Selasa, 3 Oktober 2023

                               


                                     

Hari/Tanggal                        : Selasa, 3 Oktober  2023

Muatan  Pembelajaran      :  

1. IPAS                                : Wujud Benda dan Perubahannya

2. Pend. Pancasila             : Membangun Jati diri dalam kebhinekaan

4. Bahasa Indonesia          : lihat sekitar 

Capaian Pembelajaran IPAS

1.  Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia  (panca indra)

2.   Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup

3. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:

1.    Mengenali karakteristik fisik dan non-fisik orang dan benda yang ada di lingkungan sekitarnya. 

2. Memahami bahwa kebinekaan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia

Si    1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

                                                 

Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : peserta didik dapat menidentifikasi keragaman budaya di Indonesia, mengetahui pengertian perubahan wujud benda, mengidentifikasi macam-macam perubahan wujud benda, dan mampu menjelaskan denah

IPAS


kerjakan soal berikut!

1. Kegiatan yang menunjukkan adanya pemanfaatan perubahan wujud mencair adalah ….

A. menjemur pakaian di bawah sinar matahari
B. memanaskan mentega saat akan memasak
C. meletakkan bensin di tempat terbuka
D. pembuatan es kering

2. Munculnya titik-titik air di bagian luar gelas ketika gelas diisi air es menunjukkan peristiwa ….

A. mengembun
B. mencair
C. membeku
D. menguap

3. Kegiatan yang memanfaatkan perubahan wujud membeku adalah ….

A. menjemur pakaian di bawah terik matahari
B. penggunaan es kering dalam pertunjukan
C. pembuatan garam dapur
D. pembuatan agar-agar

4. Kegiatan berikut yang memanfaatkan perubahan wujud menyublim adalah ….

A. menjemur pakaian basah agar menjadi kering
B. memanaskan mentega untuk memasak
C. meletakkan kamper di almari agar pakaian harum
D. memasukkan air dalam freezer

5. Kamper yang diletakkan di toilet lama kelamaan menjadi mengecil. Peristiwa ini menunjukkan terjadinya perubahan wujud ….

A. menguap                        B. membeku            C. menyublim                D. mengkristal

jelaskan perubahan wujud benda berikut!





Pendidikan pancasila

Pendidikan Pancasila

simaklah video berikut!

Arti Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Semboyan Bhinneka tunggal ika berasal dari bahasa Sansakerta. Semboyan ini diambil dari sebuah kalimat yang terdapat dalam buku Sutasoma karya Mpu Tantular pada zaman kerajaan Majapahit. Kalimat tersebut sebenarnya tidak hanya terdiri dari tiga kata, tetapi lebih panjang. Kalimat lengkapnya adalah Bhinneka tunggal ika, tan hana dharma mangrwa yang artinya adalah meskipun kita berbeda-beda, kita tetap satu jua, tidak ada hukum yang mendua.

BAHASA INDONESIA









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024