Selasa, 22 Nov 2022 ( T5 ST3 PB 2,4 dan MTK)

 

Tema 5                           : Wirausaha

Subtema 3                     :Ayo belajar berwirausaha!

Pembelajaran               : 2

Muatan Pembelajaran :   

 1. SBdP : Mengidentifikasi  ciri-ciri embalase ( KD 3.1 dan 4.1 )

2. PPkN  : Manfaat Berwirausaha Sejak Kecil (KD.3.3 dan 4.3)

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ?

Semoga semuanya sehat dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa taa'la

Agar lebih semangat mari kita lakukan Ice Breaking sejenak.

Anak sholeh dan sholehah, masih ingatkah materi yang telah kita pelajari kemarin?

Iya benar ! kemarin kita telah belajar tentang  peran Indonesia di bidang ketenagakerjaan di ASEAN, medan magnet, dan menidentifikasi jenis teks formulir 

Baiklah, hari ini kita akan belajar tema 5 subtema 3 pembelajaran 2. 

Anak sholih sholihah setelah belajar kalian diharapkan mampu mengidentifikasi ciri-ciri embalase dan menjelaskan manfaat berwirausaha sejak kecil

Anak sholih sholihah...

 

Ayo Membaca
Baca dalam hati teks berikut:

Gelang Benang, Kreatif Mengisi Waktu Luang
Man, seorang anak laki-laki Suku Sasak dari Desa Sade, Lombok. Usianya hampir 12 tahun. Ia baru saja menyelesaikan ujian akhir tingkat SD di sekolahnya. Usai sekolah, Man dan beberapa teman seusianya secara kreatif mengisi waktu luang dengan berjualan aneka warna gelang benang buatan sendiri. Sejak dini, anak-anak Suku Sasak terbiasa menyaksikan kaum ibu memintal benang dan menenun kain. Sisa benang aneka warna mereka jalin dengan beragam kreasi untuk dijadikan gelang.
Gelang Benang
Desa Sade terletak di Lombok Tengah, tidak jauh dari Pantai Kuta. Melihat ramainya wisatawan pengunjung pantai, Man dan teman-teman melihat peluang usaha untuk mengisi waktu luang mereka. Menjelang sore hari, mereka menawarkan berbagai aneka gelang benang buatan mereka ke wisatawan pengunjung pantai. Dengan kreatif mereka membuat berbagai ragam jalinan untuk ditawarkan. Kadangkala, mereka sisipkan manikmanik kayu untuk mempercantik gelang. Menyadari bahwa harga gelang yang dijual tidak dapat terlalu tinggi, mereka mengganti benang hasil pintalan kapas dengan benang jahit yang mereka beli di pasar. Seuntai gelang mereka jual dengan harga Rp5.000,00 hingga Rp15.000,00. “Dalam sehari, biasanya aku bisa menjual lima sampai enam gelang. Rata-rata dalam sehari kami bisa membawa pulang uang Rp30.000,00,” ujar Man. Ketika ditanyakan untuk apa uang hasil jualan tersebut, “Untuk menambah uang jajan, dan membeli perlengkapan sekolah,” jawabnya sambil tersenyum lebar.

Walau tidak pernah diminta oleh kedua orang tuanya untuk membantu keuangan keluarga, Man selalu memberikan uang hasil jualannya kepada ibunya. Ketika sewaktu-waktu ingin membeli barang keperluan sekolah, ibunya akan memperbolehkan Man menggunakan uang tersebut.

Man tidak kehilangan waktu bermainnya karena berjualan. Ia berjualan sambil bermain air dan bercengkerama di pinggir pantai dengan temantemannya. Menjelang matahari terbenam, Man dan teman-temannya pulang untuk mengerjakan tugas sekolah dan beristirahat. Ketika tugas sekolah sudah selesai, Man membuat beberapa gelang untuk mengisi kembali persediaan untuk berjualan esok hari.

Man bangga ketika gelang hasil buatannya dipuji oleh wisatawan. Sederhana, namun unik dan kreatif, begitu komentar para wisatawan terhadap gelang benang buatan Man dan teman-temannya. Kreativitas Man dalam memanfaatkan waktu luang memberinya pembelajaran hidup yang tak ternilai.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan bacaan.
1. Apa jenis usaha yang dilakukan Man dan teman-temannya untuk mengisi waktu luang mereka?
Jenis usaha yang dilakukan Man dan teman-temannya adalah berjualan aneka warna gelang benang.

2. Mengapa diperlukan kreativitas dan ketekunan dalam menjalankan usaha tersebut? Jelaskan secara singkat!
Kreativitas dan ketekunan diperlukan dalam usaha tersebut karena tidak mudah memanfaatkan barang sisa jika tidak memiliki kreativitas. Ketekunan juga diperlukan agar usaha tersebut bisa terus berjalan dan berkembang.

3. Apa manfaat usaha anak-anak tersebut bagi kehidupan mereka?
Manfaat usaha tersebut bagi kehidupan anak-anak tersebut adalah untuk enambah uang jajan, bisa membeli perlengkapan sekolah sendiri, dan meringankan ekonomi keluarga.

4. Faktor-faktor apa yang mereka pertimbangkan saat melakukan usaha tersebut?
Faktor yang merekan pertimbangkan saat melakkukan usaha tersebut adalah harga dan bahan.

5. Sikap apa yang bisa kamu pelajari dari usaha anak-anak tersebut?
Sikap dari usaha anak-anak yang dapat dipelajari adalah sikap kreatif, tekun, dan pandai memanfaatkan peluang.

6. Bagaimana kamu menghargai hal yang dilakukan oleh setiap orang dalam cerita tersebut?
Cara menghargai hal yang dilakukan oleh anak dalam cerita tersebut adalah walaupun masih anak-anak, mereka sudah bisa mencari uang dengan kreativitas dan ketekunan yang mereka miliki. Mereka juga bisa mengatur waktu antara usaha dan aktivitas lainnya. Hal ini dapat menjadi contoh bagi siapapun.

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar-gambar kemasan berikut.
Kemasan Makanan
Apakah kamu pernah menemukan kemasan berbentuk tabung dan kerucut dalam kehidupan sehari-hari? Berikan contoh.
Pernah. Contoh yang berbentuk tabung yaitu kaleng susu, kaleng sarden, wadah shuttlecock (kok), dan panci. Contoh yang berbentuk kerucut yaitu kemasan es krim dan kemasan kacang rebus.

Ayo, kita cari tahu informasi penting tentang tabung dan kerucut terlebih dahulu sebelum kita membuat kemasan.

1. Tabung
Tabung atau silinder sering kita temui dalam kehidupan kita, misalnya kemasan makanan, drum, kaleng susu, toples, dan lain-lain.

Apakah kamu tahu sifat-sifat tabung?
  1. Tabung memiliki alas (bagian bawah) dan atap (bagian atas) berbentuk lingkaran.
  2. Tabung memiliki 3 sisi, yaitu alas, atap, selimut.
  3. Tabung tidak memiliki titik sudut.
  4. Tabung memiliki 2 buah rusuk, yaitu yang melingkari alas dan atap yang berbentuk lingkaran.

Bagaimana cara menghitung volume tabung?
Langkah 1
Tentukan jari-jari dasar lingkaran
  • Kamu bisa menggunakan lingkaran mana saja karena ukurannya sama.
  • Gunakan penggaris untuk mengukur diameter lingkaran.
  • Bagilah panjang diameter tersebut dengan 2 untuk mendapatkan ukuran jari-jari.
  • Jika ukuran diameter lingkaran adalah 6 cm, maka jari-jarinya adalah 3 cm.

Ayo Berkreasi 
Kamu telah mengetahui sifat-sifat tabung dan kerucut. Kamu akan membuat kemasan produk berbentuk tabung dan kerucut. Setelah itu, kamu akan menghias kemasan tersebut sebagai embalase. Apa yang kamu ketahui tentang embalase? 
Embalase
Ayo, kita pelajari. 
Embalase adalah reklame pada kemasan produk yang berisi pesan-pesan grafis yang menarik untuk konsumen. 
 
MATEMATIKA
BANGUN RUANG GABUNGAN 

 Volume bangun ruang gabungan merupakan jumlah dari volume pada bangun-bangun pembentuknya.
 Dua bangun ruang dapat digabungkan sehingga mempunyai volume gabungan yang dapat dihitung dari penjumlahan kedua bangun. Jika suatu volume gabungan berasal dari tiga bangun ruang maka volume gabungan dihitung dari penjumlahan ketiga bangun ruang.
 

Rumus volume dari beberapa bangun ruang yang cukup sering dijumpai terdapat seperti tabel berikut.

Rumus Volume Bangun Ruang Contoh soal 
 Volume Gabungan Balok dan Kubus

Dikethaui:

  • sisi kubus = lebar balok: s = ℓ = 10 cm
  • panjang balok: p = 20 cm
  • tinggi balok: t = 12 cm

Menghitung volume kubus:
Vkubus = s3
= 103
= 10 × 10 × 10 = 1.000 cm3

Menghitung volume balok:
Vbalok = p × ℓ × t
= 20 × 10 × 12 = 2.400 cm3

Jadi besar volume gabungan kubus dan balok tesebut adalah
= Vkubus + Vbalok
= 1.000 + 2.400 = 3.400 cm3

Perhatikan gambar berikut!

Pembahasan:

Bangun pada soal terdiri dari gabungan bangun limas dan balok.

Diketahui:

  • Panjang balok: p = 15 cm
  • Lebar balok: ℓ = 10 cm
  • Tinggi balok: t = 8 cm
  • Tinggi limas: 16 – 8 = 8 cm
  • Alas limas berbentuk persegi panjang:
    *panjang persegi panjang (pp): 15
    *lebar persegi panjang (ℓp): 10 cm

Menghitung volume balok:
Vbalok = p × ℓ × t
Vbalok = 15 × 10 × 8 = 1.200 cm3

Menghitung volume limas:
Vlimas = ⅓ × Lalas × tlimas
Vlimas = ⅓ × (15 × 10) × 8
= ⅓ × 150 × 8
= 50 × 8 = 400 cm3

Jadi, volume bangun tersebut adalah 1.200 + 400 = 1.600 cm3.

Perhatikan gambar di bawah!

Volume Gabungan Tabung dan Bola

Diketahui panjang jari – jari alas 7 cm dan tinggi tabung 10 cm. Volume benda tersebut adalah …. ( π = 22/7)
A.     2.258,67 cm3
B.     2.618,33 cm3
C.     2.926,67 cm3
D.     2.977,33 cm3

Pembahasan:

Bangun yang diberikan pada soal merupakan gabungan dua bangun yang terdiri dari tabung dan setengah bola.

Mencari volume tabung:
Vtabung = πr2t
Vtabung = 22/7 × 72 ×10 = 1.540 cm3

Mencari volume setengah bola:
V½bola = ½ × Vbola
V½bola = ½ × 4/3 × π × r3
=  ½ × 4/3 × 22/7 × 73
= ½ × 4.312/3 = 4.312/6 = 718,67 cm3

Jadi, volume gabungan tabung dan setengah bola = 1.540 + 718,67 = 2.258,67 cm3.

 Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah kalian sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti.  Jika ada yang belum paham bu guru  berikan kesempatan untuk bertanya.Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah ......

 

Biasakan sholat 5 waktu on time,  tadarrus alquran ba'da maghrib dan ba'da shubuh  dan berbakti pada orang tua. 

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024