Kamis, 02 Oktober 2025

 

Hari/Tanggal                              : Kamis, 2 Oktober 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Bahasa Indonesia         : Buku Jendela Dunia

2. Seni Budaya                  : Prinsip Ritme dalam Seni Rupa

Model Pembelajaran         : Kooperative Learning, PjBL

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

3.      Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

4.      Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA

1.      Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat mengidentifikasi struktur teks narasi, membuat gambar sesuai prinsip ritme dalam seni rupa
   
  Bahasa Indonesia
Teks Narasi
  
            Teks narasi adalah sebuah karangan yang menceritakan atau mengisahkan suatu peristiwa atau kejadian secara runtut berdasarkan urutan waktu (kronologis). Peristiwa yang diceritakan dapat berupa kisah nyata, fiksi, atau gabungan keduanya.
Tujuan utama teks narasi adalah untuk menghibur pembaca dan menyampaikan pesan moral. Teks ini dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti novel, cerpen, dongeng, biografi, dan cerita inspiratif.
Ciri-ciri teks narasi
  • Mengisahkan suatu peristiwa: Fokus pada kejadian atau konflik yang dialami tokoh.
  • Disusun secara kronologis: Peristiwa diceritakan berurutan dari awal hingga akhir.
  • Memiliki tokoh atau pelaku: Ada karakter yang terlibat dalam cerita.
  • Memiliki latar: Mengandung keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana. 


Contoh teks narasi '

Rimba Raya adalah sebuah hutan yang sangat lebat dan misterius. Konon, di tengah Rimba Raya terdapat sebuah pohon beringin raksasa yang dijaga oleh seekor naga sakti. Naga itu dikenal sebagai penjaga keseimbangan alam. Namun, suatu hari, sekelompok penebang kayu ilegal datang. Mereka mengabaikan peringatan penduduk desa yang takut akan murka sang naga. Dengan peralatan canggih, mereka berhasil menebang pohon beringin itu. Malamnya, badai dahsyat dan gempa bumi melanda desa, menghancurkan banyak rumah. Para penebang itu kocar-kacir, menyadari bahwa yang mereka tebang bukan hanya pohon, tetapi juga harapan dan kedamaian mereka. Desa yang damai kini harus menghadapi alam yang murka akibat keserakahan manusia.
 Latihan 
Sejak kecil, Boni dan Lili adalah sepasang sahabat. Rumah mereka hanya dipisahkan oleh sungai kecil. Setiap pagi, mereka menyeberangi sungai bersama-sama untuk berangkat ke sekolah. Mereka juga sering menghabiskan waktu sore dengan bermain di bawah pohon beringin tua. Namun, suatu hari, persahabatan mereka diuji. Seekor anjing galak tiba-tiba mengejar Boni saat sedang menyeberangi sungai. Boni ketakutan dan tidak bisa bergerak. Lili yang melihat kejadian itu, tanpa ragu, mengambil batu dan melemparkannya ke anjing tersebut hingga anjing itu lari menjauh. Sejak saat itu, mereka semakin menyadari betapa berharganya persahabatan mereka.
Soal pilihan ganda
    1. 1. Berdasarkan kutipan cerita di atas, siapakah tokoh utamanya?
      A. Boni dan Lili
      B. Boni
      C. Lili
      D. Boni dan anjing galak
    2. 2. Di mana latar tempat cerita tersebut terjadi?
      A. Di bawah pohon beringin tua
      B. Di pinggir sungai
      C. Di dekat rumah Boni dan Lili
      D. Di sungai dan di bawah pohon beringin tua
    3. 3. Masalah atau konflik yang terjadi dalam cerita tersebut adalah...
      A. Boni dan Lili tidak bisa menyeberangi sungai.
      B. Boni ketakutan karena dikejar anjing galak.
      C. Lili melempar anjing galak dengan batu.
      D. Persahabatan Boni dan Lili diuji.
       
    4. 4. Teks yang menceritakan rangkaian peristiwa secara berurutan disebut...
    5. A. Teks deskripsi 
    6. B. Teks narasi 
    7. C. Teks eksplanasi 
    8. D. Teks prosedur 

    9. 5. Bagian dalam teks narasi yang berisi pengenalan tokoh dan latar cerita disebut...
    10. A. Komplikasi 
    11. B. Resolusi 
    12. C. Orientasi 
    13. D. Koda 

    14. 6. .Yang bukan termasuk contoh jenis teks narasi adalah...
    15. A. Cerpen 
    16. B. Novel 
    17. C. Biografi 
    18. D. Warta berita (berita langsung) 
    19.  
    20. 7. Berikut adalah ciri-ciri teks narasi, kecuali...
    21. A. Menunjukkan suatu kejadian disertai tindakan dan konflik. 
    22. B. Menggunakan urutan waktu secara jelas. 
    23. C. Menggunakan bahasa kiasan. 
    24. D. Menyampaikan informasi secara fakta tanpa rangkaian kejadian.

    25. 8. Dalam sebuah teks narasi, informasi tentang tempat dan waktu kejadian disebut...
    26. A. Tema                     B. Alur              c. Latar                      D. Penokohan 

    27. 9. Perhatikan kutipan cerita berikut!
    28. "Pagi itu, Rino dan Bayu berencana pergi memancing di sungai dekat desa mereka. Mereka membawa pancing dan bekal makanan seadanya." Kutipan di atas merupakan bagian dari struktur teks narasi yang disebut... 
    29. A. Komplikasi             B. Orientasi               C. Resolusi               D. Koda 

    30. 10. Tujuan utama teks narasi adalah...
    31. A. Memberi perintah kepada pembaca. 
    32. B. Memberikan informasi, hiburan, dan pengetahuan bagi pembaca. 
    33. C. Menjelaskan suatu proses secara rinci. 
    34. D. Menggambarkan suatu objek atau keadaan secara detail. Jawaban
    35.   
 Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 


See You Tomorrow

  
  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senin, 5 Mei 2025/ daring

Selasa, 06 Mei 2025