Ringkasan

                                                                      MATERI AJAR
 Hari/tanggal                 : Senin, 13 Januari 2020
 Tema /subtema             : 6 / 2
 PB                                :  5 dan 6
  
Ingatkah kamu yang dimaksud masa pubertas?


Pubertas adalah tahap perkembangan dimana pada masa ini terjadi perkembangan organ reproduksi.

Pubertas secara Fisik

Pubertas secara fisik terjadi secara primer dan sekunder. Pubertas secara primer yaitu perubahan dalam tubuh meliputi perubahan hormon dan organ kelamin sedangkan pubertas secara sekunder ditandai dengan perubahan yang tampak dari luar. Kedua macam pubertas tersebut disatukan dalam ciri ciri pubertas sebagai berikut :

A. Pada Laki- Laki
Pada laki- laki perubahan fisik ini ditandai dengan beberapa hal berikut ini:
  1. Organ kelamin yang mulai berfungsi dan menghasilkan sperma dalam testis.
  2. Ereksi spontan, pada remaja laki- laki ditandai dengan pertama kali mengalami ‘mimpi basah’ yang mengeluarkan air mani dan ereksi di pagi hari tanpa disadari. Hal ini wjar dan merupakan proses yang normal pada remaja sebbagai tanda kematangan organ seksual. Seiring bertambahnya usia, ereksi spontan akan semakin jarang dan sulit terjadi.
  3. Tumbuh kumis dan jenggot, perubahan fisik mulai terjadi dengan pertumbuhan rambut di area wajah. Kumis dan jenggot juga memberikan kesan lebih dewasa dan macho pada laki- laki.
  4. Jakun mulai membesar dan tampak, yang sebelumnya belum memiliki jakun atau tidak tampak. Seiring dengan pubertas jakun menjadi tampak.
  5. Suara berubah menjadi lebih besar dan berat, suara akan menjadi lebih maskulin karena laring dan pita suara juga berkembang.
  6. Tumbuh rambut di beberapa area (ketiak, kaki, dada, organ kelamin)
  7. Otot tubuh mulai terbentuk, dengan latihan fisik yang rutin otot otot atletis pada tubuh akan mulai terbentuk.
  8. Bahu melebar melebihi panggul, pada laki- laki memiliki bahu yang bidang dan lebar.
  9. Jaringan kulit berubah, pori- pori tampak lebih besar, kulit laki laki cenderung tebal dan lebih kasar dari perempuan.
  10. Muncul jerawat, ini hal yang paling sering dialami sebagai reaksi akibat kadar hormon yang meningkat.
  11. Laki- laki tumbuh tinggi dan besar lebih cepat. Pertumbuhan secara vertikal tampak sangat cepat dalam beberapa bulan sehingga terlihat jangkung dan kurus. Namun tergantung juga pada genetik bawaan dari keluarga.
  12. Kekuatan otot bertambah, seiring dengan tubuh yang semakin tinggi dan besar kekuatan yang dimiliki juga semakin besar.
B. Pada Perempuan
  1. Organ kelamin mulai berfungsi, produksi sel telur dimulai, rahim menjadi lebih kuat dan siap membuahi.
  2. Ditandai dengan menstruasi pertama sebagai awal dari organ reproduksi yang sudah sempurna. Menstruasi merupakan proses peluruhan dinding uterus akibat kegagalan proses pembuahan.
  3. Payudara dan puting susu mulai timbul dan membesar, tubuh perempuan juga mulai membentuk indah. Lekukan badan mulai terlihat.
  4. Tumbuh rambut di beberapa area (ketiak dan organ kelamin)
  5. Suara lebih nyaring dan lembut, hal ini terjadi juga akibat remaja perempuan merasa dirinya sudah dewasa dan perlu untuk menjaga cara bicara yang lembut.
  6. Kadang kadang muncul jerawat di wajah, pada beberapa orang kondisi peningkatan kadar hormon berpengaruh pada timbulnya jerawat pada wajah. 
  7. Lebih cepat tumbuh tinggi dan besar, penyempurnaan organ reproduksi ini juga berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh secara keseluruhan sehingga tubuh bekerja lebih optimal.

Pubertas secara Psikis

Selain perubahan fisik, Salah satu Ciri- Ciri Pubertas terlihat pada perubahan psikisnya. efek dari pengeluaran hormon seksual tersebut juga mempengaruhi kondisi emosi remaja. Kondisi emosi atau psikologis ini diperlihatkan dengan tanda- tanda sebagai berikut:
  • Mencari identitas diri
  • Mulai tertarik kepada lawan jenis

  PPKn
                                                  Mengapa Harus Melaksanakan Hak?

Pemenuhan hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia. Kamu tentu sudah memahami tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Repubublik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat.

Untuk mencapai tujuan nasional, ditetapkan hak-hak dan kewajiban warga negara Indonesia dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Hak dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbang. Tidak boleh hanya melaksanakan kewajiban atau sebaliknya. Biasakan mendahulukan kewajiban daripada menuntut hak. Dengan demikian, akan tercapai kesejahteraan dan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara.

Pelaksanaan hak warga negara Indonesia merupakan hal yang penting, misalnya pelaksanaan hak dalam pemilu. Pemilu merupakan kegiatan yang memilih orang untuk mengisi jabatan politik tertentu. Keikutsertaan warga negara dalam pemilu sangat penting untuk menentukan kebijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan pemilihan secara langsung oleh rakyat diharapkan pejabat politik yang terpilih bisa melaksanakan amanah rakyat dengan menjalankan pemerintahan berdasar atas kedaulatan rakyat. Jadi kesejahteraan rakyat akan lebih diperhatikan.

BAHASA INDONESIA

Ayo Membaca

Bacalah kembali bacaan berjudul “Mengapa Harus Melaksanakan Hak?”. dengan cermat. Kemudian, jelaskan informasi penting yang terdapat pada teks nonfiksi tersebut berdasarkan rumusan gagasan utama pada setiap paragrafnya. Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan sebagai berikut.

1. Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.

2. Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.

3. Tuiskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.

4. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024