Rabu, 17 Januari 2024

 

Hari/Tanggal                        : Rabu, 17 Januari 2024

Muatan  Pembelajaran      :  

1. Matematika                        :  Pengukuran Luas

2. Bahasa Indonesia          : Bertukar atau Membayar  

Capaian Pembelajaran Matematika

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

Si Capaian Bahasa Indonesia

Si    1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

                                                


Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : peserta didik dapat  memahami konsep cara membandingkan lebar,  mampu menunjukkan lebar, dan mencari informasi dalam teks lain (baik cetak maupun digital) menggunakan kata kunci yang relevan dengan topik pada teks yang dibaca,  menemukan informasi yang disampaikan lewat infografik dengan mengidentifikasi perbedaan dalam elemen visual (misalnya foto dan ilustrasi).


Matematika
Pengukuan Luas 




Setelah menyimak video di atas, mari kita nyanyikan lagu satuan panjang

 
Waktunya menguji pemahaman mengenai materi pengukuran / luas 

Pilihan Ganda

Soal No.1
Perhatikan gambar berikut!
Gambar yang menunjukkan permukaan meja ditutupi uang kertas tanpa celah yaitu. . .
A. gambar 1
B. gambar 2
C. gambar 3
D. gambar 2 dan 3

Soal No.2
Perhatikan gambar berikut!
Luas bangun di atas yaitu . . .
A. 10 persegi satuan
B. 11 persegi satuan
C. 12 persegi satuan
D. 13 persegi satuan

Soal No.3
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Luas bangun di atas yaitu . . .
A. 12 persegi satuan
B. 13 persegi satuan
C. 14 persegi satuan
D. 15 persegi satuan

Soal No.4
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Luas bangun di atas yaitu . . .
A. 12 persegi satuan
B. 13 persegi satuan
C. 14 persegi satuan
D. 15 persegi satuan

Soal No.5
1 m2 = . . . cm2

A. 10
B. 100
C. 1.000
D. 10.000

Soal No.6
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Luas bangun di atas yang berwarna kuning yaitu . . .
A. 12 cm2
B. 14 cm2
C. 16 cm2
D. 18 cm2

Soal No.7
Perhatikan gambar berikut!
Luas bangun di atas yang berwarna kuning yaitu . . .
A. 12 cm2
B. 14 cm2
C. 16 cm2
D. 18 cm2

Soal No.8
Perhatikan gambar berikut!
Luas bangun di atas yang berwarna biru yaitu . . .
A. 12 cm2
B. 14 cm2
C. 16 cm2
D. 18 cm2

Soal No.9
Perhatikan gambar berikut!
Luas bangun di atas yang berwarna hijau yaitu . . .
A. 7 cm2
B. 8 cm2
C. 9 cm2
D. 10cm2

Soal No.10
Perhatikan gambar berikut!



Satuan luas meter persegi digunakan pada . . .
A. gambar 1 dan gambar 3
B. gambar 2 dan gambar 3
C. gambar 1 dan gambar 4
D. gambar 2 dan gambar 4


Bahasa Indonesia

Bertukar atau membayar

kerjakan latihan berikut!

1. Ka kancil membawa jagung dari hasil kebunnya. la ingin menukarkan jagung dengan kangkung pada Dek bebek. Kebetulan Dek bebek juga membutuhkan jagung. Yang dilakukan Dek bebek dan Ka kancil adalah....

a. jual beli        b. barter        c. pengertian pasar        d. asal mula adanya uang


2. Arti dari barter adalah.....

a. saling memberi        b. jual beli        c. tukar menukar barang            d. saling meminjam


3. Alat pembayaran yang digunakan dan secara sah disebut...

a. uang

b. koin

c. uang digital

d. emas


4. Pada cerita "Ditukar dengan Apa?" alat pembayaran yang pertama kali digunakan adalah batu. Namun, alat pembayaran tersebut tidak lagi digunakan karena ada beberapa masalah antara lain.....

a. batu mudah di dapat                                

b. batu warnanya tidak menarik

c. batu berat dan ukurannya tidak sama       


5. Tujuan manusia menciptakan uang adalah.....

a. untuk menunjukkan kekayaannya

b. sebagai alat pembayaran yang sah dan dapat diterima oleh masyarakat

c. untuk mempermudah jual beli

d. jawaban b dan c benar


6. Perhatikan teks berikut ini! Seperti biasa, hewan-hewan di Hutan Kelayau saling barter atau bertukar barang di pasar. Mereka menukarkan hasil kebun atau barang yang mereka punya dengan barang yang mereka inginkan. Ka Kancil membawa jagung dari kebunnya. la ingin menukar jagung itu dengan kangkung sebab ia ingin makan kangkung siang ini. Ide pokok dari teks di atas adalah....

a. Hewan-hewan di Hutan Kelayau saling barter atau bertukar barang di pasar.

b. Mereka menukarkan hasil kebun atau barang yang mereka punya

dengan barang yang mereka inginkan. c. Ka Kancil membawa jagung dari kebunnya.

d. la ingin menukar jagung itu dengan kangkung sebab ia ingin makan kangkung siang ini.


7. Cara mengetahui uang palsu atau tidak dengan melakukan....

a. membayarkan uang tersebut kepada penjual

b. cek dengan cara dilihat,diraba,diterawang

c. memberikan uang kepada orang lain

d. pengecekan ke bank


8. Warna uang yang asli adalah....

a. warnanya pudar

b. warnanya cerah

c. warnanya terlihat terang dan jelas

d. warnanya tidak mudah luntur



9. Jika dilihat uang yang asli terdapat watermark. Arti watermark pada uang adalah...

a. tanda air berupa gambar pahlawan dan ornamen pada pecahan tertentu

b. tanda air berupa pemandangan

c. tanda air berupa gambar presiden dan wakil presiden

d. tanda bahwa uang 


10. Ibu membeli bayam sebanyak tiga ikat. Satu ikat seharga Rp1.500,00. Berapa harga tiga ikat bayam....(pilihlah cara penulisan angka rupiah yang benar)

a. Rp 4500,-

b. Rp4500,-

c. Rp4500,00

d. Rp4.500,00



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024