besar Islam setiap tahun bergeser lebih awal 11 hari pada tahun Hijriah biasa, dan bergeser 12 hari pada tahun kabisat.

Kalender Hijriah (Hanya 1 bulan karena tempat tidak muat)
Kalender Hijriah

Banyak sekali informasi yang kita dapatkan dari bacaan di atas. Bersama dengan temanmu identifikasikan 5 informasi penting dari bacaan dan tuliskan informasi tersebut dalam format yang disediakan.
Lima Informasi Penting dari Bacaan
1.Sistem penanggalan Masehi berdasarkan kala revolusi bumi, sistem penanggalan Hijriah berdasarkan kala revolusi bulan
2.Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari.
3.Tahun Kabisat adalah tahun yang bilangannya habis dibagi 4 (empat)
4.Tahun hijriah juga disebut tahun komariyah atau tahun bulan
5.Jumlah hari dalam tahun kabisat Hijriah 1 hari lebih lama dibandingkan tahun Hijriah biasa, yaitu 355 hari

.
Hak-hak ANak


Demikian pembelajaran hari ini 
Semoga bermanfaat...... 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024