Ringkasan


Hari/Tanggal   : Senin,  9 September 2019

Tema   3          : Tokoh dan Penemuan
Sub Tema 1     : Penemuan yang Mengubah dunia
Pembelajaran : 5 (lima)
Muatan PB      : IPS, SBDP

IPS          


Dengan ditemukannya bola lampu, banyak perubahan yang terjadi pada kehidupan masyarakat. Dulu malam hari terlihat gelap karena tidak ada lampu yang menyinari. Sekarang, menjadi lebih terang dan kita dapat melakukan berbagai kegiatan di malam hari.
Coba tuliskan beberapa manfaat lampu dalam kehidupan sehari-hari :
Bacalah teks berikut ini !
Terang yng Membawa Kemudahan
Terang yang Membawa Kemudahan Kehidupan masyarakat dunia berubah dengan ditemukannya bola lampu pijar. Dahulu, sebagian besar kegiatan terpaksa berhenti setelah matahari terbenam. Penerangan di malam hari memang mungkin dilakukan dengan cahaya api, atau sejenis lampu tempel berbahan bakar minyak. Namun demikian, jenis penerangan ini tidak praktis dalam penggunaannya. Penemuan bola lampu pijar memberikan kemudahan bagi masyarakat dunia untuk memperluas cakupan kegiatannya.
Dulu minimnya penerangan di jalan membuat kegiatan harus berakhir demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kini, di kota-kota besar khususnya, kegiatan di jalan raya terus berlangsung sepanjang hari. Pengiriman barang ke berbagai kota dapat dilakukan sepanjang hari. Tokotoko buka hingga larut malam, sehingga para pekerja masih dapat berbelanja aneka kebutuhan setelah pulang bekerja. Anak-anak dimungkinkan dapat belajar dan mengerjakan tugas dengan maksimal di malam hari. Tak ada alasan bahwa gelap menghalangi keinginan membaca buku sebelum beristirahat demi menambah wawasan. Ketika berbagai kemudahan telah tersedia di depan mata, tidak ada alasan bagi manusia untuk menunda penyelesaian pekerjaannya. Tak ada alasan bagi manusia untuk berhenti mengembangkan diri.
1. Bagaimana perkembangan dari penerangan di dunia?
2. Apa saja dampak dari adanya bola lampu bagi kehidupan masyarakat?

isilah tabel dibawah ini !












Selain bola lampu, banyak sekali penemuan yang membawa perubahan bagi kehidupan masyarakat. Bagaimana perubahan kehidupan masyarakat setelah ditemukan alat-alat berikut ?


SBDP     : menyanyikan lagu daerah dengan interval yang tepat
Nyanyikan solmisasi lagu Mariam Tomong dengan nada yang tepat. Berlatihlah secara berpasangan dengan temanmu



















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024