Jumat, 26 Juli 2024

 


Hari/Tanggal                              : Jumat, 26 Juli 2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. IPAS                              Cahaya dan  Bunyi

2. PAK                                : Mengenal PAK

Capaian  Pembelajaran IPAS

A.     CAPAIAN PEMBELAJARAN

Ø  Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; gelombang bunyi dan cahaya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; krisis energi dan upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya; sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional/digital; sejarah di provinsi tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.

Ø  Elemen Keterampilan Proses

§  Mengamati

Pada akhir fase C, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana, mencatat hasil pengamatannya, dan mencari persamaan dan perbedaannya.

§  Mempertanyakan dan Memprediksi

Dengan panduan, peserta didik mengidentifikasi pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksinya.

§  Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan Secara mandiri

Peserta didik merencanakan dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Melakukan observasi menggunakan alat bantu pengukuran sederhana.

§  Memproses, Menganalisis Data dan Informasi

Peserta didik mengolah data dalam bentuk tabel dan grafik serta menjelaskan hasil pengamatan dan pola atau hubungan pada data. Membandingkan data dengan prediksi dan memberikan alasan berdasarkan bukti.

§  Mengevaluasi dan Refleksi

Melakukan refleksi dan memberikan saran perbaikan terhadap penyelidikan yang sudah dilakukan.

§  Mengomunikasikan Hasil

Peserta didik mengomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh yang ditunjang dengan argumen dalam berbagai media.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Hari ini kita akan kembali belajar IPAS tentang cahaya.  
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengidentifikasi sifat-sifat cahaya. 
   
    IPAS
   

                   
                                        

   Sifat-sifat Cahaya
1. Cahaya merambat lurus
   Gelombang cahaya bergerak dengan arah yang lurus dan tidak dapat berbelok dengan sendirinya. Apabila cahaya mengenai suatu benda gelap (benda yang tidak dapat ditembus oleh cahaya) maka cahaya tidak akan dapat melewati benda tersebut.

2. Cahaya bisa dipantulkan
Cahaya dapat dipantulkan apabila mengenai suatu benda. Pada permukaan yang rata, arah sudut sinar datang akan sama dengan sudut sinar pantul. Namun, pada permukaan yang kasar atau tidak beraturan, sudut-sudut ini akan memiliki perbedaan. Miskonsepsi yang sering terjadi, yaitu permukaan yang tidak beraturan tidak memantulkan cahaya. Padahal, cahaya tetap dipantulkan dengan arah yang berbeda-beda.

Kemudian, pantulan cahaya ini ada yang masuk ke mata sehingga kita bisa melihat bentuk atau objek. Selain itu, miskonsepsi lainnya adalah pantulan cahaya hanya terjadi pada cermin. Semua benda memantulkan cahaya, inilah yang membuat kita bisa melihat sebuah objek. Namun, untuk melihat pantulan tersebut bisa dengan percobaan sederhana melalui cermin. Hal ini yang terkadang membuat kita mengasosiasikan cermin dengan pantulan cahaya.

3. Cahaya bisa menembus benda bening
Ketika cahaya mengenai suatu benda bening (benda yang tidak menyerap dan tidak memantulkan cahaya), maka cahaya akan menembus benda itu. Biasanya benda bening atau sering disebut benda transparan dapat meneruskan cahaya. Kita masih dapat melihat benda yang berada di balik benda bening (seperti kaca, plastik transparan, air) karena ada cahaya yang melewati benda tersebut dan ditangkap oleh mata kita.

4. Cahaya bisa dibiaskan
Serupa dengan gelombang suara, gelombang cahaya juga memiliki kecepatan rambat yang berbeda-beda pada medium yang berbeda-beda. Hal ini mengakibatkan cahaya dapat dibiaskan. Seperti contohnya ketika kita melihat sebagian sendok yang terbenam di dalam air. Jika dilihat dari atas, sendok tampak seperti patah. Hal ini akibat dari kecepatan rambat gelombang cahaya di dalam air lebih lambat dibandingkan cepat rambat gelombang cahaya di udara.

5. Cahaya bisa diuraikan
Sama halnya dengan gelombang suara, gelombang cahaya juga memiliki panjang gelombang yang berbeda-beda pula. Seperti misalnya cahaya berwarna merah memiliki panjang gelombang cahaya berwarna biru. Cahaya putih terdiri dari beberapa gelombang dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Apabila cahaya berwarna putih ini dilewatkan melalui prisma, maka setiap gelombang cahaya akan dibiaskan dan terurai menjadi beberapa cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda

LATIHAN 
Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!

Soal No.1
Perhatikan pernyataan berikut!
  1. Cahaya hanya dipantulkan oleh cermin 
  2. Air sangat diperlukan cahaya untuk bergerak
  3. Matahari satu-satunya sumber cahaya 
  4. Cahaya tidak perlu media untuk bergerak
Pernyataan yang tepat terkait perambatan cahaya ditunjukkan oleh pernyataan nomor...
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Soal No.2
Saat pagi hari, Dika melihat ada cahaya yang masuk ke kamarnya melalui kaca jendela. Peristiwa tersebut membuktikan sifat cahaya yang dapat ....
A. dipantulkan
B. diuraikan
C. menembus benda bening
D. dibiaskan

Soal No.3
Perhatikan gambar di bawah!
Percobaan yang dilakukan oleh Adit menunjukkan bahwa cahaya dapat ....
A. merambat lurus
B. dipantulkan
C. menembus benda bening
D. membentuk bayangan

Soal No.4
Perhatikan tabel berikut!
NoNama Benda
1Batu
2Air
3Plastik transparan
4Kertas karton
5Gelas bening
Benda-benda di atas yang dapat ditembuh oleh cahaya yaitu . . . .
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5

Soal No.5
Benda-benda yang tidak dapat ditembus oleh cahaya disebut ....
A. benda bening
B. benda transparan
C. benda lebar
D. benda gelap

Soal No.6
Dona bersama Tika pergi ke kolam renang. Di sana mereka melihat air kolam yang dangkal, namun setelah masuk ke kolam ternyata airnya cukup dalam. Peristiwa yang dialami oleh Dona dan Tika terjadi akibat adanya....
A. pemantulan cahaya
B. pembiasan cahaya
C. penguraian cahaya
D. cahaya yang merambat lurus

Soal No.7
Perhatikan gambar di bawah!
Kegiatan yang dilakukan Dion menunjukkan sifat cahaya yang ....
A. dapat dipantulkan
B. dapat dibiaskan
C. dapat diuraikan
D. menembus benda bening

Soal No.8
Perhatikan gambar di bawah!
Peristiwa di atas membuktikan bahwa cahaya dapat . . . .
A. dipantukan
B. dibiaskan
C. diuraikan
D. merambat lurus

Soal No.9
Dwita menyalakan lampu senter lalu mengarahkannya ke benda buram. Peristiwa berikut yang akan terjadi setelahnya yaitu ....
A. semua cahaya bisa menembus benda
B. hanya sebagian cahaya yang bisa ditembus
C. sama sekali tidak bisa ditembus cahaya
D. cahaya dipantulkan ke arah yang berlawanan

Soal No.10
Cahaya matahari merupakan salah satu contoh cahaya yang berwarna ....
A. hitam
B. merah
C. biru
D. putih


Demikian kegiatan pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak  peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru.
 

Biasakan  ......

sholat lima waktu  tepat pada waktunya
 
murojaah / tadarrus ba'da maghrib dan shubuh

 Patuhi nasehat Ayah Bunda/Mama Papa
 

Happy weekend ............



Kesimpulan 
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar.
Peserta didik aktif dalam pembelajaran, sebagian besar sudah dapat memahami materi tentang sifat cahaya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Kamis, 16 Mei 2024

Jumat, 17 Mei 2024