Selasa, 5 September 2023

                              

Hari/Tanggal                        : Selasa, 5 September  2023

Muatan  Pembelajaran      :  

1. IPAS                                : Wujud Benda dan Perubahannya

2. Pend. Pancasila             : Konstitusi dan Norma di Masyarakat

4. Bahasa Indonesia          : di bawah atap

Capaian Pembelajaran IPAS

1.  Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia  (panca indra)

2.   Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup

3. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:

1.    Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru.

2.    Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

3. Peserta didik melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia

Si    1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

                                                 

Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : Peserta didik dapat mengidentifikasi materi dan memahami perbedaan  massa, dan volume, menjelaskan musyawarah dan cara menyampaikan pendapat yang baik, memahami kalimat majemuk. 

Simak video berikut!

Berdasarkan video di atas, apa yang kamu ketahui tentang:
1. Materi
2. Massa
3. Volume
4. Perbedaan massa dan vo.lume?

 Jawab
1. Materi adalah segala sesuatu punya massa dan menempati ruang.
2. Massa adalah besaran dari suatu benda yang dikumpulkan
3. Volume adalah ukuran banyaknya jumlah zat dan biasanya. Volume juga bisa digunakan untuk benda padat, cair, atau pun gas. 
Volume digunakan untuk mengukur banyaknya zat cair, contohnya air, minuman, oli dan lain sebagainya  menjadi satu.

Satuan massa yang digunakan dalam Sistem Satuan Intenasional (SI) adalah kilogram atau kg. Untuk menghitung suatu berat benda perlu menggunakan massa.

4. massa digunakan untuk membantu menghitung berat suatu benda.

Sedangkan volume akan lebih banyak digunakan untuk menghitung isi suatu benda.


Pancasila



  1. Apa saja yang harus kita perhatikan ketika menyampaikan pendapat dalam kegiatan musyawarah?
  2. Apa akibat yang akan terjadi apabila setiap peserta musyawarah tidak mamatuhi aturan ketika menyampaikan pendapat?
  3. Siswa kelas IV sedang melaksanakan musyawarah yang dipimpin oleh Nanda sebagai ketua kelas. Mereka bermusyawarah mengenai jenis kesenian yang akan ditampilkan ketika pentas seni sekolah. Tono mengusulkan untuk menampilkan pertunjukkan teater/drama yang menceritakan tentang perjuangan para pahlawan. Akan tetapi, usulan Tono tersebut tidak disetujui oleh sebagian besar siswa kelas IV karena pertunjukkan teater/drama memerlukan waktu latihan yang cukup lama. Sedangkan, kegiatan Pentas Seni tinggal 4 hari lagi. Akhirnya, disepakati bahwa siswa kelas IV akan bernyanyi bersama dalam kegiatan tersebut dan Tono pun ikut menyetujuinya. Berdasarkan cerita tersebut, bagaimana penilaian kalian terhadap sikap yang ditampilkan oleh Tono yang menyetujui kesepakatan musyawarah kelas?

Jawaban:

  1. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika menyampaikan pendapat:
    a. Disampaikan dengan jelas
    b. Tidak menyinggung perasaan orang lain
    c. Tidak memotong pembicaraan orang lain
    d. Tidak bertele-tele
    e. Tidak memaksakan pendapatnya kepada orang lain
  2. Musyawarah akan sulit mencapai kesepakatan, dan sangat mungkin akan
    menyebabkan terjadinya perselisihan.
  3. Sikap Tono itu sudah sesuai dengan nilai Pancasila terutama sila
    keempat, yaitu Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam
    Permusyawaratan Perwakilan

Bahasa Indonesia
Simak dan tonton video berikut!


konjungsi adalah kata penghubung atau sambung dalam suatu kalimat, baik secara lisan maupun tulisan. Secara umum, konjungsi adalah kata yang bertugas untuk menghubungkan satu kata dengan kata lainnya agar saling berkesinambungan.

Kalimat majemuk setara sejalan atau setara menggabungkan

1. Ibu pergi berbelanja dan ayah berangkat bekerja.

2. Suasana riuh di dalam kelas terhenti ketika kepala sekolah datang.

3. Bayi mungil itu tertidur pulas ketika berada dalam gendongan ibunya.

4. Petugas kebersihan sudah sibuk membersihkan saluran air sebelum memasuki musim hujan.

5. Andi membaca surat itu kemudian menangis tersedu-sedu.

 

Kalimat majemuk setara berlawanan atau pertentangan

1. Anak itu tidak pandai belajar matematika, tetapi dia sangat mahir berbahasa Inggris.

2. Ia sudah bolak balik berobat, namun sakit yang di deritanya tak kunjung sembuh.

3. Bapak Andi bukanlah seorang pengusaha, melainkan seorang karyawan swasta.

4. Ani sangat menyukai warna putih sedangkan Ina lebih menyukai warna merah.

5. Satpam perumahan itu menangkap pencuri, mengintrogasinya, kemudian membawanya ke kantor polisi.


 Kerjakan soal berikut!

a. Lila sebenarnya anak pintar.
b. Lila malas belajar.

Kalimat majemuk di atas jika digabungkan dengan tepat menjadi…..

a. Tulisan Rahma tidak rapi.
b. Bila masih bisa membacanya dengan baik.

Gabungan kalimat majemuk bertingkat dari dua kalimat di atas yang tepat yaitu….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024