Ringkasan senin, 24 februari 2020

 
BULAN YANG SETIA KEPADA BUMI 
KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5

Apakah kesimpulanmu dari kegiatan di atas?
Kesimpulanku: .............................................

Ayo Berdiskusi
Ingatkah kamu dengan sketsa sistem tata surya yang telah kamu buat sebelumnya?
Untuk membuat model tata surya, kamu perlu memuat perbandingan ukuran planet-planet yang ada di dalamnya. Bersama dengan kelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.

1. Carilah informasi tentang diameter planet-planet di dalam tata surya dan catatlah di dalam tabel. Lalu, buatlah perbandingan dengan membandingkannya dengan planet yang memiliki diameter paling kecil (perhatikan contoh)

Ayo Menulis
Bacalah kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar.

Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian, yaitu bagian awal, tengah, dan akhir. Lalu, dengan menggunakan kertas ukuran A4 yang dibagi empat, buatlah tiga gambar seri yang menggambarkan cerita di atas. Untuk bagian pertama, kamu boleh menuliskan judul dan pengarangnya beserta gambar yang menjelaskan judul tersebut. Pada bagian kedua hingga keempat, gambarlah isi cerita pada bagian awal, tengah, dan akhir cerita. Tuliskan paling sedikit satu kalimat untuk menjelaskan gambarmu. Gunakan contoh di bawah ini untuk membantumu

2. Tuliskanlah pesan yang kamu dapatkan dari cerita tersebut ke dalam satu kalimat pendek
Jawaban :

3. Lihatlah kembali gamar yang telah kamu buat sebelumnya. Perhatikanlah bagian akhir dari cerita di atas. Dengan menggunakan imajinasimu, ubahlah bagian akhir dari cerita tersebut. Tuliskan hasil imajinasimu dengan menggunakan kata-katamu sendiri di tempat yang disediakan berikut ini.
Jawaban :

Ayo Berlatih
Kini kamu telah mengetahui beberapa tari kreasi daerah yang ada di Indonesia. Tari kreasi daerah dalam bacaan sebelumnya hanyalah sebagian kecil dari tari kreasi daerah yang ada di nusantara. Hampir semua daerah memiliki tari kreasi daerah yang dikembangkan oleh seniman daerah masing-masing.

Bersama dengan teman sekelompok, kamu akan melakukan kegiatan untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang tari kreasi daerah. Ikutilah langkah-langkah sebagai berikut.
Tentukanlah sebuah tari kreasi daerah, baik yang ada di daerahmu atau salah satu tari daerah yang ada pada bacaan di atas
Carilah beberapa informasi untuk mengetahui lebih banyak tentang tari-tari tersebut
Gunakanlah tabel berikut untuk mengorganisasi informasi yang diperlukan. Kamu dapat menuliskan keterangan atau menempelkan gambar yang sesuai dengan keterangan yang diharapkan.
Buatlah kesimpulan terhadap kegiatan di atas dengan menuliskannya di dalam kotak di bawah ini.
Kesimpulan : ................................


KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6
CITA-CITA ANAK BELITONG
Bersama dengan teman sekelompok, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang perubahan fase Bulan yang terjadi. Kamu dapat menggunakan semua sumber informasi untuk memahaminya. Baca, pahami dan olahlah informasi yang kamu dapatkan menjadi sebuah poster yang menarik dan sarat informasi. 
Tempelkan poster tersebut di dinding kelas, lalu lakukanlah pameran berjalan (gallery walk) dan memberikan masukan kepada setiap kelompok di dalam kelas.
Ayo Menulis
Bacalah kembali cerita di atas. Bagilah cerita tersebut menjadi empat bagian cerita, dan masing-masing bagian diwakili dengan sebuah gambar sesuai imajinasimu saat membaca cerita di atas. Buatlah gambarmu dalam bentuk gambar berseri. Pada setiap gambarnya kamu dapat memberikan keterangan tambahan. Gunakan kertas ukuran A4 kemudian bagi menjadi empat. Bagian pertama dapat kamu tuliskan judul dan pengarang cerita tersebut.
Tuliskanlah pesan yang kamu dapatkan dari cerita tersebut ke dalam satu kalimat pendek. Tuliskanlah di bagian pertama gambar berseri yang kamu buat

3. Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu diberikan kesempatan untuk mengubah jalan ceritanya, bagian manakah yang ingin kamu ubah? Akan seperti apakah cerita di atas jika kamu ubah? Cobalah untuk menuliskannya di tempat yang disediakan berikut ini.
Bagian tengah :
Di hari Minggu pagi yang cerah ini Andi pergi jalan-jalan sendirian di tepi pantai, sedang ayahnya berkunjung ke rumah saudara. Andi melihat ada sekumpulan karang di tepi pantai. Andi bergegas menuju ke sana dan berniat melakukan pemotretan dari atas karang. Beberapa anak penduduk setempat berteriak agar Andi mengurungkan niatnya mengambil foto dari atas karang, tapi Andi tidak mengindahkannya. Akhirnya pada satu kesempatan tanpa Andi sadari sebuah ombak besar menerjang kumpulan batu karang tersebut dan menghempaskan Andi ke laut. Segera anak-anak kampung setempat memberikan pertolongan kepada Andi dan juga mengambil Handphone yang jatuh ke laut. Andi menyesal tidak memperhatikan peringatan anak-anak kampung tersebut. Handphone Andi juga tidak hilang karena berhasil diselamatkan oleh anak-anak kampung pantai tersebut, walau sempat terendam air laut. Sebagai ungkapan rasa terima kasih Andi berkenalan dan mengajak anak-anak kampung pantai Belitong untuk mengunjungi rumah tempat dia tinggal sementara di Belitong.

Lakukanlah pementasan tari kreasi daerah secara bergantian. Berilah dukungan kepada kelompok yang sedang menarikan tariannya. Pada akhir pertunjukan berilah masukan yang saling membangun antarkelompok tari yang ada.
Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat setelah melakukan kegiatan di atas? Tulislah kesimpulanmu dalam sebuah paragraf di tempat yang tersedia.

Kesimpulanku:
Bahwa keberhasilan pertunjukan tari ditentukan oleh persiapan-persiapan sebelum acara dilakukan, seperti bentuk dan unsur pendukung karya tari, antara lain gerak tari, tata busana, tata rias, properti tari, dan iringan, serta pendukung lainnya.

Kegiatan :
Kerja bakti kebersihan sekolah
Nama Narasumber : ....... (nama siswa)
1. Bagaimana peristiwa kerja sama berhubungan dengan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolahmu?
2. Bagaimana cara kelompokmu memulai kerja sama dalam kegiatan di atas?
3. Tantangan apa sajakah yang kamu temui saat bekerja sama di sekolah?
4. Apakah yang kamu rasakan ketika kamu bekerja sama dengan teman sekelompokmu?
5. Nilai-nilai Pancasila manakah yang perlu diterapkan dalam bekerja sama sebagai salah satu peristiwa persatuan dan kesatuan di sekolah? Saran dan masukan yang dapat kamu berikan kepada dirimu sendiri dan kepada semua anggota kelompokmu?
6. Buatlah sebuah laporan hasil wawancara dengan menggunakan catatanmu di atas. Jelaskan bagaimana peristiwa tersebut berhubungan dengan persatuan dan kesatuan di sekolah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024