Kamis, 9 Oktober 2025


Hari/Tanggal                      : Kamis, 9 Oktober 2025

Muatan Pelajaran 
1. Bahasa Indonesia         : Buku Jendela Dunia

2. Seni Budaya                  : Prinsip Ritme dalam Seni Rupa

Model Pembelajaran         : Kooperative Learning, PjBL

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

3.      Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

4.      Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA

1.      Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat mengidentifikasi teks deskripsi, membuat gambar sesuai prinsip ritme dalam seni rupa
   
  Bahasa Indonesia

  1. Teks yang berisi penggambaran suatu objek, tempat, atau suasana secara rinci agar pembaca dapat membayangkannya disebut...
a. Teks narasi
b. Teks deskripsi
c. Teks eksposisi
d. Teks prosedur

2. Salah satu ciri teks deskripsi adalah melibatkan seluruh panca indera dalam penjelasan. Hal ini bertujuan agar...
a. Pembaca dapat mengerti informasi dengan cepat
b. Pembaca seolah-olah merasakan pengalaman yang digambarkan
c. Pembaca dapat menemukan solusi masalah
d. Pembaca dapat membuat ringkasan dari teks

3. Struktur teks deskripsi yang berisi gambaran umum tentang objek yang akan dijelaskan disebut...
a. Deskripsi bagian
b. Simpulan/kesan
c. Identifikasi
d. Judul

4. Perhatikan kutipan berikut: "Pagi itu, langit di atas Danau Toba sangat cerah. Airnya biru jernih, dan perbukitan hijau mengelilingi danau itu." Kutipan di atas bertujuan untuk...
a. Memberikan informasi tentang suatu tempat
b. Menggambarkan suasana dan keindahan danau
c. Meminta pembaca untuk datang ke danau
d. Mengajarkan cara mendeskripsikan objek

5. Manakah dari kalimat berikut yang merupakan ciri teks deskripsi yang bersifat subjektif?
a. Paman memiliki rambut hitam lurus.
b. Kuda itu berlari kencang melintasi padang rumput.
c. Rumah nenek sangat rapi dan bersih.
d. Taman bunga ini adalah surga dunia.


Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 


See You Tomorrow

  
  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senin, 5 Mei 2025/ daring

Selasa, 06 Mei 2025