Kamis, 14 September 2023

                                  

Hari/Tanggal                       : Kamis, 14 September 2023

Kegiatan  Pembelajaran    :  P5 ( Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)



Apa kabar anak-anak bu guru yang sholih dan sholihah.....

Semoga semuanya sehat walafiyah ya....

Anak-anak, hari ini kita bertemu kembali dalam kegiatan P5 

Tujuan Kegiatan P5 kali ini adalah peserta didik dapat berkreasi dalam membuat pembatas buku yang bercorak batik..

Anak-anak sebelum kita mulai kegiatan P5, mari kita buka dengan membaca basmalah dan berdoa, semoga  kegiatan P5 hari ini berjalan lancar, menyenangkan dan menjadikan kalian siswa siswi yang memiliki karakter sesuai dimensi P5 

Anak sholih sholihah

Membaca buku penting untuk menambah wawasan tapi merawat buku juga tidak kalah penting. Harus disimpan di tempat yang benar, membersihkan dengan menyingkirkan debu secara rutin, dan jangan mencoret atau melipat buku meskipun untuk memberi penanda bacaan.

Apa itu Pembatas Buku?

Pembatas buku atau dalam bahasa Inggris disebut bookmark adalah suatu tanda yang digunakan untuk menandai lokasi terakhir halaman yang kamu baca atau bisa juga sengaja kamu tandai untuk kepentingan tertentu. Umumnya orang menggunakan seutas tali, seperti pita untuk menandai halaman. Ada pula yang melipat ujung kertas. 

Daripada menandai dengan seutas tali atau melipat ujung kertas, kamu bisa mengkreasikan pembatas buku kamu dengan bentuk-bentuk yang lebih kreatif. Kamu bisa membeli atau membuatnya sendiri.

Kamu bisa mencoba kreasi pembatas buku yang unik-unik dan mudah di buat di bawah ini. Berikut cara membuat kreasi pembatas buku.


 Pembatas Buku Geometri

  • Karton BW ukuran 30x30 cm.
  • Gunting.
  • Penggaris.
  • Pita.
  • Lem.
  • Pensil.
  • Perforator atau pembolong kertas.

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama siapkan kertas karton, kemudian ukur sesuai dengan panjang buku atau yang diinginkan menggunakan penggaris dan tandai dengan pensil.
  2. Lalu gunting menjadi persegi panjang. Kemudian pada salah satu sisi kanan maupun kiri, gunting agar berbentuk segitiga di bagian ujung.
  3. Kemudian bentuk geomteri sesuai dengan yang diinginkan, kemudian temple menggunakan pita dan lem agar memberikan tampilan yang cantik.
  4. Kamu dapat mengulangi beberapa pita pada pembatas buku agar lebih menarik, kemudian pada satu sisi yang tidak dibentuk segitiga bolongi dengan alat perforator.
  5. Tambahkan tali pita pada ujung kertas yang bolong.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024