Senin, 4 Agustus 2025
Hari/Tanggal : Senin, 4 Agustus 2025
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Bilangan Cacah sampai 100.000
2. Bahasa Indonesia : Aku yang Unik
3. Seni Budaya : Mengenal Unsur Seni Rupa
Model Pembelajaran : Kooperative, drill
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen Bilangan
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
3. Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.
4. Elemen Menulis
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
1. Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Ayo Berlatih!
8) 92.372 – 26.625 = ….
9) 83.221 – 12.302 = ….
Ayo berlatih
b. Penjelasan tentang langkah-langkah membuat sesuatu
c. Penggambaran suatu objek secara jelas dan terperinci, sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal yang sama, seperti yang ditulis
d. Urutan kejadian dalam sebuah peristiwa
b. Memaparkan objek secara subjektif dan konkret.
c. Memberikan gambaran yang membuat pembaca ikut merasakan apa yang dideskripsikan
d. Berupa dialog antar tokoh cerita
b. Peristiwa gerhana matahari
c. Gunung Bromo
d. Teks berita
b. Pengenalan (identifikasi), deskripsi, dan kesimpulan
c. Pembukaan, isi, dan penutup
d. Latar, tokoh, dan alur
b. Ciri fisik objek
c. Langkah-langkah tindakan
d. Perasaan tokoh utama
- Prinsip ini menekankan pada hubungan yang harmonis antara berbagai elemen dalam karya seni, sehingga menciptakan kesan keseluruhan yang kohesif dan tidak terpecah-pecah.
- Keseimbangan berkaitan dengan distribusi visual dari elemen-elemen dalam karya seni. Keseimbangan dapat bersifat simetris, asimetris, atau radial, dan memberikan kesan stabil atau dinamis pada karya.
- Irama dalam seni rupa mengacu pada pengulangan atau variasi elemen-elemen visual yang menciptakan gerakan atau aliran visual dalam karya.
- Penekanan adalah prinsip yang digunakan untuk menarik perhatian pada bagian tertentu dalam karya seni, menjadikannya titik fokus atau pusat perhatian.
- Proporsi berkaitan dengan hubungan ukuran antara berbagai elemen dalam karya seni. Proporsi yang tepat akan menciptakan kesan harmonis dan realistis, sedangkan proporsi yang tidak tepat dapat menciptakan kesan distorsi atau karikatur.
- Kontras adalah prinsip yang menciptakan perbedaan mencolok antara elemen-elemen visual dalam karya seni, seperti warna terang dan gelap, bentuk besar dan kecil, atau tekstur kasar dan halus.
- Keselarasan adalah prinsip yang menciptakan hubungan yang menyenangkan antara berbagai elemen visual dalam karya seni, sehingga menciptakan kesan keindahan dan keharmonisan secara keseluruhan.
- Variasi adalah prinsip yang menciptakan perbedaan dan keragaman dalam elemen visual, sehingga mencegah kesan monoton dan membosankan dalam karya seni.
- Dominasi adalah prinsip yang menekankan pada satu atau beberapa elemen visual yang lebih menonjol daripada yang lain, sehingga menciptakan hierarki visual dalam karya seni.
- Prinsip ruang berkaitan dengan penggunaan ruang negatif dan positif dalam karya seni, serta bagaimana elemen-elemen ditempatkan dalam ruang tersebut untuk menciptakan kesan kedalaman, perspektif, atau kesan tiga dimensi.
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Komentar
Posting Komentar