Ringkasan

Hari/Tanggal : Kamis, 20 Februari 2020

FAKTA TENTANG BINTANG
PEMBELAJARAN 1 SUBTEMA 2 KELAS 6 TEMA 9


Bersama dengan teman sebangkumu lakukanlah kegiatan berikut
1. Tuliskan sebanyak mungkin apa yang kamu ketahui tentang gambar tersebut!
Jawaban :
Banyak terdapat bintang di angkasa
Pada malam hari, bintang-bintang tersebut terlihat dari bumi
Kekuatan cahaya bintang tersebut berbeda-beda

2. Tuliskan hal-hal yang kamu ketahui tentang gambar tersebut di dalam bentuk pertanyaan!
Jawaban :
Apa yang dimaksud dengan bintang?
Mengapa bintang terlihat lebih jelas dari bumi pada malam hari?
Mengapa kekuatan cahaya bintang tersebut berbeda-beda?

Ayo Mencoba
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut ini dengan menggunakan kata-katamu sendiri.
1. Apakah yang disebut dengan bintang?
Jawaban :
Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri

2. Mengapa bintang memiliki warna yang berbeda-beda?
Jawaban :
Perbedaan warna bintang salah satunya disebabkan oleh perbedaan suhu permukaan bintang tersebut.

3. Mengapa Matahari disebut sebagai bintang?
Jawaban :
Karena Matahari menghasilkan/memancarkan cahayanya sendiri

4. Apakah yang kamu ketahui tentang Matahari?
Jawaban :
Matahari adalah salah satu contoh bintang. Matahari merupakan bintang yang letaknya paling dekat dengan Bumi. Matahari memiliki volume sangat besar yaitu sekitar satu juta kali volume Bumi. Gaya gravitasi Matahari lebih kurang 28 kali lebih besar dari gravitasi Bumi. Matahari menjadi pusat tata surya yang dikelilingi oleh delapan planet.

Ayo Mengamati
Perhatikanlah keterangan tentang jarak Matahari dengan delapan planet dalam tata surya kita. Susunlah data tentang jarak Matahari ke planet-planet secara berurutan dan catat di tabel berikut. Kemudian cobalah untuk melengkapi tabel tersebut untuk mengetahui perbandingan jarak antara planet satu dengan yang lainnya dari Matahari. Perhatikan contoh yang disediakan.
Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan di atas?
Bahwa jarak planet terdekat dari Matahari adalah Merkurius dan jarak planet terjauh dari Matahari adalah Neptunus.
Perbandingan jarak antar planet jika dilihat dari jarak Matahari ke Merkurius adalah semakin besar terhadap planet-planet yang semakin jauh dari Matahari

Ayo Mencoba
Sistem tata surya kita selalu menarik untuk diteliti karena banyak misteri dan pertanyaan yang belum terjawab tentangnya. Salah satu cara ilmuwan untuk mengetahui bagaimana sistem tata surya bekerja adalah dengan membuat model. Model merupakan barang tiruan dari sesuatu dengan ukuran yang lebih kecil tetapi dengan bentuk atau rupa yang diusahakan mirip dengan yang ditiru.

Sistem tata surya kita telah dibuat berbagai model yang diharapkan dapat memberikan gambaran tentang tata surya yang sebenarnya. Untuk membuat model, diperlukan perencanaan yang matang tentang bentuk, ukuran, warna, dan bahan yang akan digunakan. Tahukah kamu bahan apa sasja yang dapat digunakan untuk membuat model tata surya kita? Amati kembali beberapa contoh model tata surya sederhana yang dijelaskan pada pembelajaran sebelumnya. Pilihlah paling tidak dua model, yaitu model dua dimensi dan tiga dimensi yang ingin kamu buat, lalu gambarkan pada tabel berikut ini. Tentukan alat dan bahan apa saja yang menurutmu diperlukan untuk membuat model tersebut.

Model Tata Surya yang Dipilih
2 Dimensi


Alat dan bahan yang diperlukan :
- Kertas Karton
- Kertas warna-warni/kertas origami
- Gunting
- Spidol Warna
- Krayon
- Penggaris
- Lem

3 Dimensi

Alat dan bahan :
- Bola berbagai ukuran
- Cat/pewarna
- Gelas plastik
- Lem/perekat
- Kertas Warna-warni/kertas origami
- Gunting

Ayo Menulis
A. Bacalah kembali cerita di atas dengan saksama. Lalu lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan di atas.
B. Bacalah kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar. Gunakanlah imajinasimu untuk membuat gambar yang menjelaskan cerita di atas. Gunakanlah kotak di bawah ini untuk menggambarkannya. Lalu, berikanlah keterangan yang menarik di samping gambarmu.

FAKTA TENTANG BINTANG JATUH
PEMBELAJARAN 2 SUBTEMA 2 TEMA 9 KELAS 6

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan di atas atau dengan menggunakan informasi lainnya. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang beberapa hal berikut :
  • Apa itu Meteoroid?
  • Apa itu Asteroid?
  • Apa itu Meteor?
  • Apa itu Meteorid?
  • Bagaimana terjadinya Meteoroid?
Sebagian besar meteoroid terbentuk karena adanya tabrakan (tumbukan) antar benda langit (bisa planet, komet atau asteroid) satu dengan yang lain, sehingga membuat sisa atau pecahan dari benda yang bertumbukan tersebut. Kemudian pecahan tersebut keluar dari lintasan asalnya.

Bagaimana terjadinya Asteroid?
Asteroid terbentuk dari debu dan es yang membeku menjadi batu karena suhunya yang sangat dingin. Asteroid merupakan sisa-sisa dari pembentukan tata surya sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu. Awalnya ketika Yupiter terbentuk, aktivitas dan gravitasi Yupiter dengan Mars membuat komponen yang lebih kecil di antara mereka saling bertabrakan. Tabrakan ini menciptakan objek kecil yang disebut dengan asteroid

Bagaimana terjadinya Meteorid?
Benda angkasa berupa pecahan batuan angkasa yang jatuh dan masuk ke atmosfer Bumi akibat gravitasi Bumi. Saat masuk ke atmosfer Bumi, terjadi gesekan dengan udara, sehingga benda tersebut menjadi terbakar di atmosfer dan sampai ke permukaan Bumi.

Merancang Model Tata Surya

Ayo Menulis
Alur cerita atau jalan cerita sebuah tulisan fiksi membantu pembaca untuk mengetahui rangkaian peristiwa di dalamnya. Alur cerita biasanya menjelaskan masalah atau konflik dan penyelesaiannya.

Perhatikan kembali cerita fiksi di atas, lalu lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri

Bacalah kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar. Gunakanlah imajinasimu untuk membuat gambar yang menjelaskan cerita di atas. Gunakanlah kotak di bawah ini untuk menggambarkannya. Lalu, berikanlah keterangan yang menarik di bawah gambarmu

1. Tukarkan gambarmu dengan temanmu yang lain dan mintalah pendapat mereka. Apakah ada persamaan dan perbedaan antara gambar dan keterangan yang kamu buat dengan milik temanmu? Diskusikan mengapa terjadi persamaan dan perbedaan.
Jawaban :

2. Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu diberikan kesempatan untuk mengubah jalan ceritanya, bagian manakah yang ingin kamu ubah? Akan seperti apakah cerita di atas jika kamu ubah? Cobalah untuk menuliskannya di tempat yang disediakan berikut ini.
Jawaban :

Ayo Berlatih
Bagaimana dengan daerahmu? Apakah daerahmu memiliki tari khas daerah? Adakah usaha-usaha untuk mengembangkannya menjadi tari kreasi daerah? Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut ini.
  • Carilah informasi tentang salah satu tari kreasi daerah yang berasal dari daerahmu.
  • Cari tahu tari khas yang dijadikan acuan untuk membuat tari kreasi tersebut.
  • Kumpulkan informasi tentang tarik khas dan tari kreasi tersebut, lalu catatlah dengan menggunakan tabel berikut

TARI KHAS DAERAH

TARI KREASI DAERAH

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024