Ringkasan

Hari/Tanggal : Selasa, 25 Februari 2020


GALILEO GALILEI KELAS 6 TEMA 9
SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1
Galileo galilei merupakan salah satu penemu yang berperan besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang memengaruhi peradaban manusia.
Bersama dengan teman sebangkumu diskusikanlah penemuan apa saja yang telah dihasilkannya dan dampaknya terhadap kehidupan manusia hingga kini. Gunakan tabel untuk mencatatnya.
Jawaban :

Buatlah beberapa pertanyaan tentang bacaan di atas atau tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih dalam. Tuliskanlah pertanyaanmu di dalam kotak yang tersedia berikut ini.
pertanyaanku :
  • Siapa nama ilmuwan terkenal asal italia yang menerbitkan buklet kecil yang berjudul The Starry Mesenger.
  • Apa saja penemuan Galileo Galilei?
  • Bagaimana pendapat Galileo Galilei terhadap teori Copernicus?
  • Kapan Galileo Galilei menerbitkan buklet kecil yang berjudul The Satrry Messenger.
  • Di mana Galileo Galilei dilahirkan?
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.
1. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara komet dan planet
2. Beberapa pengelompokan dalam sistem tata surya sudah pernah dilakukan selain pengelompokan planet berdasarkan garis edar. Bumi. Pengelompokan sistem tata surya apa sajakah yang telah kamu ketahui? Bagaimana kamu membedakannya?

Ayo Berlatih
Bersama dengan teman sekelompokmu, lihatlah kembali model sistem tata surya yang telah kamu rancang sebelumnya. Berdasarkan pemahamanmu tentang pengelompokan di atas, gunakan bahan atau alat yang dapat membantumu untuk menunjukkan jenis planet berdasarkan garis edar Bumi yang telah kamu pelajari kali ini.

Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat berdasarkan kegiatan di atas?
Kesimpulanku:

Ayo Menulis
Sebuah cerita memiliki beberapa unsur seperti tokoh, watak, alur cerita, dan latar belakang cerita tertentu. Salah satu unsur tersebut mungkin saja mengingatkanmu kepada pengalaman pribadimu atau mengingatkanmu pada sebuah film yang pernah kamu tonton.
Setelah membaca cerita di atas, lakukanlah kegiatan berikut.

Gambarkan dan jelaskan tentang peristiwa yang terjadi dalam cerita di atas dengan menggunakan diagram di bawah ini.
Gambarkan dan jelaskan peristiw serupa yang terjadi dengamu atau orang-orang yang kamu kenal dengan menggunakan diagram berikut ini

Gunakan diagram berikut untuk menjelaskan perasaanmu terhadap pengalamanmu dan cerita di atas. Juga jelaskan pesan apa yang kamu dapatkan dari cerita tersebut.
Perasaanku :

Senang sekali dengan cerita tersebut, karena cerita tersebut mampu memberi inspirasi untuk melakukan tindakan/perbuatan positif yang bermanfaat bagi sesama

Cerita tersebut mengingatkanku :
Untuk selalu berbuat kebaikan kapanpun dan di manapun tanpa mengenal waktu, serta tanpa memandang siapa yang kita tolong. Kita harus selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

PENEMU TELESKOP PERTAMA
PEMBELAJARAN 2 SUBTEMA 3 KELAS 6 TEMA 9

Setelah membaca artikel di atas, diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu dampak yang ditimbulkan oleh penemuan Herschel 

Ayo Berlatih
William Hreschel menjelajah angkasa luar dengan teleskopnya hingga menemukan planet Uranus. Tahukah kamu bahwa para ahli astronomi membagi planet-planet dalam tata surya menjadi dua kelompok menurut orbit asteroid. Kumpulan asteroid yang membentuk sabuk asteroid ini berada di antara planet Mars dan Jupiter. Kumpulan asteroid ini juga berputar mengelilingi Matahari dalam orbitnya.

Para ahli membagi planet-planet dalam tata surya berdasarkan orbit asteroid ini menjadi dua kelompok, yaitu planet dalam dan planet luar. Planet dalam adalah planet-planet dalam tata surya yang berada di dalam orbit asteroid. Yang termasuk planet dalam adalah planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Sedangkan yang termasuk planet luar adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Tahukah kamu apa yang membedakan planet dalam dan planet luar? Selain keduanya dipisahkan oleh sabuk Asteroid, kamu dapat mengetahui perbedaannya dengan membaca dan melengkapi informasi pada tabel berikut ini


Pernahkah kamu menulis sebuah surat untuk teman atau saudaramu? atau, pernahkah kamu menceritakan pengalamanmu pada saat berkunjung ke tempat-tempat yang menarik? Cerita fiksi di atas mungkin dapat membantumu mengingatkan pengalaman yang serupa. Lakukanlah kegiatan berikut ini untuk menceritakan pengalamanmu yang hampir sama dengan cerita fiksi di atas.
A. Gambarkan dan jelaskan tentang peristiwa yang terjadi dalam cerita di atas dengan menggunakan diagram di bawah ini

B. Gambarkan dan jelaskan peristiwa serupa yang terjadi denganmu atau orang-orang yang kamu kenal dengan menggunakan diagram berikut ini

C. Buatlah sebuah surat kepada teman atau kerabatmu tentang pengalamanmu berkunjung ke tempat yang menarik, atau pengalaman lain yang menarik. Tuliskan suratmu di bawah ini.
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan di atas lakukanlah diskusi dengan teman sekelompokmu untuk mencari informasi tentang beberapa hal berikut:
1. Lengkapilah tabel berikut ini dengan mencari tahu alat dan bahan yang digunakan pada patung dan tema yang disajikannya.


2. Patung manakah yang paling kamu sukai? (jawaban relatif berbeda-beda tiap siswa)
Patung manakah yang ingin kamu buat dengan menggunakan alat dan bahan yang kamu miliki? Jelaskan alasanmu! (jawaban relatif berbeda-beda tiap siswa)
Patung seperti apa yang ining kamu buat? (jawaban relatif berbeda-beda tiap siswa)
Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat dari kegiatan di atas?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024