Selasa, 10 Oktober 2023

 

Hari/Tanggal                        : Selasa, 10 Oktober  2023

Muatan  Pembelajaran      :  

1. IPAS Bab 3                      : Gaya di Sekitar KIta

2. Pend. Pancasila             : Membangun Jati diri dalam kebhinekaan

4. Bahasa Indonesia          : lihat sekitar 

Capaian Pembelajaran IPAS

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup. Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energy serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. 

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:

1.    Mengenali karakteristik fisik dan non-fisik orang dan benda yang ada di lingkungan sekitarnya. 

2. Memahami bahwa kebinekaan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia

Si    1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

                                                 

Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : peserta didik dapat Mengidentifikasi ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari., memanfaatkan gaya tersebut untuk membantu manusia mengatasi tantangan dalam kehidupan sehari-hari.mengidentifikasi keragaman budaya di Indonesia, membahas soal soal persiapan STS.

Pertemuan kali ini akan membahas tentang gaya, mari kita simak video berikut ini!


Gaya pada suatu benda dapat mengakibatkan benda diam menjadi bergerak, mengubah arah gerak, mengubah kecepatan, mengubah benda bergerak jadi diam dan megubah bentuk benda.

Pengaruh gaya terhadap benda:

 1. Dapat Mengubah Bentuk Benda

 2.  Dapat Mempengaruhi Benda Menjadi Bergerak
 3. Dapat Mempengaruhi Gerak Benda Menjadi Diam
 4. Dapat Mempengaruhi Kecepatan Gerak Benda
 5. Dapat Mengubah Arah Gerak Suatu Benda

simaklah video berikut!


Arti Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Semboyan Bhinneka tunggal ika berasal dari bahasa Sansakerta. Semboyan ini diambil dari sebuah kalimat yang terdapat dalam buku Sutasoma karya Mpu Tantular pada zaman kerajaan Majapahit. Kalimat tersebut sebenarnya tidak hanya terdiri dari tiga kata, tetapi lebih panjang. Kalimat lengkapnya adalah Bhinneka tunggal ika, tan hana dharma mangrwa yang artinya adalah meskipun kita berbeda-beda, kita tetap satu jua, tidak ada hukum yang mendua.


1.  Ibu membeli sayuran di pasar.
Objek pada kalimat di atas adalah ….
a. ibu
b. membeli
c. sayuran
d. pasar

2. Perhatikan kalimat berikut ini!
(1) Penonton tertawa.
(2) Polisi menangkap pencuri.
(3) Petani menanam padi.
(4) Kepala sekolah berpidato.
Kalimat transitif ditunjukkan oleh kalimat nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)

3. Kalimat berikut merupakan kalimat intransitif adalah ….
a. Adik berteriak karena ketakutan.
b. Ibu menuang jus ke gelasku.
c. Amanda dapat memukul bola kasti itu hingga jauh.
d. Ayah membuat rak buku dari kayu

4. Ibu menanam bunga mawar tadi pagi.
Pola kalimat di atas yang benar adalah ….
a. S – P – 0 – K 
b. K – S – P – 0 
c. S – P – K – O
d. O – P – S – K

5. Kata-kata sulit yang ditemukan pada sebuah teks dapat dicari artinya di ….
a. Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia
b. Buku Pedoman Penentuan Istilah
c. Kamus Bahasa Inggris-Indonesia
d. Kamus Besar Bahasa Indonesia

6. Perhatikan cerita berikut ini!
    Dengan tertatih-tatih seorang nenek tua berjalan menelusuri danau yang kekeringan. Dilihatnya ikan-ikan menggelepar-gelepar kekurangan air. Kemudian, nenek itu mengambil ikan-ikan dan membawanya ke tempat yang terdapat air. Tak disangka, ikan itu berkata, "Nenek yang baik, kau telah menolongku dengan ikhlas. Sekarang ambillah emas ini untuk hidupmu sehari-hari." Nenek itu terperanjat penuh gembira.
Karakter nenek dalam penggalan cerita di atas adalah ....
a. jujur
b. suka menolong
c. suka berbohong
d. sombong
 
7. Perhatikan dua kalimat berikut!
(1) Nindi suka makanan manis.
(2) Ratna suka makanan pedas.
Konjungsi yang tepat untuk menggabungkan kalimat di atas adalah ….
a. ketika
b. kemudian
c. sedangkan
d. lalu


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024