Jumat, 28 Juli 2023

 

Kelas/smt                      : 4/I

Muatan Pembelajaran :   

1. IPAS

2. PAK


Tujuan Pembelajaran:

 Peserta didik dapat menyebutkan pengertian PAK

- Peserta didik dapat mendeskripsikan hubungan antara struktur anggota gerak  dengan fumgsinya


Pendidikan Anti Korupsi

Pendidikan antikorupsi merupakan tindakan untuk mengendalikan dan mengurangi korupsi berupa keseluruhan upaya untuk mendorong generasi mendatang untuk mengembangkan sikap menolak secara tegas terhadap setiap bentuk korupsi.

Pendidikan anti korupsi adalah program pendidikan tentang korupsi yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kepedulian warganegara terhadap bahaya dan akibat dari tindakan korupsi.

Pendidikan anti korupsi diberikan agar terciptanya generasi muda yang dengan sadar dan memahami bahaya korupsi, bentuk-bentuk korupsi, dan juga mengetahui sanksi-sanksi yang akan diterima jika seseorang melakukan korupsi.


IPAS

Pengertian rangka

Rangka adalah tulang-tulang manusia yang bersambungan dan tersusun secara teratur.

Susunan tulang-tulang yang saling berhubungan ini membentuk suatu sistem fungsi, sehingga tubuh dapat berdiri, membungkuk, duduk, dan lain sebagainya.

Bagian-bagian rangka

Rangka manusia terbagi atas tiga bagian:

  • Rangka kepala (tengkorak)
  • Rangka badan (tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, tulang gelang bahu, dan tulang gelang panggul)
  • Rangka anggota gerak
    • Tulang anggota gerak atas: tangan
    • Tulang anggota gerak bawah: tungkai (kaki)

Apakah kamu pernah melihat pemandangan yang bagus ? Apakah kamu pernah merasakan makanan yang lezat ? Jika kamu pernah melihat pemandangan dan merasakan makanan, hal ini dikarenakan kita memiliki indera yang membantu kita dengan fungsi masing-masing indera. Terdapat lima Indera yang dimiliki manusia yaitu indera penglihatan, indera pendengaran, indera pembau, indera pengecap dan indera peraba.

Fungsi rangka

Beberapa fungsi penting rangka, antara lain:

1. Menegakkan dan memberi bentuk tubuh

Apa yang akan terjadi jika tubuh kita tidak memiliki rangka? Tubuh tentu hanya berupa tumpukan daging (otot) dan tidak ada yang menopangnya. Akibatnya, Anda tentu tidak akan bisa berdiri, apalagi berlari.

2. Memberikan Pergerakan
Fungsi rangka yang pertama adalah menopang berat badan agar dapat membantu tubuh untuk berdiri dan bergerak. Hal ini berkat kerjasama dari sendi, jaringan ikat, dan otot sehingga pergerakan dapat terjadi.

3. Menghasilkan Sel Darah
Tulang mengandung sumsum tulang yang berfungsi untuk memproduksi darah merah dan putih. Sel darah ini sangat penting untuk menjaga tubuh dapat berfungsi dengan normal.

4. Melindungi dan Mendukung Organ
Tengkorak berguna untuk melindungi otak, tulang rusuk untuk melindungi jantung dan paru-paru, serta tulang punggung untuk melindungi tulang belakang. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga  tulang sebagai rangka tubuh untuk tetap sehat.

5. Menyimpan Mineral
Tulang menahan pasokan mineral tubuh, seperti kalsium dan vitamin D. Maka dari itu, sangat penting untuk mengonsumsi lebih banyak kalsium dan vitamin D agar tulang tetap padat dan rangka tubuh tidak mudah terganggu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024