Tujuan pembelajaran : Siswa mampu menyelesaikan soal cerita dengan benar, menyebutkan informasi
penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemu yang mengubah dunia
dengan sistematis, dan mampu mengidentifikasi contoh
manfaat hak dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak sholih sholihah dan
keluarganya selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan selalu dalam
lindungan Allah SWT.
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan
murojaah, dan duha.
Setelah duha, marikitabersiap memulai pembelajaranhariini.Mintalah bantuankepada bunda/ mama untukmendampingiAnandaselamamelakukankegiatanpembelajaranya!
Hari ini Ananda akan belajar matematika tentang menyelesaikan masalah sehari-hari berkaitan dengan operasi hitung campuran pecahan .
Tonton dan simak terlebih dahulu video beikut ini
Bagaimana penjelasan materi pada video di atas, mudah-mudahan bisa dimengerti ya. sekarang untuk mengetahui sejauh mana Ananda memahami materi hari ini, silakan kerjakan soal berikut ini
1. Bu Yanti mempunyai persediaan tepung terigu sebanyak 4,25 kg. Tepung tersebut digunakan
untuk membuat dua adonan kue. Satu adonan kue memerlukan 1,4 kg tepung terigu. Bu Yanti
membeli lagi tepung terigu sebanyak 1,5 kg. Berapa persediaan tepung terigu Bu Yanti sekarang?
Jawab :
2. Panjang kawat Bu Wati 12 m. Sebanyak 2/3 bagian dari kawat tersebut
digunakan untuk membuat tali jemuran. Jika setengah dari sisa kawat
digunakan untuk mengikat tanaman, berapa panjang tali yang digunakan
untuk mengikat tanaman ?
Jawab :
Setelah menyelesaikan latihan matematika, kirimkan segera jawaban Ananda ke Bu Guru ya. Nah anak sholih sholihah sekarang Ananda lanjutkan pembelajaran tematik hari
ini yaitu Tema 3 Tokoh dan penemuan, Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia, Pembelajaran 4.
Baiklah anak-anak sholihah. masih ingatkah Ananda tentang pembelajaran sebelumny. Bu Guru ingatkan kembali materi pembelajaran bahasa indoensia tentang teks eksplanasi
Teks Eksplanasi Ilmiah
Teks eksplanasi ilmiah
adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu
pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus
listrik, dan sebagainya.
Teks eksplanasi
berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses
terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebab akibat.
Teks
eksplanasi terdiri atas:
1. pernyataan umum (pembukaan)
2. deretan penjelas
(isi)
3. penutup (kesimpulan).
Bagian
pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan
dibicarakan/diinformasikan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian
atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan
dijelaskan secara bertahap/berurutan. Bagian penutup adalah kesimpulan
yang berisi interpretasi/pendapat singkat penulis tentang topik yang
dijelaskan.
Baiklah Anak
sholih sholihah langsung saja Ananda tonton dan simak video pembelajaran 4 berikut ini
Pernahkah
terbayang olehmu hidup tanpa penerangan? Setelah Matahari terbenam,
tentu akan sulit melakukan kegiatan di luar rumah karena lingkungan yang
gelap gulita. Kegiatan di dalam rumah mungkin juga terbatas. Kita patut
mensyukuri salah satu penemuan besar yang mengubah dunia. Penemuan bola
lampu pijar oleh Thomas Alva Edison.
Thomas
Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Ia
tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat
bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah.
Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison
memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Di usia 11 tahun, Edison
sudah dapat membuat telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia
memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan
berbagai percobaan. Pada tahun 1861 ia dapat mencetak koran. Koran
terbitannya “Weekly Herald” laris terjual.
Ia
melihat dunia butuh penerangan. Ia menghabiskan waktu selama dua tahun
serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuan. Melalui kerja
kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama
yang dapat menyala selama 40 jam. Kegigihan Thomas Alva Edison
memberikan hal baru bagi dunia. Rasa ingin tahunya yang tinggi dan sikap
pantang menyerahnya mampu mengubah dunia menjadi lebih baik.
Berikut adalah informasi yang dapat Ananda peroleh pada teks eksplanasi di atas
Ayo Berdiskusi
Dengan ditemukannya lampu
pijar, saat ini kita dapat melakukan berbagai hal di malam hari. Seperti
yang dilakukan oleh Siti dan adiknya berikut.
Lampu Belajar Hadiah dari Ayah
Setiap
malam hari, pukul 19.00-20.00, Siti dan adiknya selalu belajar. Mereka
belajar dengan menggunakan lampu belajar. Lampu belajar itu adalah
hadiah dari ayah 6 bulan yang lalu. Ayah memberikan lampu belajar kepada
Siti dan adiknya supaya mereka giat belajar.
Siti
selalu menjaga lampu belajar miliknya. Ia mematikan ketika sudah
selesai digunakan. Ia juga membersihkannya jika kotor. Sampai saat ini
lampu belajar Siti masih dapat digunakan dengan baik. Siti terlihat
nyaman saat belajar. Berbeda dengan adik Siti yang selalu mengeluh
ketika belajar. Lampu belajarnya rusak. Lampu belajarnya rusak karena
sering tidak dimatikan. Terlihat juga banyak kotoran yang menempel
karena jarang dibersihkan.
Ayah berpesan kepada
Siti dan adiknya untuk merawat barang-barang mereka. Barang-barang yang
dirawat dengan baik tidak mudah rusak. Hal ini membuat barang-barang
tersebut dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama.
Amatilah benda-benda yang menjadi hakmu!
Apakah kamu telah menggunakannya dengan tanggung jawab?
Benda
Bagaimana kamu menggunakannya
Bagaimana kamu merawatnya
Apakah kamu sudah bertanggungjawab?
Apa Manfaatnya
Sandal
Mengunakan setiap hari
Memberishkan jika kotor
Ya
Sandal menjadi awet
Sepatu
Menggunakan sepatu ke sekolah
Mencuci jika kotor
Ya
Sepatu menjadi awet
Tas Sekolah
Mengisi tas dengan buku-buku
Mencuci jika kotor
Ya
Tas menjadi bersih dan awet
Buku Tulis
Untuk menulis pelajaran
Memberi sampul plastik
Ya
Buku menjadi aet dan tidak kotoe
Tempat tidur
Unuk istirahat
Membersihkan setiap hari
Ya
Tidu nyaman
Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang Ananda peroleh hari ini
bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru
Tetap semangat belajar di rumah ya ...always pray to Allah, keep your health, and positive thinking
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Hari/Tanggal : Selasa, 19 Maret 2024 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS Bab 6 : Indonesia Kaya Budaya 2. Pend. Pancasila : Negaraku 4. Bahasa Indonesia : Satu Titik Capaian Pembelajaran IPAS 1. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. 2.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital. Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. 2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio. 3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak
H ari/Tanggal : Rabu, 20 Maret 2024 Muatan Pembelajaran 1. Matematika : Pengukuran Volume 3. Bahasa Indonesia : Satu titik Capaian Pembelajaran Matematika Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah. Si Capaian Bahasa Indonesia Si 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. 2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio. 3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, d
Hari/Tanggal : Senin, 29 April 2024 Muatan Pembelajaran : 1. Pendidikan Pancasila : Gotong Royong 2. Matematika : Bangun Datar 3. Bahasa Indonesia : Asal Usul 4. Seni Budaya : Mengenal Tari Melalui Cerita Rakyat Capaian Pendidikan Pancasila Peserta didik mampu mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (RT, RW, desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah. Capaian Pembelajaran Matematika Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.
Terima ksh ibu guru..utk pelajaran nya hari ini🙏
BalasHapus