Kamis, 02 Februari 2023 ( T7 ST3 PB 1 dan 2 dan MTK )

    

Tema 7             : Kepemimpinan 

Sub Tema 3      : Ayo, memimpin !

Pembelajaran    : 1 dan 2

Muatan Pembelajaran :

  • PPKn : penerapan nilai nilai sila kelima Pancasila dalam kehidupan sehari hari.
  • Bahasa Indonesia : struktur dari teks pidato dan contoh pidato.
  • IPA : perubahan primer dan sekunder pada masa pubertas dan cara menyikapi perubahan di masa pubertas.
  • IPS : kerja sama ASEAN dalam bidang Iptek.
  • SBdP : pengertian patung, bentuk patung dan bahan pembuatan patung.
  • Matematika : Operasi hitung Bilangan Bulat

 

     
Anak-anak hari ini kita akan melaksanakan PH tema 7 subtema 3 dan matematika. Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik mampu mengidentifikasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menyusun teks pidato,   dan menyelesaikan soal hitung campuran bilangan cacah.

Ayo Membaca
Apabila kamu ingin menjadi seorang pemimpin, kamu harus tahu siapa dirimu, apa kelebihan dan kekuranganmu. Hal ini akan bermanfaat agar kamu tahu kemampuan apa yang harus kamu kembangkan. Kamu bisa belajar tentang kebutuhan dasar seorang pemimpin dari cerita di bawah ini. Bacalah dalam hati teks berikut ini.

                                                                           Semut dan Belalang
Di bawah terik matahari, barisan semut berjalan rapi menuju sarang. Sudah puluhan kali barisan ini berjalan bolak-balik di bawah komando sang pemimpin. Setiap semut membawa bulir makanan di atas badannya. Tidak lebih dari satu bulir dapat dibawa semut, hingga tak cukup sekali atau dua kali mereka bolak-balik menuju sarang.
Semut dan Belalang
Sementara di antara hijau rumput di pinggir kolam, seekor belalang duduk santai menikmati semilir angin. Terheran-heran ia menyaksikan barisan semut bolak-balik melintas di hadapannya.
“Hai Semut-Semut! Apa sih yang kalian lakukan? Sibuk sekali sejak pagi? Tidakkah mondar-mandir di tengah terik matahari membuat kalian lelah dan berkeringat?” seru Belalang kepada barisan semut.

“Kami bekerja keras mengumpulkan persediaan makanan untuk musim dingin nanti. Barisan kami memang panjang, tetapi daya angkut kami tidak banyak. Oleh karena itu, kami harus mondar-mandir” ujar Komandan Semut menjawab Belalang.

“Haaah? Mengumpulkan makanan untuk musim dingin? Repot sekali! Musim dinginkan masih lama? Sekarang nikmati saja teriknya matahari dan makanan yang berlimpah. Untuk apa sibuk dari sekarang?” ujar Belalang sambil terkekeh menertawakan Semut-Semut.

“Hai Belalang! Harusnya kamu melakukan hal yang sama. Serangga seperti kita harus bersiap-siap menghadapi musim dingin. Nanti, semua tanaman dan sumber makanan lain akan beku tertutup salju. Hembusan angin dingin juga akan membuat kita yang bertubuh kecil sulit keluar sarang untuk mencari makan” balas Komandan Semut.

“Benar Belalang! Harusnya kamu mengumpulkan teman-temanmu untuk bekerja sama mengisi sarang dengan persediaan makanan. Justru karena musim panas masih panjang, kita masih punya banyak waktu untuk mencicil pekerjaan,” Semut kecil menambahkan dari barisan belakang.

“Ah, semua temanku juga sedang bersantai. Terserah kalian sajalah kalau ingin merepotkan diri!” tukasnya.

Begitulah adanya. Sepanjang musim panas barisan Semut sibuk bekerja, sementara Belalang santai bermalas-malasan. Hingga tiba saatnya musim dingin. Semut-semut nyaman bercengkerama di sarangnya yang berlimpah makanan. Bagaimana dengan Belalang? Ia meringkuk kedinginan dan kelaparan di balik dinginnya batu.

Jika demikian, mana yang patut dijadikan teladan? Semut atau Belalang?
 1. Apa yang dilakukan sekelompok Semut? Mengapa mereka harus melakukannya?
 2. Bagaimana menurutmu sikap Belalang?
 3. Bagaimana cara Semut bekerja?
4. Nilai-nilai baik apa yang bisa kamu teladani dari cerita di atas?

Hal-hal yang bisa dipelajari dari kisah semut:
  • Bekerja keras dan gigih  akan menghasilkan hasil maksimal sesuai tujuan.
  • Dengan saling mengingatkan, maka kita lebih mudah mengevaluasi diri terhadap kekurangan masing-masing.
  • Sombong adalah penurun rezeki tercepat, jadi jangan pernah merasa sombong.
  • Dengan bergotong royong, pekerjaan yang sulit dan berat akan terasa lebih mudah.
  • Mencapai suatu tujuan lebih mudah jika dikerjakan bersama-sama dan bersatu.
  • Gaya kepemimpinan akan berpengaruh terhadap kinerja dan produktivitas suatu organisasi atau perusahaan.

Apakah kamu tahu kelebihan dan kekurangan dirimu?  berikut adalah contoh mengisi diagram tentang kelebihan dan kekurangan yang kita miliki 
Kelebihanku
Ayo Berkreasi
Catatan Harianku
Buatlah tabel catatan kegiatanmu sehari-hari. Siapkan dua tabel. Tabel pertama berisi catatan kegiatan positif yang kamu lakukan dalam sehari. Tabel kedua berisi catatan kesalahan.

Jila kamu melakukan perbuatan baik, kamu berhak mendapatkan tanda jempol () pada tabel kebaikan. Misalnya, kamu baru saja membantu ibu menyapu lantai. Kamu dapat menulis sendiri dan membubuhkan tanda bintang.
Begitu pula dengan kesalahan. Catatlah kesalahan yang kamu perbuat dan berilah tanda sedih( 襤 ).
Mintalah bantuan orang tuamu untuk mengamati. Di akhir pekan, hitunglah jumlah bintang dan tanda sedih. Bandingkanlah, berapa banyak kamu berbuat kebaikan dan berapa banyak kamu berbuat kesalahan. Dengan demikian, kamu akan bisa mengontrol perilakumu.
Catatan Harianku
Kebaikan yang KuperbuatKesalahan yang Kuperbuat
Menyapu lantaiLupa beribadah襤
Makan siangKetiduran di depan televisi襤
Membersihkan kamarLupa menyapu halaman襤
Belajar dengan tekunLupa mengerjakan tugas襤
Menolong temanLupa makan siang襤
Membantu ibu memasakLupa mengangkat jemuran襤
Membantu ayahLupa membawa buku pelajaran襤

Masih ingatkah unsue-unsur pidato ? berikut adalah contoh rancangan teks pidato
Rancangan Teks Pidato
Unsur PidatoKeterangan
Topik"Bermusyawarah untuk kepentingan bersama"
Salam PembukaBerisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan lain-lain)
PendahuluanMemaparkan topik permasalahan yang akan dibahas. Pidato kali ini akan membahas topil Bermusyawarah untuk kepentingan bersama
IntiBerisikan pembahasan topik secara lengkap mengenai musyawarah. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan ymusyawarah  Keterangan lengkap tentang topik disampaikan secara rinci.
PenutupPenyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan
Salam PenutupBerisikan kalimat salam penutup seperti ‘terima kasih’.


Matematika

1. Seekor semut terjatuh ke dalam lubang sedalam 50 cm. Semut tersebut berhasil naik 40 cm dari dasar lubang. Namun semut tersebut kembali jatuh 20 cm. Berapakah jarak semut tersebut dari permukaan atas lubang? 
 
2. Suhu di daerah kutub utara bumi sangat dingin. Suhu di luar rumah (-12)° C. Dengan menggunakan penghangat ruangan, suhu di dalam rumah 4°C. Berapa selisih suhu di luar ruangan dengan di dalam ruangan?
 
3.  Fitra melakukan percobaan di laboratorium. Sebongkah batu yang bersuhu -6℃ dipanaskan rata-rata kenaikan suhu 3℃ setiap 2 menit. Jika batu tersebut dipanaskan selama 16 menit, berapa suhu akhir yang dicapai batu
 
4. Bu Nisa memiliki persediaan 210 buku tulis. Ia membeli lagi 24 pak buku tulis. Setiap 1 pak berisi 10 buku tulis. Buku tersebut dibagikan kepada 5 tempat panti asuhan dengan jumlah yang sama. 
Banyak buku yang diterima setiap panti adalah....
 
5. Santi membeli selusin gelas dengan harga Rp17.000,00 per gelas. Kemudian ia membeli 19 gelas lagi dengan harga Rp34.000,00 per gelas. Berapakah uang yang harus dibayarkan untuk gelas-gelas tersebut?
6. Hasil operasi hitung bilangan bulat dari 1.325 – 125 : 5 x 16 adalah …. 
 
7. Semangkuk es krim mempunyai suhu 9ºC di bawah nol. Setelah dikeluarkan dalam frezzer dan didiamkan beberapa saat suhunya menjadi 11ºC. Berapa kenaikan suhu pada semangkuk es krim tersebut?
 
8. Kamila mengikuti sebuah lomba Olimpiade Matematika SD. Panitia lomba membuat sebuat aturan bahwa setiap jawaban yang dijawab benar diberi nilai 5, jawaban yang salah diberi nilai -2 dan tidak dijawab diberi nilai -1. Apabila dari 50 soal Kamila bisa menjawab benar 32 soal dan tidak menjawab 5 soal, maka berapa nilai yang di dapat Kamila dalam lomba Olimpiade Matematika SD tersebut?

9. Air teh di dalam sebuah gelas mempunyai suhu sebesar 21ºC. Kemudian air teh tersebut masukkan ke dalam frezzer sehingga turun suhunya sebesar 16ºC.  Setlah itu air teh tersebut dikeluarkan dan didiamkan beberapa saat. Ternyata suhu air teh tersebut naik 3ºC ditiap 12 menit. Apabila air teh tersebut didiamkan dalam waktu 1 jam, maka berapa suhu air teh tersebut sekarang?
 
10.  Hasil operasi bilangan bulat dari 54 : (25 – 7) + 75 : (-15) adalah …. 
 
 
Semoga bermanfaat...... 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024