Kamis, 02 Oktober 2025
Hari/Tanggal : Kamis, 2 Oktober 2025
Muatan Pembelajaran :
1. Bahasa Indonesia : Buku Jendela Dunia
2. Seni Budaya : Prinsip Ritme dalam Seni Rupa
Model Pembelajaran : Kooperative Learning, PjBL
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
3. Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.
4. Elemen Menulis
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
1. Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
- Mengisahkan suatu peristiwa: Fokus pada kejadian atau konflik yang dialami tokoh.
- Disusun secara kronologis: Peristiwa diceritakan berurutan dari awal hingga akhir.
- Memiliki tokoh atau pelaku: Ada karakter yang terlibat dalam cerita.
- Memiliki latar: Mengandung keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana.
- 1. Berdasarkan kutipan cerita di atas, siapakah tokoh utamanya?
A. Boni dan Lili
B. Boni
C. Lili
D. Boni dan anjing galak - 2. Di mana latar tempat cerita tersebut terjadi?
A. Di bawah pohon beringin tua
B. Di pinggir sungai
C. Di dekat rumah Boni dan Lili
D. Di sungai dan di bawah pohon beringin tua - 3. Masalah atau konflik yang terjadi dalam cerita tersebut adalah...
A. Boni dan Lili tidak bisa menyeberangi sungai.
B. Boni ketakutan karena dikejar anjing galak.
C. Lili melempar anjing galak dengan batu.
D. Persahabatan Boni dan Lili diuji. - 4. Teks yang menceritakan rangkaian peristiwa secara berurutan disebut...
- A. Teks deskripsi
- B. Teks narasi
- C. Teks eksplanasi
- D. Teks prosedur
- 5. Bagian dalam teks narasi yang berisi pengenalan tokoh dan latar cerita disebut...
- A. Komplikasi
- B. Resolusi
- C. Orientasi
- D. Koda
- 6. .Yang bukan termasuk contoh jenis teks narasi adalah...
- A. Cerpen
- B. Novel
- C. Biografi
- D. Warta berita (berita langsung)
- 7. Berikut adalah ciri-ciri teks narasi, kecuali...
- A. Menunjukkan suatu kejadian disertai tindakan dan konflik.
- B. Menggunakan urutan waktu secara jelas.
- C. Menggunakan bahasa kiasan.
- D. Menyampaikan informasi secara fakta tanpa rangkaian kejadian.
- 8. Dalam sebuah teks narasi, informasi tentang tempat dan waktu kejadian disebut...
- A. Tema B. Alur c. Latar D. Penokohan
- 9. Perhatikan kutipan cerita berikut!
- "Pagi itu, Rino dan Bayu berencana pergi memancing di sungai dekat desa mereka. Mereka membawa pancing dan bekal makanan seadanya." Kutipan di atas merupakan bagian dari struktur teks narasi yang disebut...
- A. Komplikasi B. Orientasi C. Resolusi D. Koda
- 10. Tujuan utama teks narasi adalah...
- A. Memberi perintah kepada pembaca.
- B. Memberikan informasi, hiburan, dan pengetahuan bagi pembaca.
- C. Menjelaskan suatu proses secara rinci.
- D. Menggambarkan suatu objek atau keadaan secara detail. Jawaban
- 1. Berdasarkan kutipan cerita di atas, siapakah tokoh utamanya?
Komentar
Posting Komentar