Kamis, 24 Ju;li 2025

 


Hari/Tanggal                              : Kamis, , 24 Juli 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Bahasa Indonesia         : Aku yang Unik

2. Seni Budaya                  : Mengenal Unsur Seni Rupa

Model Pembelajaran         : Kooperative, Demonstrasi

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

3.      Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

4.      Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA

1.      Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
        
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat mengidentifikasi sinonim dan antonim dan mengenal unsur seni rupa yang terdapat dalam objek di lingkungan sekitar. 
   
   Bahasa Indonesia

 Kerjakan latihan berikut!



   


   Seni Budaya
Unsur Seni Rupa


Unsur-unsur seni rupa adalah elemen dasar yang membangun sebuah karya seni rupa, baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Unsur-unsur ini meliputi titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, ruang, dan gelap terang. 


KESIMPULAN
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, Para murid antusias mengikuti pembelajaran. Murid dapat memahami dengan baik materi tentang sinonim dan antonim. Dari 27 murid masih terdapat  5 murid yang masih perlu diberikan pendalaman materi tentang sinonim dan antonim. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senin, 5 Mei 2025/ daring

Selasa, 06 Mei 2025