Ringkasan

MATERI AJAR KELAS 6

Hari/ Tanggal : Selasa,  14 Januari 2020
Tema 6           : Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 3    : Masyarakat Sejahtera Negara Kuat
PB                  : 1
Muatan           : Bahasa Indonesia, PPKN, IPS

Bahasa Indonesia
Bacalah Teks Berikut dengan saksama!
Wujud Tanggung Jawab sebagai Warga Negara 

Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia terhadap tingkah laku atau perbuatan yang dilakukan. Tanggung jawab juga berarti melakukan perbuatan sebagai perwujudan kesadaran dan kewajiban. Setiap orang memiliki tanggung jawab yang harus dilakukan. 
Sebagai warga negara, kita memiliki tanggung jawabyang harus dilakukan. Tanggung jawab sebagai warga negara dapat dipenuhi dengan melaksanakan hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban warga negara Indonesia telah tercantum dalam UUD 1945. Dengan melakukan tanggung jawab, kehidupan berbangsa akan harmonis. 

Sebagai warga negara, kita harus memahami dan mengamalkan Pancasila. Pancasila adalah dasar negara yang mengandung nilai luhur. Kita bisa mengamalkannya dengan menghargai pendapat orang lain. Menghargai pendapat adalah perwujudan sila keempat Pancasila. Memahami dan mengamalkan Pancasila adalah salah satu bentuk tanggung jawab sebagai warga negara. 

Sebagai warga negara kita juga memiliki bentuk tanggung jawab di mata internasional. Kita bertanggung jawab untuk me- melihara nama baik bangsa. Kita juga bertanggung jawab untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Selain itu, kita harus menjaga solidaritas antarsesama untuk menciptakan kehidupan yang rukun. 

Sebagai warga negara kita wajib meningkatkan wawasan kebangsaan. Tujuannya adalah untuk membina rasa kebangsaan dan meningkatkan semangat kebangsaan. Kita bisa meningkatkan wawasan kebangsaan dengan cara belajar, banyak membaca, dan memperingati hari besar nasional. Meningkatkan wawasan kebangsaan adalah salah satu perwujudan sikap tanggung jawab sebagai warga negara. 


Bentuk pelaksanaan tanggung jawab juga dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh pelaksanaan tanggung jawab adalah membayar pajak sesuai waktu yang ditentukan. Selain itu, mengikuti upacara bendera juga bentuk dari pelaksanaan tanggung jawab. Belajar dan melestarikan budaya juga merupakan pelaksanaan dari tanggung jawab. 

latihan
Setelah membaca teks berjudul Wujud Tanggung Jawab sebagai Warga Negara di atas. Tentukanlah gagasan utama setiap paragraf serta letak gagasan utama setiap paragraf!


PPKN
Bentuk Tanggung Jawab sebagai Warga Negara 

Selain mengikuti upacara kemerdekaan, kita sebagai warga negara juga memiliki tanggung jawab lain. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia untuk melaksanakan suatu perbuatan. Tanggung jawab juga dapatdiartikan sebagai keadaan seseorang untuk menanggung perbuatan yang dilakukan.

Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dilandasi dengan UUD 1945. Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara mempunyai banyak manfaat. Pelaksanaan tanggung jawab dapat mewujudkan Indonesia menjadi negara yang kuat. Ada beberapa bentuk tanggung jawab sebagai warga negara. 
Mari kita simak bentuk tanggung jawab sebagai warga negara berikut.
1. Menjaga nama baik negara. 
2. Menaati aturan yang berlaku. 
3. Menjaga ketertiban dan keamanan. 
4. Menjaga persatuan dan kesatuan. 
5. Membina solidaritas antarsesama. 
6. Mengamalkan nilai-nilai Pancasila. 
7. Meningkatkan wawasan kebangsaan. 
IPS
Upaya Menuju Masyarakat Sejahtera 
Mengikuti upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia adalah tanggung jawab kita sebagai warga negara. Saat upacara, kita mendengarkan pembacaan teks pembukaan UUD 1945. Dalam teks pembukaan UUD 1945 tercantum tujuan negara Indonesia. Salah satu tujuan negara Indonesia adalah memajukan kesejahteraan umum. 
Memajukan kesejahteraan umum berarti negara berharap agar masyarakat hidup sejahtera. Oleh karena itu, negara berupaya untuk menyejahterakan masyarakat. 
Adapun upaya yang dilakukan pemerintah untuk menuju masyarakat sejahtera adalah sebagai berikut. 
1. Meratakan pembangunan. 
2. Memperbaiki fasilitas umum. 
3. Menyelenggarakan pendidikan. 
4. Memperbanyak lapangan kerja. 
5. Memberikan fasilitas kesehatan. 
6. Memberikan jaminan keamanan. 
7. Memberikan kebebasan beragama. 
Sub Tema 3    : Masyarakat Sejahtera Negara Kuat
PB                  : 2
Muatan           : SBdP, B.Indonesia, IPA

SBdP
Jenis- Jenis Reklame
Reklame adalah media yang digunakan untuk menawarkan suatu produk kepada masyarakat. 
Reklame dibuat dengan gambar dan kata- kata yang menarik. Selain untuk menawarkan barang, reklame digunakan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan suatu produk atau jasa kepada orang lain. 

Sekarang, kita akan belajar tentang jenis-jenis reklame. 
Reklame dapat dibedakan berdasarkan tujuan pengadaan, sifat, dan media penyampaian. Mari kita simak penjelasannya dalam bagan berikut ini. 


Ayo Mengamati
Setelah mengamati reklame di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa bunyi tulisan pada papan reklame di atas?
2. Gambar apa yang terdapat pada papan reklame di atas?
3. Apakah tujuan pembuatan dan pemasangan reklame tersebut?
4. Lembaga apa yang memasang reklame tersebut? Tuliskan jawabanmu di bawah ini.

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengamati sebuah reklame serta mengetahui isi dan tujuannya. Sekarang diskusikan bersama temanmu tentang pengertian reklame secara benar. 
Bahasa Indonesia
Ayo Membaca 

Macam-Macam Reklame

Reklame adalah suatu karya seni rupa yang bertujuan untuk meng- informasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa) kepada konsumen. Reklame dibuat menarik, sehingga orang yang melihat ingin mengetahui informasi yang disampaikan, tertarik dengan ajakan yang disampaikan, dan ingin memiliki, menggunakan, atau membeli barang yang ditawarkan.
Ada bermacam-macam reklame. Ditinjau dari tujuannya terdiri dari reklame komersil dan reklame nonkomersil. Ditinjau dari sifatnya, terdiri dari reklame peringatan, reklame permintaan atau ajakan, dan reklame penerangan. Ditinjau dari jenis (media), terdiri dari reklame audio, reklame visual, dan reklame audio visual.
Reklame media visual dibagi dua jenis berdasarkan pemasangannya, yaitu reklame dalam ruang dan reklame luar ruang. Reklame dalam ruang biasanya ditempatkan di dalam gedung yang strategis dan dapat dilihat orang secara jelas. Reklame di luar ruang biasanya ditempatkan di luar gedung yang sering dilalui orang, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat. Unsur reklame media visual yaitu berupa gambar dan tulisan. Contoh reklame media visual yaitu baliho, billboard, spanduk, poster, brosur, dan katalog. Perhatikan gambar beberapa contoh reklame media visual berikut.

Ayo Berlatih

Teks di atas merupakan teks nonfiksi yang terdiri dari tiga paragraf. Setiap paragraf pada bacaan di atas memiliki gagasan utama. Apa gagasan utama pada paragraf pertama? Apa gagasan utama pada paragraf kedua? Apa gagasan utama pada paragraf ketiga? Apakah menurutmu judul dan isi bacaan sesuai? Coba ceritakan kepada teman-temanmu secara lisan.
IPA
Poster Ciri-Ciri Fisik Masa Pubertas 
Saat memasuki masa pubertas, remaja mengalami perubahan fisik. Perubahan fisik dipengaruhi oleh hormon yang dihasilkan tubuh. Remaja perempuan menghasilkan hormon esterogen. Sementara itu, remaja laki- laki menghasilkan hormon testosteron. Karena menghasilkan hormon yang berbeda, perubahan fisik yang terjadi juga berbeda. 
Ayo, kita pelajari kembali ciri-ciri masa pubertas pada laki-laki dan perempuan melalui poster berikut.
Apa nama jenis reklame media visual pada gambar di atas? Ingatkah kamu mengenai masa pubertas? Coba tuliskan kembali ciri-ciri masa pubertas anak laki-laki dan anak perempuan pada selembar kertas. Kemudian, kumpulkan hasil tulisannmu kepada gurumu.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024