Kamis, 18 Juli 2024

 



Hari/Tanggal                       : Kamis, 18 Juli 2024

Materi 

1. Senam pagi bersama

2. Pengenalan Ekstrakulikuler dari luar

2. Games/Permainan Tradisional

4. Literasi 

5. Asesmen Diagnostik


                            

Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Hari ini akan di laksanakan pengenalan dari luas .Semoga anak-anak hari ini bisa mengikuti kegiatan  dengan lebih semangat lagi dan tetap ceriaaaaaa.

Berikut dokumentasi kegiatan MPLS 


Permainan Tradisional

1.engklek

Engklek adalah permainan tradisional anak-anak yang dimainkan di atas bidang berupa gambar delapan kotak dan satu gambar gunung

Siapa penemu permainan engklek?
Teori pertama mengatakan bahwa permainan engklek diperkenalkan pertama kali oleh Belanda saat menjajah Indonesia. Orang Belanda mengenal permainan engklek dengan nama Zondag Maandag. Kemudian nama ini dikenal oleh masyarakat setempat menjadi
Filosofi permainan engklek
Permainan tradisional engklek berdampak baik bagi pembentukan karakter anak karena anak di ajarkan untuk bersikap jujur, disiplin, saling menghargai, adil, bekerja sama dan cinta dan bangga terhadap budaya tanah air.

Apa saja manfaat dari permainan engklek?
Dengan menggunakan permainan tradisional engklek dapat melatih kemampuan anak membaca gerak tubuh, menggerakkan tubuh, melatih ketangkasan dan kelincahan anak dalam permainan, meningkatkan kemampuan komunikasi dan kemampuan menyusun strategi yang baik, melepaskan emosi anak dan melatih anak belajar berkelompok.

Cara Memainkan Engklek

1. Sebelum bermain, peserta melakukan hompimpa buat menentukan siapa yang akan maju terlebih dahulu
2. Permainan ini menggunakan alat bernama gaco, yaitu berupa potongan genteng atau batu yang pipih. Gaco dilempar pada kotak pertama. Setelahnya, pemain mulai melompat-lompat dengan satu kaki dari satu kotak ke kotak lain secara berurutan, kecuali kotak tempat gaco.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Kamis, 16 Mei 2024

Jumat, 17 Mei 2024