Ringkasan



Hari/ Tanggal                      : Kamis, 5 September 2019
Tema                                  : 3 (Tokoh dan Penemuan)
Subtema                             : 1 ( Penemu Yang Mengubah Dunia)
PB                                      : 2 (dua)
Muatan PB                         : Matematika, PPKn  dan SBDP

 Matematika 
B.   Keliling Lingkaran dan Nilai Pi
Perhatikan gambaran tentang keliling lingkaran berikut.

Ali berlari-lari kecil mengelilingi taman yang berbentuk lingkaran, melalui jalan setapak melingkar yang ada di tepinya.
Keliling lingkaran diartikan sebagai panjang lintasan yang ditempuh sepanjang lingkaran dari suatu titik (misal A) dan kembali ke titik A lagi.
       Nilai perbandingan antara keliling lingkaran dengan panjang diameter akan selalu tetap (sama) untuk setiap lingkaran. Nilai perbandingan itu disebut pi (π).
       Nilai π berada antara 3,141 dan 3,142. Karena nilai π tidak dapat dinyatakan secara tepat dalam bentuk pecahan biasa maupun pecahan desimal maka sering digunakan nilai pendekatannya, yaitu 3,14 atau dalam bentuk pecahan        .
       Perhatikan nilai perbandingan antara keliling (K) dan diameter (d). Hasil yang diperoleh adalah suatu nilai tetap, yaitu π maka dapat dirumuskan 

      


Contoh
Sebuah roda sepeda motor mempunyai jari-jari 28 cm.
a. Hitunglah keliling roda tersebut.
b. Berapa jarak lintasan yang ditempuh jika roda berputar sebanyak 100 kali?
Jawab:
Diketahui  r  =  28 cm.
a.            K =  2π= 2 × 22/7 × 28 = 176
                Jadi, keliling roda tersebut adalah 176 cm.
b.            Jarak lintasan yang ditempuh sepeda motor adalah 176 cm × 100 = 17.600 cm = 176 m.


PKn

Pengertian Hak & Kewajiban
Hak adalah segala sesuatu yang semestinya kita peroleh dari orang lain.
Kewajiban adalah segala sesuatu yang semestinya kita berikan kepada orang lain guna menghormati hak orang lain.
Dalam pelaksanaanya hak dan kewajiban harus dijalankan dengan seimbang, hal ini bertujuan agar terjadi ikatan kesinambungan antar individu yang satu dengan individu yang lain, sehingga akan terciptanya hubungan timbal balik yang positif dan terwujudnya keselarasan yang harmonis antar umat manusia, disisi yang lain hal ini juga dapat memicu terciptanya persatuan dan kesatuan ditengah – tengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Contoh Hak di Lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat
(Lingkungan Keluarga)
a.   Mendapatkan kasih sayang dari anggota keluarga.
b.   Menerima nafkah baik dengan bentuk sandang, pangan, maupun papan.
c.   Terhindar dari kekerasan rumah tangga.

(Lingkungan Sekolah)
a.  Mendapatkan pengajaran yang baik dan beretika.
b. Terhindar dari perilaku yang tidak menyenangkan seperti bullying.
c.  Mendapatkan penghormatan baik sebagai guru maupun murid.

(Lingkungan Masyarakat)
a.       Mendapat kebebasan dalam menentukan kepercayaan dan tata cara beribadah.
b.      Mendapatkan haknya dalam menyampaikan pendapat.
c.       Mendapat hak untuk senantiasa dihormati layaknya manusia pada umumnya.

Contoh Kewajiban di Lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat
(Lingkungan Keluarga)
a.       Mentaati peraturan yang berlaku di Keluarga.
b.      Menghormati hak setiap anggota keluarga.
c.       Memuliakan dan menghargai kedua orangtua.

(Lingkungan Sekolah)
a.          Mengikuti pembelajaran sesuai dengan etika dan peraturan yang berlaku.
b.         Menghormati setiap komponen sekolah baik antar sesama murid, pengurus kebun, penjual kantin, hingga guru.
c.          Menjalankan kewajiban piket maupun mengerjakan tugas rumah sebaik mungkin.

(Lingkungan Masyarakat)
a.          Memberikan kebebasan kepada orang lain untuk memeluk keyakinan dan cara beribadahnya.
b.         Menjalankan amanah yang diemban dengan sebaik mungkin.
c.          Saling menjaga keamanan dan ketentraman.
d.         Kewajiban menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat.
e.         Kewajiban menghormati orang lain.
f.           Kewajiban patuh terhadap peraturan yang berlaku di masyarakat.
g.          Kewajiban selalu menjaga kebersihan di lingkungan masyarakat.
SBDP
Unsur – unsur melodi yang baik itu apabila Interval nadanya dapat dijangkau penyanyi atau alat musik. Interval Nada adalah Jarak antar satu nada dengan nada lain. Interval nada ada yang bernilai 1 dan ada pula yang bernilai setengah. Untuk interval nada mayor memiliki interval 1- 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2 ini berlaku apabila masih normal menggunakan nada do = C yaitu urutan Nadanya C - D - E - F - G - A - B - C. Lebih jelasnya anda bisa memperhatikan gambar berikut ini :




Kita juga bisa melihat interval Nada dengan menggunakan not balok.Kita akan melihat posisi nada pada garis Paranada. Bagaimana jika nada dimulai pada C Mayor dan bagaimana jika Nada dimulai dari D mayor. Jika dimulai dari D Mayor, maka Gambar Not Balok nada D dimulai dari 
Garis pertama ParaNada. kemudia spasi 1, Garis ke-2 Spasi dan seterusnya yang sudah saya terangkan dalam artikel Notasi angka dan Notasi Balok (Jenis Notasi Musik). Untuk itu sebagai bahan perbandingan dari contoh Tangga Nada D Mayor dengan Tangga Nada C Mayor dengan interval 1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2. bisa memperhatikan gambar berikut:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024