Selasa, 25 Juli 2023

 





Kelas/smt                      : 4/I

Muatan Pembelajaran :   

1. Pancasila     : Pancasila sebagai nilai kehidupan

2. IPAS            : Tumbuhan, sumber kehidupan di bumi

3. B.Indonesia : Sudah besar

Tujuan Pembelajaran:

- Peserta didik memiliki akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketaqawaan kepada Allah SWT

- Mengeidentifikasi bagian tumbuhan dan mendeskripsikan fungsinya

- Membedakan kalimat transitif dan intransitif 

- Membuat kalimat transitif dan kalimat intransitif


Pendidikan Pancasila

Nilai ketuhanan pada sila pertama Pancasila Bunyi dari sila pertama ialah Ketuhanan Yang Maha Esa. Sila pertama dilambangkan dengan bintang emas dengan latar belakang warna hitam. Bintang emas menggambarkan bahwa bangsa Indonesia mengakui keberadaan Tuhan Yang Maha Esa. 

Selain itu, Indonesia menjamin kemerdekaan setiap warga negara dalam menjalankan ibadah menurut agama dan kepercayaan yang dipilih. 1. Percaya akan adanya Tuhan Yang Maha Esa serta menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya sesuai dengan kepercayaan masing-masing. 2. Saling menghormati pemeluk agama lain. 3. Memiliki toleransi antar umat beragama. 4. Tidak memaksakan kehendak antarumat beragama. 5. Tidak mencemooh atau mengejek kepercayaan orang lain. 


IPAS

Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya




Manfaat yang paling mendasar adalah sebagai penyuplai oksigen untuk kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi. Setiap bagian-bagian tumbuhan memiliki fungsi dan manfaat bagi kehidupan. Misalnya, untuk sumber bahan makanan, bahan baku industri, kesehatan, dan sebagainya. 
Bagian-bagian tumbuhan yaitu:  Akar, Daun, Batang, Bunga , Buah


Berikut penjelasannya masing-masing, yaitu:  
Akar 
Akar adalah bagian tumbuhan yang umumnya terdapat pada bagian bawah tumbuhan. Bagian ini biasanya terkubur di dalam tanah atau media tanam lainnya. Akar tumbuhan dibedakan menjadi akar tunggang dan akar serabut. 
Fungsi akar pada tanaman, sebagai berikut: 
Menyerap air dan mineral dari tanah dan meneruskannya ke batang 
Sebagai penopang agar tanaman dapat berdiri kokoh 
Menyimpan cadangan makanan, seperti pada tumbuhan kentang dan wortel Pada akar jenis tertentu, Berfungsi sebagai media pernapasan (respirasi), seperti pada tumbuhan bakau

Daun 
Daun adalah bagian tumbuhan yang memiliki peranan penting. Pada daun berwarna hijau, terdapat kandungan zat klorofil yang merupakan salah satu bahan yang dibutuhkan pada proses fotosintesis. Beberapa fungsi daun bagi tumbuhan, yakni: 
Tempat terjadinya proses fotosintesis 
Sebagai alat pernapasan tumbuhan 
Tempat terjadinya penguapan 
Sebagai alat perkembangbiakan vegetatif 

Batang 
Batang pada tanaman adalah tempat tumbuhnya ranting. 
Batang memiliki fungsi sebagai Sebagai alat transportasi yang mengangkut air dan mineral dari akar menuju daun Menyalurkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh Sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan. Penyokong bagi daun, bunga, dan buah untuk tumbuh Beberapa jenis batang tanaman memiliki kambium. Kambium dalam batang juga berperan dalam proses pertumbuhan tanaman.  Bunga Tidak semua jenis tumbuhan memiliki bunga. Bunga merupakan tempat terjadinya perkembangbiakan secara generatif pada tumbuhan. Bunga memiliki bentuk yang sangat variatif dan berwarna-warni, memberikan daya tarik untuk menarik perhatian kupu-kupu dan serangga untuk hinggap dan membantu proses penyerbukan. Fungsi bunga antara lain: Tempat terjadinya penyerbukan Sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan Sebagai tempat bertemunya sel kelamin jantan dan betina Sebagai penghasil biji Perhiasan yang membuat tumbuhan menjadi indah Baca juga: Apakah Tumbuhan juga Bergerak? Buah Buah merupakan cadangan makanan yang dihasilkan oleh sebuah tanaman yang dapat dinikmati oleh makhluk hidup lain. Fungsi buah, yaitu: Untuk melindungi biji Membantu dlaam penyebaran biji-bijian Sebagai penyedia cadangan makanan ketika melakukan perkecambahan Sumber makanan yang dapat dikonsumsi oleh manusia 

Bahasa Indonesia

Mengenal Kalimat Transitif & Intransitif 


Kalimat Transitif adalah kalimat yang memerlukan sebuah objek, selain itu juga terdapat subjek, predikat, dan keterangan,
Sedangkan kalimat Intransitif adalah kalimat yang tidak memerlukan objek, karena walaupun tanpa objek, kalimat tersebut sudah dalam arti yang jelas.

Kalimat Transitif:

1. Ayah menghadiri rapat di kantor. (Objeknya adalah "rapat").

2. Lula menggunakan sumpit untuk makan mie. (Objeknya adalah "sumpit").

3. Aku memakai baju biru. (Objeknya adalah "baju").


kalimat Intransitif
1. Aku tidur 

2. Aku mengelak.

3. Ibu menanti.

4. Ayah sudah terkenal.

5. Hatiku tersentuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024